Persepsi siswa laki-laki terhadap mata pelajaran seni budaya bidang seni tari di SMP Negeri 20 Malang / Idayati

Main Author: Idayati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/140494/
Daftar Isi:
  • PembagianmatapelajaransenibudayadiSMPdidasarkancabangseniyangmeliputisenirupasenimusiksenitaridanseniteater.DiSMPNegeri20MalangpelaksanaanpembelajaranmatapelajaransenibudayakhususnyapadakelasIXmeliputiduabidangseniyaitubidangsenirupadanbidangsenitari.Daripilihanbidangsenitersebutsiswadiberikebebasandalammemilihbidangseniyangsesuaidenganminatdanbakatmereka.Dengandemikiandapatdiperolehdataperbandinganjumlahsiswalaki-lakiyangberminatterhadapbidangsenirupadanbidangsenitarisebagaiberikutsiswalaki-lakiyangberminatdenganbidangsenirupasebanyak115sedangsiswalaki-lakiyangberminatterhadapbidangsenitarisebanyak21siswa.Jikadibuatperbandinganprosentaseadalah7%93%darijumlahkeseluruhan136siswalaki-laki.Berdasarkanlatarbelakangtersebutdiatasmakapermasalahanyangdibahasdalampenelitianiniadalahpersepsisiswalaki-lakiterhadapmatapelajaransenibudayabidangsenitari.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikan/menggambarkanpersepsisiswalaki-lakiterhadapmatapelajaransenibudayabidangsenitari.Penelitianinitermasukdalampenelitiandeskriptifkuantitatifteknikanalisadatanyaadalahdenganmentabulasikandatadalamfrekuensiyangkemudianprosespengolahandatanyamenggunakanprosentase.Hasilpenelitianiniadalah(1)siswalaki-lakiyangtertarikdantidaktertariksertasenangdantidaksenangdenganmatapelajaransenibudayabidangsenitariadasetengahbagian(2)setengahbagiandanhampirseluruhsiswalaki-lakiberpendapatsetujujikabidangsenitariadalahpelajaranyangpentinguntukdipelajaridisekolahdanmemberikanmanfaat(3)tanggapandarisebagianbesarsiswalaki-lakimenyatakansetujudenganpernyataanbahwamatapelajaransenibudayabidangsenitariadalahpelajaranyangsulit(4)setengahbagiansiswalaki-lakibersikapmenerimamatapelajaransenibudayabidangsenitarimenjadipelajaranwajibditempuholehsemuasiswabaiklaki-lakidanperempuan.Sehinggadiperolehkesimpulanbahwasiswalaki-lakitidaktertarikdantidaksenangdenganmatapelajaransenibudayabidangsenitaridikarenakanpelajarannyatidakmenyenangkandansulit.Makadisarankepadagurubidangsenitaridalampenggunaanmetodepengajaranharusdidasarkanatasminatdankebutuhansertamampumenumbuhkankegairahandanminatagarsiswasemangatmengikutipelajaran.Siswalaki-lakijugaberanggapanbahwadalamsenitari(menari)dibutuhkangerakyangbagusdanluwes.Makadisarankansupayagurudanjugasekolahuntukmemberikanpemahamandanwawasanyangbenartentangmatapelajaransenibudayabidangsenitarikepadasiswa.