Komparasi desain poster film animasi produksi Amerika Serikat, Jepang, dan Korea (tahun 2000-2009) menurut tinjauan semiotika / Aniendya Christianna
Main Author: | Christianna, Aniendya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13995/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKChristiannaAniendya.2010.KomparasiDesainPosterFilmAnimasiProduksiAmerikaSerikatJepangdanKorea(Tahun2000-2009)menurutTinjauanSemiotika.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MoeljadiPranataM.Pd(II)GunawanSusiloS.SnM.Sn.KatakuncikomparasiposterfilmanimasisemiotikaPenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpersamaandanperbedaandesainposter-posterfilmanimasiproduksiAmerikaSerikatJepangdanKoreadenganmenggunakanmetodeanalisisteks(kajiansemiotika).Penelitimengambilsatuteksposterfilmanimasiterseleksidalamsatutahunsepanjangtahun2000sampaidengantahun2009sebagaiobjekpenelitian.Sehinggadidapatkansepuluhteksposteruntuksatunegara.Sepuluhtekspostertersebutdipandangdapatmerepresentasikanperkembanganfilmanimasiselama10tahun.Adapunfilmanimasiyangdipilihuntukmewakilisetiaptahunmerupakanfilmanimasiyangmemperolehberbagaipenghargaanberskalainternasionalbaiklokalmaupuninternasional.Analisisdatadilakukansecaradeskriptifdenganmenggunakantekniksemiotikastrukturalanalisis.Dalamhalinitekstanda-tandatersebutdiuraiuntukdideskripsikanmasing-masingmaknanyakemudiandisintesisuntukdideskripsikanmaknateksnya.Tanda-tandatersebutmeliputiilustrasitipografiwarnalayoutdangayadesaingrafisyangdigunakandalamsuatuposterfilmanimasi.Darihasilpenelitiandiperolehbeberapasimpulansebagaiberikut(a)deskripsitandadanmaknayangmunculdarivisualisasiteksposterfilmanimasiproduksiAmerikaSerikatJepangdanKoreamulaitahun2000sampaidengantahun2009dan(b)deskripsipersamaandanperbedaanteksposterfilmanimasiproduksiAmerikaSerikatJepangdanKoreamulaitahun2000sampaidengantahun2009.Saranuntukpenelitianlanjutanpertamadisarankanpadapenelitianlanjutanuntukmelakukanberbagaieksplorasipendekatangunamemperolehhasilyanglebihvariatif.Keduaobjekpenelitiandapatdipersempitcakupannyabaikdarisegikuantitaspostermaupunnegarayangdikaji.Ketigapengkajianstrukturvisualposterfilmanimasidalamkontekspengaruhbudayaterhadapvisualisasiposter.Keempatsudahsaatnyapraktisidesainuntukmengkajiposterfilmanimasisebagaisalahsatumediakomunikasivisualyangmenentukantingkatkeberhasilanfilmanimasi.Karenaselamainipraktisidesainlebihterfokuspadafilmanimasiitusendiridankurangmengindahkanmedia-mediapendukunglainnya.Sehinggatampilanposterfilmanimasiperludikajilebihmendalamuntukmemperolehsuatukesimpulantentangposterfilmanimasiyangefektifdalammempromosikanfilmanimasi.