Penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan keterampilan menyimak-wicara siswa kelas VIID SMP Negeri 18 Malang / Husnul Khotmawati
Main Author: | Khotmawati, Husnul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/139681/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKhotmawatiHusnul.2008.PenerapanMetodeJigsawuntukMeningkatkanKeterampilanMenyimak-WicaraSiswaKelasVIIDSMPNegeri18Malang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SuyonoM.Pd(II)Dra.EndahTriPriyatniM.Pd.Katakuncipeningkatanmenyimak-wicarametodejigsaw.Pelaksanaanpembelajaranmenyimak-wicaradisekolahseringdiabaikanolehgurukarenadalampembelajaranmenyimaksiswakurangantusiasdandalampembelajaranberbicaradiperlukanwaktuyangcukuplama.Akibatnyasiswakurangbisamenemukanisipembicaraandanmenyimpulkannyasehinggasiswatidakbisamemberikantanggapanterhadapisibahansimakan.Dalamberbicarasiswatidakmempunyaikepercayaandiriyangcukupjikadimintaberbicaradidepanteman-temannyasiswaberbicaradengantidaklancarpenggunaanbahasaIndonesiajugamenjadikacaudanisipembicaraanmenjaditidaktepat.Padahalmenyimakdanberbicaraadalahketerampilanyangseringdigunakanolehsiswadalamkehidupansehari-hari.KetidakmampuansiswadalammenyimakdanberbicarajugadialamiolehsiswakelasVIIDSMPNegeri18Malang.Keterampilanmenyimakdanberbicarasiswamasihtergolongkurangdanmasihperluditingkatkan.Dalammenyimaksiswamasihkurangbisaberkonsentrasidandalamberbicarasiswamerasamaludantakutjikaharusmajudanberbicaradidepanteman-temannya.Gurupernahmencobamenerapkanmetodediskusibiasauntukmerangsangsiswamenyimakdanberbicaratetapikurangefektif.Persoalantersebutpundicarisolusinya.Salahsatucarayangdiupayakanadalahdenganmengubahteknikdiskusiyangbiasadenganteknikdiskusimodeljigsaw.Denganjigsawsetiapsiswamempunyaitanggungjawabterhadapsub-submateritertentuyangberbedadengantemayangsamasehinggasiswamenjadilebihaktifdalamprosesdiskusidantidakadalagiistilahsiswamenganggurdalamdiskusikarenaguruhanyaberperansebagaifasilitatorsaja.DenganjigsawdiharapkantujuanpenelitianinidapattercapaiyaituuntukmeningkatkankemampuansiswakelasVIIDSMPNegeri18Malangdalampembelajaranmenyimak-wicara.Dalammenyimakpeningkatanditekankanpadaaspekkemampuanmenemukanpokok-pokokisibahansimakanmenemukanamanat/pesanmembuatkesimpulandanmembuattanggapan.DalamberbicarapeningkatanditekankanpadaaspekkemampuansiswaberbicaradenganmemerhatikanketepatanisikelancaranpercayadiridanpenggunaanbahasaIndonesiayangbaku.PenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangdilaksanakandiSMPNegeri18MalangdengansubjekpenelitiansiswakelasVIID.Jenisdatayangdikumpulkanadalahnilaihasilmenyimakdanberbicarasiswayangdidukungolehdatacatatanlapangansertadatahasilrefleksipenelitibersamaguru.BerdasarkantindakanyangtelahdilaksanakanpadasiklusIdanIIdapatdideskripsikanprosespenerapanmetodejigsawdalampembelajaranmenyimak-wicarayaitudiawalidenganpembentukankelompokyangheterogenipemberianbacaanpelaksanaandiskusisesiIpelaksanaandiskusisesiIIpemberiantesindividudanpelaksanaanrefleksi.PadasiklusIketerampilanmenyimaksiswamengalamipeningkatanwalaupunmasihadasiswayangnilainyadibawahSKM.Untukkemampuanmenemukanpokok-pokokisiberitaada14%siswanilainyadibawahSKMdan86%siswadiatasSKM.Untukkemampuanmembuatkesimpulanada66%siswayangnilainyadibawahSKMdanada43%yangdiatasSKM.Untukkemampuanmembuattanggapan100%nilaisiswadiatasSKM.Untukkemampuanmenemukanamanat/pesanada94%siswayangnilainyadibawahSKMdan3%diatasSKM.PadasiklusIIkemampuansiswamenemukanpokok-pokokisibacaanmeningkatada9%siswayangnilainyadibawahSKMdanada91%siswayangdiatasSKM.Untukkemampuanmembuatkesimpulandantanggapan100%siswasudahdiatasSKM.Untukkemampuanmembuatamanat/pesanada3%siswayangnilainyadibawahSKMdanada97%yangdiatasSKM.Untukketerampilanberbicarasiswamengalamipeningkatansecarasignifikan.PadasiklusIhasilyangdiperolehuntukketerampilanberbicaraadalah100%siswamemperolehnilaidiatasSKMuntukkemampuanberbicaradenganmemperhatikanketepatanisi97%berbicaradenganlancar97%siswaberbicaradenganpercayadiridan71%berbicaradenganmenggunakanbahasaIndonesiayangbaku.PadasiklusIIyaitupadakemampuansiswaberbicaradenganmemperhatikanketepatanisikemampuansiswaberbicaradenganlancardankemampuansiswaberbicaradenganpercayadiri100%siswamemperolehnilaidiatasSKM.PadakemampuansiswaberbicaradenganmenggunakanbahasaIndonesiayangbaku91%memperolehnilaidiatasSKMberartimasihada9%siswayangmemperolehnilaidibawahSKM.SimpualanyangdiperolehdalampenelitianinidiantaranyaadalahketerampilanmenyimakdanberbicarasiswakelasVIIDSMPNegeri18MalangbisaditingkatkandenganpenerapanmetodejigsawsehinggajumlahsiswayangmemperolehnilaidibawahSKMbisaberkurang.Mengingatmanfaatyangdapatdiperolehsiswamakadisarankanbagiguruuntukbisamenerapkanmetodejigsawuntukmeningkatkanketerampilanmenyimak-wicarabagisiswadenganpermasalahanyangsamaberusahameningkatkankompetensisiswadalammenyimak-wicaramemotivasisiswadanmeningkatkanminatsiswapadamenyimak-wicaramengembangkanmediadanmetodepembelajaranmenyimak-wicara.Bagipenelitiyangakandatangdiharapkanuntukmenelititentangpeningkatanmenyimak-wicaradenganmetodejigsawdengansubjekdantempatpenelitianlaindanmenelititentangpeningkatanmenyimak-wicaradenganmetodepembelajaranyanglain.ii