Pembelajaran tari reyog dhodhog pada kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 1 Boyolangu / Ayu Ratri Pratiwi

Main Author: Pratiwi, Ayu Ratri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13784/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajaranTariReyogTulungagungEkstrakurikulerPembelajarandiartikansebagaisuatuprosesmenciptakanlingkungansebaik-baiknyaagarterjadikegiatanbelajaryangberdayaguna.Ekstrakurikulermerupakankegiatanyangsejalandenganpendidikanformalmaksudnyakegiatanyangdiselenggarakandisekolahtetapidiluarjampelajaranpedidikanformal.KegiatanekstrakurikuleryangdipilihsebagaiobyekpenelitianadalahsenitaridimanadidalamnyadiajarkansatukeseniankhasdaerahsetempatyaituReyogDhodhog.InstansiyangdipilihsebagaiobjekpenelitianadalahSMPN1Boyolanguyangmemilikibanyakprestasidiberbagaibidangsalahsatunyasenitari.Selainitujugabanyaksiswayangberbakatdanberminatdibidangkesenianbaiksiswaputramaupunsiswaputri.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)tariReyogDhodhogdiTulungagung(2)pelaksanaankegiatanpembelajaranekstrakurikuler(3)faktorpendukungdanpenghambatkegiatanpembelajaranekstrakurikuler.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganteknikpengumpulandataberupaobservasidanwawancara.Analisisdatadilakukansecarabersamaanpadasaatpenelitiandengantahap-tahappenelitiansebagaiberikuttahappengumpulandatatahapreduksitahappenyajiandatatahappenarikankesimpulan/verifikasi.Dalampenelitianiniyangmenjadiinformanadalahsenimandangurukegiatanekstrakurikuler.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniadalahwawancaraobservasidandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)tariReyogDhodhogyangdiajarkansesuaidenganyangberkembangdikalangansenimandanmasyarakat(2)kegiatanpembelajaranekstrakurikulermenggunakanmetodedemonstrasiceramahtanyajawabdanpenugasan(3)faktorpendukungkegiatanpembelajaranekstrakurikuleradalahsaranadanprasaranadapatmenunjangkegiatanfaktorpenghambatkegiatanpembelajaranekstrakurikuleradalahguruekstrakurikulertarihanyasatuorang.Kegiatanpembelajaranekstrakurikulerdilakukandenganbeberapapersiapanmeliputirancangankegiatanmaterimetodemediateknikevaluasi.Darihasilpenelitianinikiranyapihaksekolahmenambahtenagapengajarekstrakurikulersenitariagarkegiatanekstrakurikulerdapatberjalanlebihoptimalsehinggadapatmemberikanprestasiyanglebihmembanggakanbagisekolah.