Pengembangan buku panduan pembelajaran vokasional berkebun hidroponik untuk anak autis kelas IX di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Husen Fuat Imanuddin

Main Author: Imanuddin, Husen Fuat
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/142399/
Daftar Isi:
  • ImanuddinHusenFuat(2020).PengembanganBukuPanduanPembelajaranVokasionalBerkebunHidroponikUntukAnakAutisKelasIXDiSLBAutisLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AbdulHudaM.Pd.Pembimbing(II)RizqiFajarPradiptaM.Pd.KataKunciBukuPanduanHidroponikAutisBahanajaryangsesuadengankarakteristikanakberkebutuhankhusussangatdiperlukanuntukmembantuanakautisdalamkegiatanpembelajaran.Bukupanduanmerupakanbahanajaryangmemuatprinsipprosedurdeskripsimateripokokataumodelpembelajaranyangdigunakanolehparapendidikdalammenjalankantugaspokokdanfungsisebagaipendidik.HasilobservasiyangdilakukandiSLBAutisLaboratoriumUniversitasNegeriMalangdidapatkanbahwapadamatapelajaranvokasionalberkebunhidroponiktidakmemakaibahanajarketikakegiatanprosespembelajaran.PenelitianinimenggunakanjenisResearchandDevelopmentdenganmengadopsimodelpengembangandariBorgampGallyangtelahdimodifikasimenjadi5langkahyaitu(1)Penelitiandanpengumpulaninformasi(2)Perencanaan(3)Pengembangandrafproduk(4)Ujicobalapanganawal(5)Merevisihasilujicoba.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanprodukberupabukupanduanpembelajranvokasionalberkebunhidroponikuntukanakautiskelasIXdiSLBAutisLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Berdasarkanaspekmediaaspekmateridanaspekpembelajaranyangtelahdivalidasiolehahlimediaahlimateridanpraktisibukupanduanpembelajaranvokasionalberkebunhidroponiktelahmemenuhikriteriasangatlayakdenganhasilgabunganvalidasirata-ratasebesar875%.