Kemampuan menulis teks cerita biografi melalui penggunaan media film pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Yunita Mulia Sari

Main Author: Sari, Yunita Mulia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/142549/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSariYunitaMulia.2016.KemampuanmenulisteksceritabiografimelaluipenggunaanmediafilmpadaSiswaKelasVIIISMPNegeri9Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.WahyudiSiswantoM.Pd.(II)Dr.SunaryoHS.S.H.M.Hum.KataKuncikemampuanmenulispembelajaranmenulisteksceritabiografimediafilm.Teksceritabiografimerupakanriwayathidupseseorangatautokohyangditulisolehoranglain.Dalammenulisteksceritabiografiperlumemperhatikanarahpenulisantemadanpendekatanyangakandipilihdalampenulisan.Pembelajaranmenulisteksceritabiografimerupakanbentukkreativitasuntukmengetahuikemampuanmenulisteksceritabiografikaryasiswa.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikankemampuanmenulisteksceritabiografimelaluipenggunaanmediafilmsiswakelasVIIISMPNegeri9Malang.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatandeskripstifdengandesainkuantitatif.SubjekdatapenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeri9Malangtahunajaran2015-2016.Sumberdatapenelitianiniadalahhasilkaryasiswa.Pengumpulandatadalampenelitianinidilakukanmelaluiduateknikyaitu(1)testulisdan(2)rubrikpenilaian.Penelitimelakukanpengamatanterlebihdahulupadapembelajaranmenyusunteksceritabiografiuntukmengetahuikemampuansiswadikelas.HasilpenelitianiniberupakemampuanmenulisteksceritabiografisiswakelasVIII-FSMPNegeri9Malang.Hasilpenelitiandibagimenjaditigaaspeksesuaidengantujuanpenelitianyaituaspekstrukturisidanbahasa.Padaaspekstrukturdiketahuibahwasemuasiswa(100%)berhasilmencapaiKKM.Rinciannyasebanyak8siswa(26%)berhasilmendapatkanskor4dengankualifikasiSangatBaik.Kemudiansebanyak11siswa(36%)berhasilmendapatkanskor3dengankualifikasiBaik.Selanjutnyasebanyak11siswa(36%)berhasilmendapatkanskor2dengankualifikasiCukup.Padaaspekisidiketahuibahwasemuasiswa(100%)berhasilmencapaiKKM.Rinciannyasebanyak13siswa(43%)berhasilmendapatkanskor4dengankualifikasiSangatBaik.Kemudiansebanyak17siswa(57%)berhasilmendapatkanskor3dengankualifikasiCukup.PadaaspekbahasadiketahuibahwatidaksemuasiswaberhasilmencapaiKKM.PersentasesiswayangbelumberhasilmencapaiKKMlebihbesardaripadapersentasesiswayangmencapaiKKM.DarihasilskordiatasditemukanbahwasiswayangberhasilmencapaiKKMhanyamencapai36%atausebanyak11siswa.Darisebelassiswatersebuthanya1siswa(3%)yangmencapaikualifikasiSangatBaikdan10siswa(33%)mencapaikualifikasiBaik.Sementaraitupersentasesiswayanglebihbesaryakni63%darikeseluruhansiswaatausebanyak19siswayangbelumberhasilmencapaiKKMdanmasihtergolongkualifikasiRendah.Saranpenelitianditujukanbagisiswagurudanpenelitiselanjutnya.Pertamabagigurudisarankanuntuktidakterpakupadasatubukupeganganmelainkanperlupenambahaninformasiumumpadabukulainterkaitdenganpembelajaranmenyusunteksceritabiografi.Selainitugurujugadisarankanuntukmemperhatikanpengelolaankelasuntukmembangkitkanfokusbelajarsiswa.Keduabagisiswadisarankanuntukmenambahpengetahuanmateritentangmenulisteksceritabiografidarisumber-sumberlainsepertibukupengetahuanlaintentangmenulisteksceritabiografiinternetdanlain-lain.Selainitusiswadisarankanuntukmenggunakanmedialainsebagaireferensibelajarmengenaimenulisteksceritabiografisepertivideopembelajaranbukuceritadanlain-lain.Ketigabagipenelitilaindisarankanuntukmelakukanpenelitianselanjutnyamengenaiketerampilanmenulisteksceritabiografimelaluipenggunaanmediayangberbedauntukdapatmengetahuikemampuanmenulisteksceritabiografisiswa.Hasilpenelitianinidapatdijadikansebagaipenambahwawasanpenelitiselanjutnyakarenadapatmemberikanpengalamanbarudalampemecahanmasalahyangberkaitandenganpembelajaranmenulisteksceritabiografi.