Teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Nasional Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Indah Kristiyaningrum

Main Author: Kristiyaningrum, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/142650/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKristiyaningrumIndah.2015.TeksProsedurKompleksSiswaKelasXSMKNasionalMalangTahunPelajaran2014/2015.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.WidodoHsM.Pd.(II)Dr.GatutSusantoM.MM.Pd.KatakunciteksprosedurkomplekskarakteristikteksprosedurkomplekskualitasteksprosedurkompleksTeksprosedurkompleksadalahteksyangmemberikanpetunjukuntukmelakukanataumenggunakansesuatudenganlangkah-langkahyangurutdanrinci.Teksprosedurkompleksmemilikikarakteristiktertentuyangmembedakannyadengantekslain.Karakteristiktersebutdapatdilihatdaristrukturisiciribahasadantopik.Strukturisiteksprosedurkompleksadatigayaituparagrafpengantaratauabstrakbahanataualatdantahapanatauprosedur.Ciribahasateksprosedurkompleksadatigayaitukataperintahpengurutandankata/frasayangmenjelasakankondisi.Topikteksprosedurkompleksmerupakanintiutamadarikeseluruhanisiteksyanghendakdisampaikankepadapembaca.Ketigakarakteristiktersebutdapatdigunakanuntukmelihatkualitasteksprosedurkomplekssiswa.TeksprosedurkomplekssiswakelasXSMKNasionalMalangmemilikikarakteristikyangberagamantaratekssatudengantekslainnyasehinggakualitasnyajugaberagam.Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmendeskripsikankarakteristikteksprosedurkomplekssiswadanmendeskripsikankualitasteksprosedurkomplekssiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatandandesainkombinasi(kualitatifdankuantitatif)deskriptif.DatapenelitianuntukmenjawabtujuanpertamaberupateksprosedurkomplekssiswakelasXSMKNasionalMalangtahunpelajaran2014/2015dandatapenelitianuntukmenjawabtujuankeduaberupaskoryangdiperolehdaripenilaianmenulisteksprosedurkomplekssiswakelasXMM1SMKNasionalMalang.Penelitimemberitugaskepadasiswauntukmenulisteksprosedurkompleks.PengumpulandatadalampenelitianinidibantugurumatapelajaranBahasaIndonesia.Langkah-langkahuntukmenganalisisdatapadapenelitianiniadaduamodelanalisisdatayaituanalisisdatakualitatifdananalisisdatakuantitatif.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehduahasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamakarakteristikteksprosedurkompleksdilihatdaritopikstrukturisidanciribahasa.Pada26teksprosedurkomplekssiswaditemukantujuhtopikyaitu(1)menguruskartu(2)membukaprogrammicrosoft(3)membuatkerajinantangan(4)membuatmakanan(5)internet(6)mengapresiasikaryasastradan(7)tipssehat.Pada26teksprosedurkomplekssiswaditemukanadanyatigastrukturisiteksprosedurkompleksyaituparagrafpengantaratauabstrakbahanataualatdantahapanatauprosedur.Padaparagrafpengantaratauabstrakterdapatenammodelyaitu(1)paragrafpengantaratauabstrakyangberupaparagrafpengantartujuandanajakan(2)paragrafpengantaratauabstrakyangmemuattujuan(3)paragrafpengantaratauabstrakyangberupaparagrafpengantardanajakan(4)paragrafpengantaratauabstrakyangberupaparagrafpengantardantujuan(5)paragrafpengantaratauabstrakyangmemuattujuandanajakandan(6)paragrafpengantaratauabstrakyangberupaparagrafpengantarsaja.Padabahanataualatterdapattigamodelyaitu(1)menyebutdenganbahan(2)menyebutbahandanalatdan(3)menyebutbahanataualat.Padatahapanatauprosedurterdapattujuhmodelyaitu(1)langsungmenuliskantahapanatauprosedur(2)menyebutdengantahapanataucarapembuatan(3)menyebutdenganlangkah-langkah(4)menyebutdenganteknik(5)menyebutdengantahapan/prosedur(6)menyebutdengantahapandan(7)menyebutdengancara.Pada26teksprosedurkomplekssiswaditemukanadanyatigaciribahasateksprosedurkompleksyaitu(1)kataperintah(2)pengurutandan(3)katayangmenjelaskankondisi.Padakataperintahterdapatempatmodelyaitu(1)menggunakanakhiranlah(2)menggunakanakhirankan(3)menggunakanakhiranidan(4)menggunakankatadasar.Padapengurutanterdapattigamodelyaitu(1)menggunakanangka(2)menggunakankatasambungyangmenunjukkanurutandan(3)menggunakantandahubung.Padakatayangmenjelaskankondisiterdapatdelapanmodelyaitu(1)diawalikatadengan(2)diawalikatasampai(3)diawalikatasecara(4)diawalikatajika(5)diawalikatayangtelah(6)diawalikatahingga(7)diawalikatapadadan(8)diawalikatamenjadi.Keduakualitasteksprosedurkompleksdilihatdaritopikstrukturisidanciribahasa.Kualitasteksprosedurkomplekssiswadilihatdaritopikmenunjukkanbahwatekssudahberkualitasbaik.Kualitasteksprosedurkomplekssiswadilihatdariaspekstrukturisimenunjukkanbahwatekssudahberkualitasbaik.Kualitasteksprosedurkomplekssiswadilihatdariaspekciribahasamenunjukkanbahwatekssudahberkualitassangatbaik.Saranpenelitianadatiga.Pertamabagigurupenelitimenyarankanagarmembericontohdanlatihanmenulisteksprosedurkompleksdengantopikyanglebihberagam.Keduabagisiswapenelitimenyarankanagarsiswalebihtelitidalammenulisteksprosedurkomplekssehinggateksprosedurkompleksyangditulisakanbaikdanbenar.Ketigabagipenelitilainyanginginmenelitidengantopikyangsamapenelitimenyarankandapatmenggunakanjenispenelitianyanglainmisalkanmenggunakanpenelitianpengembanganyaitumengembangkanbahanajarteksprosedurkompleksdanjikainginmenggunakanpenelitiankualitatifpenelitimenyarankanmenelitiberdasarkankesalahanejaankesalahantandabacamaupunkesalahankalimatdalamteksprosedurkompleks.