Alur cerita pendek karya siswa kelas XI SMK Negeri 2 Malang / Daryanti

Main Author: Daryanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/142550/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDaryanti.2016.AlurCeritaPendekKaryaSiswaKelasXISMKNegeri2Malang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.RoekhanM.Pd.(II)Dra.Hj.IdaLestariM.Si.KataKuncialurcerpensiswakelasXISMKNegeri2MalangAlurmerupakanrangkaianperistiwayangsalingberkaitandandiembanolehtokohtertentusehinggamembentuksuatucerita.Aluradalahsalahsatuunsurintrinsikcerpensekaligusmerupakanhalpentingyangsangatberpengaruhterhadapcerita.Adacerpenyangmempunyaistrukturalurlengkapdantidaklengkap.Kategorialuryangdigunakanmasing-masingsiswauntukpenulisanceritatentuberbeda.Sejauhiniyangbanyakdiketahuiadalahpenggunaanalurmajualursorotbalikdanalurcampuran.Namunternyatamasihterdapatkategorialurlaindalamcerpenyangperludiketahui.Alurceritayangditulisolehsiswaperludiketahuiataudigambarkan.Haltersebutpentinggunamengetahuibagaimanasiswadalammengembangkanalursehinggamenghasilkancerpenyangmenarik.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuistrukturalurcerpenyangditulissiswakelasXISMKNegeri2MalangdankategorialuryangditemukandalamcerpenkaryasiswakelasXISMKNegeri2Malang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisdeskriptif.Instrumenutamadalampenelitianiniadalahpenelitisendiridenganinstrumenpembantuberupatabelpedomananalisis.Prosedurpengumpulandataberupadokumentasi.Penelitianmenggunakantigatahapanalisisdatayaitu(1)tahappersiapan(2)penganalisisandan(3)penyimpulan.Keabsahandatadilakukandengan(1)memeriksaulanghasilkodifikasidanhasilpenelitiansesuaidenganteori(2)membacadanmenganalisistekscerpensecaraberulang-ulangdancermatdan(3)melakukandiskusidengantemansejawat.Tahapyangdilaluidalampenelitianiniadalah(1)tahappersiapan(2)pelaksanaandan(3)penyelesaian.Temuanpenelitianmenunjukkanadanya(1)cerpendenganstrukturalurlengkapdancerpendenganstrukturalurtidaklengkap(2)cerpendenganalurprogresifdancerpendenganalursorotbalik(3)cerpendenganalurtunggaldancerpendenganalurparalel(4)cerpendenganalurpadatdancerpendenganalurlonggardan(5)cerpendenganalurperuntungancerpendenganalurtokohandancerpendenganalurpemikiran.Kesimpulandaripenelitianiniadalahtidaksemuacerpenmempunyaistrukturaluryanglengkap.Padaumumnyasiswamenggunakanalurdenganstruktur(pengenalankonflikkomplikasiklimakspeleraianpenyelesaian).Padakategorialurberdasarkanurutanwaktusiswacenderungmenggunakanalurprogresif.Padakategorialurberdasarkanjumlahpenggunaanalurtunggaldanparalelcenderungseimbang.Padakategorialurberdasarkankepadatansiswacenderungmenggunakanalurpadat.Padakategorialurberdasarkanisisiswalebihcenderungmenggunakanalurperuntungandanalurtokohan.