Pengembangan adaptive e-learning system berbasis vark learning style (visual, auditory, reading/writing, kinesthetic) pada materi IP address / Nindia Rada Kusworo
Main Author: | Kusworo, Nindia Rada |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/140547/ |
Daftar Isi:
- SistempembelajarandiSMKmenargetkan25%materidan75%praktik.Waktusiswaselamadisekolahakanhabisdenganpraktikdansedikitwaktudalammendalamimateri.Diperlukanalternatifsehinggasiswadapatmengoptimalkanpemahamanmateritanpaperlumemotongwaktupraktikdisekolah.AdaptiveE-learningSystem(AES)menerapkanpembelajaranyangmengacupadaperbedaankarakteristiksiswaberupagayabelajar.Gayabelajarmerupakancaradankondisidimanasiswasecaraefisiendanefektifmemahamimengolahmenyimpandanmengingatkembaliapayangmerekapelajari.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukprogramaplikasiAdaptiveE-learningSystemyanglayakdigunakandalamprosespembelajaransertadapatmengidentifikasidanmenyajikanmaterisesuaidengangayabelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembangan(RampD)denganmodelpengembanganmultimediainstructionaldesignolehLeeampOwens.UntukmengetahuikelayakanprogramAESmakadiperlukanreviewdariahlidanujicobaperorangansiswadenganmenggunakanangketskala1-5.Reviewdilakukanolehduaahliyaituahlimateridanahlimedia.SementaraujicobaperorangandilakukankepadaduaorangsiswakelasXJurusanTeknikKomputerdanJaringanSMKN08Malang.Hasilreviewpadaangketahlimateridiperolehrata-ratanilaisebesar442danhasilreviewpadaangketahlimediadiperolehrata-ratanilaisebesar415.BerdasarkanreviewyangdiberikanolehahlimediadapatdisimpulkanbahwaprogramaplikasiAdaptiveE-learningSystemmendapatresponpositifdandapatdinyatakanlayakdigunakan.Dalamujicobaperoranganyangdilakukankepada2orangsiswadiperolehrata-ratanilaisebesar415daritotalrata-ratajawabanyangdiharapkan5.00.SiswamemberiknresponpositifselamapenggunaanprodukAdaptiveE-learningSystemdanmemberikanmasukanyangnantinyaakandigunakansebagaiperbaikanprogramAdaptiveE-learningSystem.