Peningkatan kreativitas gerak tari melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada kelas VII-6 SMP Negeri 1 Tanjunganom Kabupaten Nganjuk / Endang Sri Lestari

Main Author: Sri, Lestari Endang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13795/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLestariEndangSri.2016.PeningkatanKreativitasGeraktariMelaluiModelPembelajaranKooperatiftipeStudentTeamsAcheivementDivision(STAD)padakelasVII-6diSMPNegeri1Tanjunganom.SkripsiProgramStudiPendidikanSeniTaridanMusikJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.NINIKHARINIM.SnKataKunciPeningkatanKreativitasGerakTariModelPembelajaranKooperatifTipeStudentTeamsAcheivementDivision(STAD)BerdasarkanhasilobservasipadapembelajranseniBudayasubbidangsenitarikelasVII-6SMPNegeri1TanjunganomdiketahuibahwahasilbelajarsiswadalampembelajaransenitariberadadibawahKKM.Siswaterlihatkurangantusiaskurangaktifdankurangbersungguh-sungguhdalampembelajaransenibudayasubbidangsenitarikarenaguruhanyamenerapkanmetodeceramahdandemontrasi.Dari32siswahanya8siswadenganprosentase25%yanghasilbelajarnyadiatasKKMsedangkansebanyak24siswadenganprosentase75%siswamasihbelummencapaiKKM(75).TujuanpenelitianuntukmeningkatkanhasilbelajarkreativitasgeraktaripadasiswakelasVII-6SMPNegeri1TanjunganommelaluipenerapanmetodepembelajaranKooperatiftipeStudentTeamsAcheivementDivision(STAD).PenelitianiniadalahPTK(PenelitianTindakanKelas)denganmenggunakanpendekatankualitatifdiskriptifsubjekpenelitianberjumlah32siswa.Pelaksanannyadilakukandalam2siklusyaituSiklusIdanSiklusII.prosedurpenelitianmeliputi4tahapyaitu1)Perencanaan2)Pelaksanaantindakan3)Pengamatan4)Refleksi.Sedangkanteknikpengumpulandatamenggunakanteknikobservasidantesunjukkerja.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklusInilaikeaktivansiswayangberadadiatasKKM(75)padapertemuankesatusejumlah19siswadenganprosentase5938%pertemuankeduasejumlah21siswadenganprosentase6563%sedangkannilaiunjukkerjasejumlah25siswadenganprosentase7813%.OlehkarenaitudilakukansiklusII.PadasiklusIInilaikeaktifansiswapadapertemuankesatusejumlah24siswadenganprosentase75%pertemuankeduasejumlah26siswadenganprosentase8125%.Sedangkannilaiunjukkerjasecaraindividusejumlah27siswadenganprosentase8438%.Sedangkansecarakelompoksejumlah5kelompokdenganprosentase8333%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarankooperatiftipeStudentTeamsAcheivementDivision(STAD)dapatmeningkatkankeaktifandankreativitassiswapadapembelajaranSeniBudayasubprakteksenitari.DisarankangurudapatmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeStudentTeamsAcheivementDivision(STAD)sebagaisalahsatualternatifmodelpembelajaranyangdapatdigunakanpadasetiappembelajaransenibudayasubbidangsenitaridikelasVII.