Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended matematika bangun datar persegi panjang ditinjau dari gaya belajar kelas 4 sdn cangkringturi sidoarjo / DINESTIA FIDYA RAMADHANTI
Main Author: | Ramadhanti, Dinestia Fidya Ramadhanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/140673/ |
Daftar Isi:
- Kemampuanberpikirkritissangatdiperlukanolehsiswauntukmemahamidanmemecahkansuatumasalahyangmembutuhkanpenalaranevaluasidananalisis.Berpikirkritisdalampembelajaranmatematikadapatmengurangiterjadinyakesalahansaatmenyelesaikansoalatausaatmenghadapimasalah.Prosesbelajarsiswayangcukupberagamdanmemilikitantangantersendiriuntukguruagarmampumemahamikaraktergayabelajartiap-tiapsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankemampuanberpikirkritissiswadalammenyelesaikanmasalahopenendedmateribangundatarditinjaudarigayabelajarvisualgayabelajarauditoridangayabelajarkinestetiksiswakelasIVSDNCangkringturi.HaliniditinjaudarikemampuanberpikirkritisdalampenelitianmenggunakanindikatorberpikirkritisdariFacioneyangterdiridarienamkomponen.Komponenindikatortersebutyaituinterpretasianalisisevaluasiinferensieksplanasiself-regulation.Rancanganpenelitianinimenggunakanpenelitiandeskriptifkualitatif.SubjekpenelitiandilakukankepadasiswakelasIVSDNCangkringturiyangberjumlah25siswa.6subjekyangdipilihpenelitiakandianalisisdandilakukanwawancara.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniyaituangketbelajarsoaltesbangundatar.Teknikanalisisdatayangdigunakanyaituanalisisdatakualitatifdenganlangkah-langkahreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)kemampuanberpikirkritissiswadengangayabelajarvisualdalammenyelesaikanmasalahopenendedditinjaudarigayabelajarmampumemenuhi6indikatorberpikirkritisinterpretasianalisisevaluasiinferensieksplanasidanself-regulation.(2)kemampuanberpikirkritissiswadengangayabelajarauditoridalammenyelesaikanmasalahopenendedditinjaudarigayabelajarmampumemenuhi4indikatorberpikirkritisinterpretasievaluasiinferensidaneksplanasi.Subjekauditoricenderungmampumemenuhitahapanalisisdanself-regulation.Sedangkan(3)kemampuanberpikirkritissiswadengangayabelajarkinestetikdalammenyelesaikanmasalahopenendedditinjaudarigayabelajarmampumemenuhi4indikatorberpikirkritisinterpretasianalisisinferensidaneksplanasi.Subjekkinestetiklebihcenderungaktifmenggerakkanpensildanmelakukancoret-coretanpadakertas.