Pengembangan buku panduan pembelajaran vokasional berkebun hidroponik untuk anak autis kelas IX di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Husen Fuat Imanuddin
Main Author: | Imanuddin, Husen Fuat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/142399/ |
Daftar Isi:
- ImanuddinHusenFuat(2020).PengembanganBukuPanduanPembelajaranVokasionalBerkebunHidroponikUntukAnakAutisKelasIXDiSLBAutisLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AbdulHudaM.Pd.Pembimbing(II)RizqiFajarPradiptaM.Pd.KataKunciBukuPanduanHidroponikAutisBahanajaryangsesuadengankarakteristikanakberkebutuhankhusussangatdiperlukanuntukmembantuanakautisdalamkegiatanpembelajaran.Bukupanduanmerupakanbahanajaryangmemuatprinsipprosedurdeskripsimateripokokataumodelpembelajaranyangdigunakanolehparapendidikdalammenjalankantugaspokokdanfungsisebagaipendidik.HasilobservasiyangdilakukandiSLBAutisLaboratoriumUniversitasNegeriMalangdidapatkanbahwapadamatapelajaranvokasionalberkebunhidroponiktidakmemakaibahanajarketikakegiatanprosespembelajaran.PenelitianinimenggunakanjenisResearchandDevelopmentdenganmengadopsimodelpengembangandariBorgampGallyangtelahdimodifikasimenjadi5langkahyaitu(1)Penelitiandanpengumpulaninformasi(2)Perencanaan(3)Pengembangandrafproduk(4)Ujicobalapanganawal(5)Merevisihasilujicoba.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanprodukberupabukupanduanpembelajranvokasionalberkebunhidroponikuntukanakautiskelasIXdiSLBAutisLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Berdasarkanaspekmediaaspekmateridanaspekpembelajaranyangtelahdivalidasiolehahlimediaahlimateridanpraktisibukupanduanpembelajaranvokasionalberkebunhidroponiktelahmemenuhikriteriasangatlayakdenganhasilgabunganvalidasirata-ratasebesar875%.