Pembelajaran tari reyog dhodhog pada kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 1 Boyolangu / Ayu Ratri Pratiwi
Main Author: | Pratiwi, Ayu Ratri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13784/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPembelajaranTariReyogTulungagungEkstrakurikulerPembelajarandiartikansebagaisuatuprosesmenciptakanlingkungansebaik-baiknyaagarterjadikegiatanbelajaryangberdayaguna.Ekstrakurikulermerupakankegiatanyangsejalandenganpendidikanformalmaksudnyakegiatanyangdiselenggarakandisekolahtetapidiluarjampelajaranpedidikanformal.KegiatanekstrakurikuleryangdipilihsebagaiobyekpenelitianadalahsenitaridimanadidalamnyadiajarkansatukeseniankhasdaerahsetempatyaituReyogDhodhog.InstansiyangdipilihsebagaiobjekpenelitianadalahSMPN1Boyolanguyangmemilikibanyakprestasidiberbagaibidangsalahsatunyasenitari.Selainitujugabanyaksiswayangberbakatdanberminatdibidangkesenianbaiksiswaputramaupunsiswaputri.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)tariReyogDhodhogdiTulungagung(2)pelaksanaankegiatanpembelajaranekstrakurikuler(3)faktorpendukungdanpenghambatkegiatanpembelajaranekstrakurikuler.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganteknikpengumpulandataberupaobservasidanwawancara.Analisisdatadilakukansecarabersamaanpadasaatpenelitiandengantahap-tahappenelitiansebagaiberikuttahappengumpulandatatahapreduksitahappenyajiandatatahappenarikankesimpulan/verifikasi.Dalampenelitianiniyangmenjadiinformanadalahsenimandangurukegiatanekstrakurikuler.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniadalahwawancaraobservasidandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)tariReyogDhodhogyangdiajarkansesuaidenganyangberkembangdikalangansenimandanmasyarakat(2)kegiatanpembelajaranekstrakurikulermenggunakanmetodedemonstrasiceramahtanyajawabdanpenugasan(3)faktorpendukungkegiatanpembelajaranekstrakurikuleradalahsaranadanprasaranadapatmenunjangkegiatanfaktorpenghambatkegiatanpembelajaranekstrakurikuleradalahguruekstrakurikulertarihanyasatuorang.Kegiatanpembelajaranekstrakurikulerdilakukandenganbeberapapersiapanmeliputirancangankegiatanmaterimetodemediateknikevaluasi.Darihasilpenelitianinikiranyapihaksekolahmenambahtenagapengajarekstrakurikulersenitariagarkegiatanekstrakurikulerdapatberjalanlebihoptimalsehinggadapatmemberikanprestasiyanglebihmembanggakanbagisekolah.