Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended matematika bangun datar persegi panjang ditinjau dari gaya belajar kelas 4 sdn cangkringturi sidoarjo / DINESTIA FIDYA RAMADHANTI

Main Author: Ramadhanti, Dinestia Fidya Ramadhanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Online Access: http://repository.um.ac.id/140673/
Daftar Isi:
  • Kemampuanberpikirkritissangatdiperlukanolehsiswauntukmemahamidanmemecahkansuatumasalahyangmembutuhkanpenalaranevaluasidananalisis.Berpikirkritisdalampembelajaranmatematikadapatmengurangiterjadinyakesalahansaatmenyelesaikansoalatausaatmenghadapimasalah.Prosesbelajarsiswayangcukupberagamdanmemilikitantangantersendiriuntukguruagarmampumemahamikaraktergayabelajartiap-tiapsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankemampuanberpikirkritissiswadalammenyelesaikanmasalahopenendedmateribangundatarditinjaudarigayabelajarvisualgayabelajarauditoridangayabelajarkinestetiksiswakelasIVSDNCangkringturi.HaliniditinjaudarikemampuanberpikirkritisdalampenelitianmenggunakanindikatorberpikirkritisdariFacioneyangterdiridarienamkomponen.Komponenindikatortersebutyaituinterpretasianalisisevaluasiinferensieksplanasiself-regulation.Rancanganpenelitianinimenggunakanpenelitiandeskriptifkualitatif.SubjekpenelitiandilakukankepadasiswakelasIVSDNCangkringturiyangberjumlah25siswa.6subjekyangdipilihpenelitiakandianalisisdandilakukanwawancara.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniyaituangketbelajarsoaltesbangundatar.Teknikanalisisdatayangdigunakanyaituanalisisdatakualitatifdenganlangkah-langkahreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)kemampuanberpikirkritissiswadengangayabelajarvisualdalammenyelesaikanmasalahopenendedditinjaudarigayabelajarmampumemenuhi6indikatorberpikirkritisinterpretasianalisisevaluasiinferensieksplanasidanself-regulation.(2)kemampuanberpikirkritissiswadengangayabelajarauditoridalammenyelesaikanmasalahopenendedditinjaudarigayabelajarmampumemenuhi4indikatorberpikirkritisinterpretasievaluasiinferensidaneksplanasi.Subjekauditoricenderungmampumemenuhitahapanalisisdanself-regulation.Sedangkan(3)kemampuanberpikirkritissiswadengangayabelajarkinestetikdalammenyelesaikanmasalahopenendedditinjaudarigayabelajarmampumemenuhi4indikatorberpikirkritisinterpretasianalisisinferensidaneksplanasi.Subjekkinestetiklebihcenderungaktifmenggerakkanpensildanmelakukancoret-coretanpadakertas.