Perancangan iklan layanan masyarakat sebagai kampanye pelestarian hutan mangrove di daerah Tugu Semarang / Prihatin Dwihantoro

Main Author: Dwihantoro, Prihatin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/14006/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDwihantoroPrihatin.2010.PerancanganIklanLayananMasyarakatSebagaiKampanyePelestarianHutanMangrovediDaerahTuguSemarang.SkripsiProgramStudiDesainKomunikasiVisualJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SumarwahyudiM.Sn(II)MohammadSigitS.SnKataKunciPerancanganIklanLayananMasyarakatHutanMangrove.Komunitasmangrovemerupakanbagiandariekosistemalamyangmemilikiperananyangsangatpentingbagidaerahpesisirdanlautmaupunmasyarakatdisekitarnyabaikdarisegifisikekologissosialdanekonomi.Indonesiamerupakansalahsatunegarayangmemilikihutanmangroveterbesardanmemilikikekayaanhayatiyangpalingbanyak.LuashutanmangrovediIndonesiamencapai32jutahektarewalaupunbelakanganinidilaporkanlebihdari50persenjumlahhutanitusudahrusak.Iklanlayananmasyarakatinibertujuanmenciptakansebuahbentukdesainiklanlayananmasyarakatyangmengajakdanmempengaruhimasyarakatdenganmengangkattemasosialpelestarianhutanmangroveuntukmenimbulkankesadarankepadamasyarakatdenganpesanmoralakanpentingnyamenjagahutanmangrovesertamenghimbaudandanmerubahperilakumasyarakatuntukpeduliterhadappelestarianhutanmangrove.Dengandemikianuntuktahapselanjutnyaakanmenciptakansebuahlingkunganhidupyangramahsehinggadapatmenjaditempathidupyangamandannyaman.SalahsatucaradalammeningkatkankesadaranmasyarakattentangpelestarianhutanmangroveyaitumelaluisuatuperancanganmediaIklanLayananMasyarakatdimanaIklanLayananMasyarakatmerupakanaktivitasperiklananyangberlandaskangerakanmoraldanmengembantugasmuliadalammembangunmasyarakatmelaluipesan-pesansosialyangdikemassecarakreatif.Sebuahkampanyeiklanlayananmasyarakatyaitusekumpulandaribeberapamediayangmengusungpesanyangsamadalamsatukonsep.