Peningkatan kreativitas gerak tari melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada kelas VII-6 SMP Negeri 1 Tanjunganom Kabupaten Nganjuk / Endang Sri Lestari
Main Author: | Sri, Lestari Endang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13795/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLestariEndangSri.2016.PeningkatanKreativitasGeraktariMelaluiModelPembelajaranKooperatiftipeStudentTeamsAcheivementDivision(STAD)padakelasVII-6diSMPNegeri1Tanjunganom.SkripsiProgramStudiPendidikanSeniTaridanMusikJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.NINIKHARINIM.SnKataKunciPeningkatanKreativitasGerakTariModelPembelajaranKooperatifTipeStudentTeamsAcheivementDivision(STAD)BerdasarkanhasilobservasipadapembelajranseniBudayasubbidangsenitarikelasVII-6SMPNegeri1TanjunganomdiketahuibahwahasilbelajarsiswadalampembelajaransenitariberadadibawahKKM.Siswaterlihatkurangantusiaskurangaktifdankurangbersungguh-sungguhdalampembelajaransenibudayasubbidangsenitarikarenaguruhanyamenerapkanmetodeceramahdandemontrasi.Dari32siswahanya8siswadenganprosentase25%yanghasilbelajarnyadiatasKKMsedangkansebanyak24siswadenganprosentase75%siswamasihbelummencapaiKKM(75).TujuanpenelitianuntukmeningkatkanhasilbelajarkreativitasgeraktaripadasiswakelasVII-6SMPNegeri1TanjunganommelaluipenerapanmetodepembelajaranKooperatiftipeStudentTeamsAcheivementDivision(STAD).PenelitianiniadalahPTK(PenelitianTindakanKelas)denganmenggunakanpendekatankualitatifdiskriptifsubjekpenelitianberjumlah32siswa.Pelaksanannyadilakukandalam2siklusyaituSiklusIdanSiklusII.prosedurpenelitianmeliputi4tahapyaitu1)Perencanaan2)Pelaksanaantindakan3)Pengamatan4)Refleksi.Sedangkanteknikpengumpulandatamenggunakanteknikobservasidantesunjukkerja.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklusInilaikeaktivansiswayangberadadiatasKKM(75)padapertemuankesatusejumlah19siswadenganprosentase5938%pertemuankeduasejumlah21siswadenganprosentase6563%sedangkannilaiunjukkerjasejumlah25siswadenganprosentase7813%.OlehkarenaitudilakukansiklusII.PadasiklusIInilaikeaktifansiswapadapertemuankesatusejumlah24siswadenganprosentase75%pertemuankeduasejumlah26siswadenganprosentase8125%.Sedangkannilaiunjukkerjasecaraindividusejumlah27siswadenganprosentase8438%.Sedangkansecarakelompoksejumlah5kelompokdenganprosentase8333%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarankooperatiftipeStudentTeamsAcheivementDivision(STAD)dapatmeningkatkankeaktifandankreativitassiswapadapembelajaranSeniBudayasubprakteksenitari.DisarankangurudapatmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeStudentTeamsAcheivementDivision(STAD)sebagaisalahsatualternatifmodelpembelajaranyangdapatdigunakanpadasetiappembelajaransenibudayasubbidangsenitaridikelasVII.