Perancangan buku ensiklopedia pop-up bilingual dinosaurus untuk anak usia sekolah dasar / Muhammad Arief Nazaruddin

Main Author: Nazaruddin, Muhammad Arief
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/14145/
Daftar Isi:
  • KataKunciPerancanganEnsiklopediaPop-UpBillingualDinosaurusBukupop-upbanyakdijumpaipadabuku-bukudongenganakfabelkomikceritarakyatdanensiklopediayangpastidisukaiolehanak-anak.Tetapipadakenyataanyaanak-anakmasihasingdenganistilahbukupop-up.Merekabelummemahamibetulapaitupop-up.Selainitupengetahuantentangensiklopediapop-upjugabelumdimengertisepenuhnya.Halitudikarenakanjenisbukusepertiinisangatlahsedikitberedardimasyarakatkitakalaupunadasebagianbesaradalahmerupakanbukuimpor.SedangkanbukulokaldapatdihitungdenganjariTujuanperancanganiniadalahmenghasilkanbukuceritaanakpop-upyangmampumemperkenalkandanmemberipengetahuantentangbinatang-binatangprasejarahdanmemberikanhiburanpadaanakProdukyangdihasilkandaribukupop-upinimempunyaikelebihanuntukmenonjolkankesanyangingindisampaikandalamsebuahceritasehinggalebihdapatterasakarenalebihdapatberinteraksidenganobjekcerita.Pembacaseolahsepertimenjadibagiandarihalyangmenakjubkanitukarenamerekamemilikiandilketikamerekamembukahalamanbuku(Sabuda2006).Selainitutampilanvisualyanglebihberdimensimembuatceritasemakinterasanyataditambahlagidengankejutanyangdiberikandalamsetiaphalamannya.Gambardapatsecaratiba-tibamunculdaribalikhalamanatausebuahbangunandapatberdirimegahditengah-tengahhalamandengancarapemvisualisasiinikesanyanginginditampilkandapatlebihtersampaikankepadaparapembaca.Kesimpulanperancanganbukuensiklopediapop-upbillingualyangbertemadinosaurusuntukanakusiasekolahdasarinimerupakansalahsatuupayauntukmenambahdaftarbukuensiklopediapop-uplokalyanglayakuntukanak-anakusiasekolahdasarsebagaisaranapenunjanguntukanakdalammenambahpengetahuanmerekatentangdinosaurusdanjugaistilah-istilahdalamBahasaInggris.