Peningkatan keterampilan gerak tari melalui metode pemodelan pada siswa kelas VIIB SMPN 1 Rejoso Nganjuk / Titik Harsiwiyati

Main Author: Harsiwiyati, Titik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13791/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHarsiwiyatiTitik2015.PeningkatanKeterampilanGerakTarimelaluiMetodePemodelanpadaSiswaKelasVIIBSMPN1RejosoNganjuk.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.NinikHariniM.SnKataKunciketerampilangeraktarimetodepemodelanKesulitanataurendahnyaketerampilangeraktaribagisiswakelasVIIBSMPN1Rejosodisebabkanolehbeberapafaktoryaitu(1)Siswamerasakesulitanmenirukanketerampilangeraktaridenganmenirudarivideo(2)Kegiatanmenaricenderungdiabaikanolehparasiswa(3)Merasadirinyatidakbisamenari(4)Siswatidakterbiasamenarididepanumum(5)Masihbanyaksiswayangtidakmaumemperdalamketerampilangeraktari(6)Siswamerasamenaribukanmerupakanpelajaranyangpenting.Kondisiiniterjadiketikagurumenyampaikanmateridenganmenggunakanmetodemencontohdarivideoolehsebabituperludilakukandenganmetodepemodelangunameningkatkanketerampilangeraktarisiswa.TujuanpenelitianiniadalahmendiskripsikanpeningkatanketerampilangeraktarimelaluimetodepemodelanpadasiswakelasVIIBSMPN1RejosoNganjuk.Metodepemodelanmerupakankegiatanpemberianmodeldengantujuanuntukmenyampaikangagasanyangkitapikirkanmende-monstrasikanbagaimanakitamenginginkanparasiswauntukbelajarataumelakukanapayangkitainginkanagarsiswamelakukannya.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK).PenelitianTindakanKelasdilakukandalamduasiklus.Setiapsiklusterdapat4tahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIBSMPN1RejosoNganjukyangberjumlah33siswa.Pengumpulandatadilakukandenganteknikangketdantesyangdianalisissecaradeskriptifmenggunakanpresentase(%).BerdasarkanhasilpelaksanaansiklusIdansiklusIIdiperolehhasilsebagaiberikut(1)Peningkatannilairata-ratadarisiklusIkesiklusIImencapai621nilai(darihasilsiklusI7591menjadi8212padasiklusII).(2)Peningkatanjumlahsiswaberhasilmencapai11siswa(darihasilsiklusI20siswamenjadi31siswapadasiklusII).(3)Peningkatanpersentasekeberhasilanmencapai3334%(darihasilsiklusI6060%menjadi9394%padasiklusII).SaranyangdiharapkandalampenelitianbagiguruadalahagarlebihkreatifdaninovatifdalammenerapkanpembelajarandenganmenggunakanmetodepemodelansebagaialatbantuuntukmeningkatkanketerampilangeraktarisiswakelasVIIBSMPNIRejosoNganjuk.