Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media lagfu anak-anak pada siswa kelas V MI Jauharotut Tholibin Kabupaten Blitar / Nurin Ariska Sirod
Main Author: | Sirod, Nurin Ariska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/142499/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSirodNurinAriska.2016.PeningkatanKemampuanMenulisPuisidenganMenggunakanMediaLaguAnak-anakpadaSiswaKelasVMIJauharotutTholibinKabupatenBlitar.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MuakibatulHasanahM.Pd(II)Dr.YuniPratiwiM.Pd.KataKuncimenulispuisimedialaguanak-anakpembelajaranmenulispuisiKegiatanmenulispuisimerupakankegiatanmenuliskreatif.Padapelaksanaannyapembelajaranmenulispuisimasihmengalamikesulitan.Kesulitantersebutdapatdiatasiapabilagurudapatmenggunakankreativitasnyadalampembelajaranmenulispuisi.Salahsatubentukkreativitasguruadalahdenganmemafaatkanmediapembelajaran.Mediayangdigunakandalampenelitianiniadalahmedialaguanak-anakyangdigunakansebagaistimulussiswadalammenemukanideketikamenulispuisi.Padapembelajaranmenulispuisidenganmenggunakanmedialaguanak-anakinidilakukandenganlangkah-langkahyangakanmemudahkansiswadalammenulispuisi.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipeningkatanprosesdanhasilmenulispuisisiswadenganmenggunakanmedialaguanak-anakpadasiswakelasVMIJauharotutTholibinKabupatenBlitar.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVMIJauharotutTholibinKabupatenBlitaryangberjumlah26siswa.DataprosesdalampenelitianiniberupahasilwawancaradengangurukelasVobservasicatatanlapangandandokumentasiselamaprosespembelajaran.Datahasildalampenelitianiniberupakemampuanmenulispuisidenganmenggunakanmedialaguanak-anak.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmedialaguanak-anakdapatmeningkatkanpembelajarandankemampuanmenulispuisisiswakelasVMIJauharotutTholibinKabupatenBlitar.Padaprosespembelajaransiswalebihaktifdalammencaripersamaankatadansiswajugalebihantusiasdalamkegiatanpembelajaran.Padaakhirpembelajaransiswajugasudahlebihberanidanpercayadiriuntukmembacakanpuisinyadidepankelas.Pembelajaranmenulispuisidenganmenggunakanmedialaguanak-anakdilaksanakandenganlimatahapanmenuliskreatifyaitutahappramenulistahappengedrafantahapperbaikantahappenyuntingandantahappublikasi.Padatahappramenulissiswamendengarkanlagukemudianmenentukantemalagu.Padakegiatanpengedrafansiswamendaftarkatamengelompokkankata-katakedalamkatabendakatakerjadankatasifatkemudianmencarisinonimnya.Padatahapperbaikandanpenyuntingansiswamembacakembalipuisinyauntukmenemukankesalahanejaantulisanataupenggunaanbahasa.Setelahitusiswamemperbaikidanmenyuntingkesalahanyangtelahditemukan.Padatahappublikasisiswamembacakanpuisididepankelasdanmenempelkanpuisipadamadingkelas.Hasilpenggunaanmedialaguanak-anakdapatmeningkatkankemampuansiswapadaaspek(1)menulispuisibaruberdasarkantemalagu(2)menggunakanpilihankatayangtepat(3)menggunakanpenggambaran(4)menggunakanperulanganbaikkatamaupunbunyi(5)menentukanjuduldan(6)panjangpuisi.Padaaspekperbandinganbelumadapeningkatanyangsignifikan.Peningkatantertinggiterdapatpadaaspekpenggambaran(citraan)yaknisebesar4231%.PeningkatantersebutterlihatdarihasilyangdiperolehpadasiklusIsebesar4615%sedangkansiklusIIsebesar8846%.Peningkatanterendahterdapatpadaaspekdiksiyaknisebesar386%.PeningkatantersebutterlihatdarihasilyangdiperolehpadasiklusIsebesar9615%sedangkansiklusIIsebesar9230%.Peningkatanjugaterlihatpadanilairata-ratakelas.Peningkatantersebutterlihatpadapratindakannilairata-ratasiswayaitu6365%padasiklusI6846%danpadasiklusII765%.Berdasarkanhasildantemuanpenelitiandisarankankepadabeberapapihak.PertamabagigurukelasVdiharapkangurumenggunakanmediapembelajarandalammenulispuisisalahsatunyaadalahmedialaguanak-anak.Keduabagisiswahendaknyamemanfaatkamedialaguanak-anakdalampembelajaranmenulispuisi.Ketigabagipenelitilaindiharapkanpenelitianinidapatmenjadireferensiuntukpenelitianyangsejenis.