Perancangan iklan layanan masyarakat sebagai kampanye pelestarian hutan mangrove di daerah Tugu Semarang / Prihatin Dwihantoro
Main Author: | Dwihantoro, Prihatin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/14006/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDwihantoroPrihatin.2010.PerancanganIklanLayananMasyarakatSebagaiKampanyePelestarianHutanMangrovediDaerahTuguSemarang.SkripsiProgramStudiDesainKomunikasiVisualJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SumarwahyudiM.Sn(II)MohammadSigitS.SnKataKunciPerancanganIklanLayananMasyarakatHutanMangrove.Komunitasmangrovemerupakanbagiandariekosistemalamyangmemilikiperananyangsangatpentingbagidaerahpesisirdanlautmaupunmasyarakatdisekitarnyabaikdarisegifisikekologissosialdanekonomi.Indonesiamerupakansalahsatunegarayangmemilikihutanmangroveterbesardanmemilikikekayaanhayatiyangpalingbanyak.LuashutanmangrovediIndonesiamencapai32jutahektarewalaupunbelakanganinidilaporkanlebihdari50persenjumlahhutanitusudahrusak.Iklanlayananmasyarakatinibertujuanmenciptakansebuahbentukdesainiklanlayananmasyarakatyangmengajakdanmempengaruhimasyarakatdenganmengangkattemasosialpelestarianhutanmangroveuntukmenimbulkankesadarankepadamasyarakatdenganpesanmoralakanpentingnyamenjagahutanmangrovesertamenghimbaudandanmerubahperilakumasyarakatuntukpeduliterhadappelestarianhutanmangrove.Dengandemikianuntuktahapselanjutnyaakanmenciptakansebuahlingkunganhidupyangramahsehinggadapatmenjaditempathidupyangamandannyaman.SalahsatucaradalammeningkatkankesadaranmasyarakattentangpelestarianhutanmangroveyaitumelaluisuatuperancanganmediaIklanLayananMasyarakatdimanaIklanLayananMasyarakatmerupakanaktivitasperiklananyangberlandaskangerakanmoraldanmengembantugasmuliadalammembangunmasyarakatmelaluipesan-pesansosialyangdikemassecarakreatif.Sebuahkampanyeiklanlayananmasyarakatyaitusekumpulandaribeberapamediayangmengusungpesanyangsamadalamsatukonsep.