Studi tentang kecerdasan emosional siswa kelas akselerasi tingkat SMA di Kota Malang / Rika Kusumawati Nikmah
Main Author: | Nikmah, Rika Kusumawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/139166/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNikmahRikaKusumawati.2008.StudiTentangKecerdasanEmosionalSiswaKelasAkselerasiTingkatSMAdiKotaMalang.SkripsiJurusanBimbinganKonselingdanPsikologiFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DanyM.HandariniM.A(II)Drs.Moh.BisriM.Si.KatakuncikecerdasanemosionalakselerasiSMASiswayangmemilikikecerdasanintelektualyangtinggitidakmenjaminkesuksesannyaseseorangdimasadepan.McClelland(dalamGoleman2003b25)berpendapatbahwakemampuanakademikbawaannilairapordanpredikatkelulusantinggitidakmemprediksiseberapabaikkinerjaseseorangsesudahbekerjaatauseberapatinggisuksesyangdicapainyadalamhidup.Seperangkatkecakapankhusussepertiempatidisiplindiridaninisiatifmampumembedakanorangsuksesdariyangtaksukses.Penelitianinibertujuanuntuk1)mengetahuigambaranketerampilansiswakelasakselerasidalammengenaliemosidiri2)mengetahuigambaranketerampilansiswakelasakselerasidalammengelolaemosidiri3)mengetahuigambaranketerampilansiswakelasakselerasidalammemotivasidiri4)mengetahuigambaranketerampilansiswakelasakselerasidalamberempati(mengenaliemosioranglain)5)mengetahuigambaranketerampilansiswakelasakselerasidalammembinahubungandenganoranglain.Pentingnyakonselormengetahuikecerdasanemosionalsebagaibahanpertimbangandalammembantumenanganimasalahdanmemahamikarakteristiksiswanya.Rancanganpenelitianiniadalahdeskriptifyaknipenelitianuntukmengumpulkaninformasimengenaigejalayangadapadasaatpenelitian.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasakselerasitingkatSMAdikotaMalangyakniSMANegeri1MalangSMANegeri3MalangMAN1MalangdanMAN3Malangdenganjumlahseluruhresponden119siswa.PengumpulandatamenggunakaninventorikecerdasanemosionaldanpenelitiandilaksanakanpadabulanSeptember-Oktober2008.Analisisdeskriptifdenganpersentase.Hasilyangdiperolehdaripenelitianiniyaitu1)sebagianbesar(672%)siswakelasakselerasitingkatSMAdikotaMalangmempunyaiketerampilanmengenaliemosidiriyangrelatifbaikdanstabildanperludikembangkan2)cukupbanyak(479%)siswakelasakselerasitingkatSMAdikotaMalangmempunyaiketerampilanmengelolaemosidiriyangrelatifbaikdanstabildanperludikembangkan3)cukupbanyak(538%)siswakelasakselerasitingkatSMAdikotaMalangmempunyaiketerampilanmemotivasidiriyangrelatifbaikdanstabildanperludikembangkan4)cukupbanyak(521%)siswakelasakselerasitingkatSMAdikotaMalangmempunyaiketerampilanmengenaliemosioranglainyangrelatifbaikdanstabildanperludikembangkan5)cukupbanyak(588%)siswakelasakselerasitingkatSMAdikotaMalangmempunyaiketerampilanmengenaliemosioranglainrata-rataataucukupdanperludilatihsertadikembangkan.Sehubungandenganhasilpenelitianyangtelahdipaparkanpenelitimemberikanbeberapasaran1)Kepadakonselorkonselorhendaknyameningkatkanmutudalampemberianlayananbimbingandankonselingyaknidenganpemberianlayananbimbinganpribadidanbimbingansosial.Pemberianlayananbimbinganpribadidengancaramengenalkantugas-tugasperkembangankhususnyaperkembanganemosiyangakandialamisiswaterutamasiswaakselerasi.Pemberianlayananbimbingansosialdenganpemberianmaterimengenaimengembangkanketerampilanmengenaliemosidiriketerampilanmengelolaemosidiriketerampilanmemotivasidiriketerampilanmengenaliemosioranglaindanketerampilanmembinahubungandenganoranglain2)Penelitiselanjutnya(a)untuklebihmemperkuatskripsiinimakauntukpenelitiselanjutnyamengadakanpengembanganlebihlanjutinventorikecerdasanemosional(b)penelitiselanjutnyapenelitimenyarankanuntukmengadakanpenelitianmengenaibagaimanaperanBKterhadapsiswaberbakat.