Meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam bermain musik ansambel sederhana melalui metode tutor sebaya pada kelas VII-G di SMP Negeri 1 Waru / Nikita Dwisari

Main Author: Dwisari, Nikita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13799/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDwisariNikita.2017.MeningkatkanhasilbelajarpesertadidikdalambermainmusikansambelsederhanamelaluimetodetutorsebayapadakelasVII-GdiSMPNegeri1Waru.SkripsiJurusanSeniDanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.HJ.EW.SuprihatinDyahPM.Pd.KatakunciHasilBelajarAnsambelSederhanaTutorSebaya.BerdasarkanhasilobservasipadapembelajaranSeniBudayabidangstudiSeniMusikkelasVII-GSMPNegeri1WarudiketahuibahwahasilbelajarpesertadidikdalampembelajaransenimusikberadadibawahKKM.PesertadidikmerasabosandalampembelajaranSeniBudayasubbidangsenimusikkarenaguruhanyamenerapkanmetodetanyajawabdiskusidandemonstrasisehinggaapesertadidikkurangfocusterhadapmateriyangdisampaikan.DarihasilpenilaiantugaspesertadidikyangbelummemenuhiKKM(75)sebanyak14pesertadidikdenganprosentase388%sedangkanpenilaianpraktiksebanyak17pesertadidikdenganprosentase472%.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmeningkatkankualitashasilbelajarbermainmusikansambelsederhanapadapesertadidikkelasVII-GSMPNegeriWarumelaluipenerapanMetodetutorsebaya.PenelitianyangdigunakanadalahPTK(PenelitianTindakanKelas)denganmenggunakanpendekatankualitatifdeskriptifsubjekpenelitianberjumlah36pesertadidik.Pelaksanaannyadilakukandalam2siklusyaituSiklusIdanSiklusIIdalam6kalipertemuandenganpembagian3kalisiklusIdan3kalisiklusII.Analisisdatadiperolehdaricatatanharianhasilwawancaradanlembarpenilaian.Prosedurpenelitianmeliputi4tahapyaitu(1)Perencanaan(2)pelaksanaantindakan(3)observasi(4)refleksi.Sedangkanteknikpengumpulandatamenggunakanteknikobservasiwawancaradokumentasidantes.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklusIpesertadidikyangmencapainilaidiatasKKM(75)dalambermainmusikansambelsederhanasejumlah28pesertadidikdenganprosentase777%danpesertadidikyangmencapainilaidibawahKKM(75)sejumlah8pesertadidikdenganprosentase223%.OlehkarenaitudilakukansiklusII.PadasiklusIIpesertadidikyangmencapainilaidiatasKKM(75)dalambermainmusikansambelsederhanasejumlah34pesertadidikdenganprosentase944%danpesertadidikyangmencapainilaidibawahKKM(75)sejumlah2pesertadidikdenganprosentase56%.Kesimpulandaripenelitianinibahwametodetutorsebayadapatmeningkatakankualitashasilbelajarpesertadidikhinggamencapai944%BerdasarkanhasilpenelitiandisarankangurudapatmenggunakanmetodetutorsebayadalammemainkanmusikansambelsederhanasebagaisalahsatualternatifmetodeyangdapatdigunakanpadasetiappembelajaranSeniBudayasubbidangsenimusikdisemuakelasVII.