analisis problematika pembelajaran daring matematika materi konsep dasar perkalian siswa kelas ii sdn bulusari 1 kecamatan gempol kabupaten pasuruan / dyah kurnia estika rini

Main Author: Dyah Kurnia Estika Rini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/140823/
Daftar Isi:
  • Penelitianinidilakukankarenapembelajarandilaksanakansecaradaringdarirumahsiswakurangmenguasaiperkaliandansulitmenghafalperkaliandalammasapembelajarandaringdarirumah.Penelitianinibertujuanuntukmenganalisisproblematikaperencanaanpembelajarandaringmatematikamaterikonsepdasarperkalianmenganalisisproblematikapelaksanaanpembelajarandaringmatematikamaterikonsepdasarperkalianmenganalisisproblematikaevaluasipembelajarandaringmatematikamaterikonsepdasarperkalian.Jenispenelitianyangdigunakanyaitudeskriptifkualitatifyangnantinyaakanmembuatdeskripsi-deskripsiyangdapatmemberikangambaranmengenaiproblematikapembelajarandaringmatematikamaterikonsepdasarperkalian.Datadiperolehmelaluiobservasiwawancaradandokumentasi.Semuadatadianalisisdenganmenggunakanmetodereduksidatapenyajiandatadanmenarikkesimpulan.Selainmenganalisisdatapenelitijugamengujikeabsahandatamenggunakantekniktriangulasisumber.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajarandaringmatematikamaterikonsepdasarperkaliansiswakelasIISDNBulusari1KecamatanGempolKabupatenPasuruanbelumberjalandenganmaksimal.Problematikadalamperencanaanpelaksanaanpembelajarandaringmaterikonsepdasarperkalianyaitugurubelummengembangkanmateriperkalianmetodepembelajarandaringkurangbervariasikurangpenggunaanmediadaringmateriperkaliangurutidakmenerapkanmodelpembelajaran.Keduadariaspekpelaksanaanpembelajarandaringmaterikonsepdasarperkalianyangmeliputigurutidakmenyampaikantujuanpembelajaransiswakesulitandalammenghafalperkaliankurangnyaminatdanmotivasisiswakurangnyaantusiasdankeaktifansiswasiswaterkendaladalamhalkuota.Ketigadariaspekpenilaian/evaluasipembelajarandaringmaterikonsepdasarperkalianyaituguruhanyamelaksanakanpenilaiandaritugassehari-hariyangdikirimdiwhatsapp.Gurujugamengalamikendaladalampenilaianevaluasimateriperkalianterhadapbeberapasiswayangmengalamiketerlambatandalampengumpulantugas.Hasilpenelitianinidapatmemberikanpemahamankepadagurutentangpembelajarandaringmatematikamaterikonsepdasarperkaliansertamenjadireferensibagimahasiswauntukmembahaskajianpenelitiantentangproblematikapembelajarandaringmatematikamaterikonsepdasarperkalian.