Perancangan pop-up book "lovely kids" tentang pengenalan hewan pada anak TK / Dian Purnamasari

Main Author: Purnamasari, Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/14121/
Daftar Isi:
  • KatakunciPerancanganPop-UpBookHewanTamanKanak-Kanak.Anak-anaksenangsekalimelihathewan-hewanyangadadikebunbinatang.Namunanak-anakseringlupanama-namahewanapabilasudahmeninggalkankebunbinatang.Dibutuhkansolusiyangtepatuntukmengatasipermasalahanagaranakbisamengingathewan-hewanyangtelahdilihat.Salahsatusolusinyaadalahmemperkenalkannama-namahewanmelaluimediabacaan..Mediatigadimensisangatcocokuntukanak-anak.Bahasainggrisjugadapatditerapkandalammediatigadimensiiniuntukanak-anakbelajarmengenalnamahewankarenabahasaInggrismerupakanbahasainternasional.Perancanganinimenggunakanmodelperancanganproseduralyangmenggariskanlangkah-langkahuntukmenghasilkanprodukdiawalidenganlatarbelakangidentifikasiMasalahdilanjutkandenganpengumpulandatayangmeliputiobservasiwawancaradandokumentasiperancangankonsephinggapembuatankaryafinal.Data-datayangmenjadiacuanadalahdatayangbersumberdarihasilobservasidanberbagaimacambukuliteratur.Mediatigadimensiyangdihasilkandariperancanganiniadalahbukupopup.Bukupopupadalahbukuyangmemilikibagianyangdapatbergerakdenganunsurtigadimensi.BukuinimempunyaikatakunciAyoKenaliSiapaAkuyangmengandungmaknaajakanuntukmengenalhewan-hewantersebut.PenggunaanbahasaInggrismerupakannilaitambahpadabukupopupkarenaselainanakdapatmengenalnamahewanmerekajugadapatbelajarbahasaInggris.Bukuinimenggunakangayailustrasikartunyangdapatmenarikminatanak-anakuntukmembaca.Diharapkandenganadanyainovasiinianak-anaksemakinmengenalhewan-hewanyangadadisekitarnyasertamembangkitkanminatmembacadanbelajarbahasaInggris