Persepsi siswa laki-laki terhadap mata pelajaran seni budaya bidang seni tari di SMP Negeri 20 Malang / Idayati
Main Author: | Idayati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/140494/ |
Daftar Isi:
- PembagianmatapelajaransenibudayadiSMPdidasarkancabangseniyangmeliputisenirupasenimusiksenitaridanseniteater.DiSMPNegeri20MalangpelaksanaanpembelajaranmatapelajaransenibudayakhususnyapadakelasIXmeliputiduabidangseniyaitubidangsenirupadanbidangsenitari.Daripilihanbidangsenitersebutsiswadiberikebebasandalammemilihbidangseniyangsesuaidenganminatdanbakatmereka.Dengandemikiandapatdiperolehdataperbandinganjumlahsiswalaki-lakiyangberminatterhadapbidangsenirupadanbidangsenitarisebagaiberikutsiswalaki-lakiyangberminatdenganbidangsenirupasebanyak115sedangsiswalaki-lakiyangberminatterhadapbidangsenitarisebanyak21siswa.Jikadibuatperbandinganprosentaseadalah7%93%darijumlahkeseluruhan136siswalaki-laki.Berdasarkanlatarbelakangtersebutdiatasmakapermasalahanyangdibahasdalampenelitianiniadalahpersepsisiswalaki-lakiterhadapmatapelajaransenibudayabidangsenitari.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikan/menggambarkanpersepsisiswalaki-lakiterhadapmatapelajaransenibudayabidangsenitari.Penelitianinitermasukdalampenelitiandeskriptifkuantitatifteknikanalisadatanyaadalahdenganmentabulasikandatadalamfrekuensiyangkemudianprosespengolahandatanyamenggunakanprosentase.Hasilpenelitianiniadalah(1)siswalaki-lakiyangtertarikdantidaktertariksertasenangdantidaksenangdenganmatapelajaransenibudayabidangsenitariadasetengahbagian(2)setengahbagiandanhampirseluruhsiswalaki-lakiberpendapatsetujujikabidangsenitariadalahpelajaranyangpentinguntukdipelajaridisekolahdanmemberikanmanfaat(3)tanggapandarisebagianbesarsiswalaki-lakimenyatakansetujudenganpernyataanbahwamatapelajaransenibudayabidangsenitariadalahpelajaranyangsulit(4)setengahbagiansiswalaki-lakibersikapmenerimamatapelajaransenibudayabidangsenitarimenjadipelajaranwajibditempuholehsemuasiswabaiklaki-lakidanperempuan.Sehinggadiperolehkesimpulanbahwasiswalaki-lakitidaktertarikdantidaksenangdenganmatapelajaransenibudayabidangsenitaridikarenakanpelajarannyatidakmenyenangkandansulit.Makadisarankepadagurubidangsenitaridalampenggunaanmetodepengajaranharusdidasarkanatasminatdankebutuhansertamampumenumbuhkankegairahandanminatagarsiswasemangatmengikutipelajaran.Siswalaki-lakijugaberanggapanbahwadalamsenitari(menari)dibutuhkangerakyangbagusdanluwes.Makadisarankansupayagurudanjugasekolahuntukmemberikanpemahamandanwawasanyangbenartentangmatapelajaransenibudayabidangsenitarikepadasiswa.