Proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 3 Singosari Kabupaten malang / Bella Rakaciwi
Main Author: | Rakaciwi, Bella |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13726/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRakaciwiBella.2017.ProsesPembelajaranEkstrakurikulerPaduanSuaraDiSMPNegeri3SingosariKabupatenMalang.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.E.W.SuprihatinDyahPM.Pd(II)RullyA.ZandraM.PdM.SnKatakunciPembelajaranPaduanSuaraEkstrakurikulerSMPNegeri3SingosariSMPNegeri3Singosarimerupakansalahsatusekolahformalyangmemilikikegiatanekstrakurikulerpaduansuara.PelatihpaduansuaradiSMPNegeri3SingosaribukanberlatarbelakangsenimusiknamundapatmenciptakanberbagaiprestasibagiSMPNegeri3Singosari.HalinimenjadipertanyaantentangpembelajaranapakahyangtelahberhasilditerapkanpadakegiatanekstrakurikulerpaduansuaradiSMPNegeri3SingosariKabupatenMalang.Tujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikan(1)PerencanaanpembelajarandalamkegiatanekstrakurikulerpaduansuaradiSMPNegeri3SingosariKabupatenMalang(2)PelaksanaanpembelajaraandalamkegiatanekstrakurikulerpaduansuaradiSMPNegeri3SingosariKabupatenMalang(3)EvaluasipembelajarandalamkegiatanekstrakurikulerpaduansuaradiSMPNegeri3SingosariKabupatenMalang.Metodepenelitianinimenggunakanpenelitiankualitatif.LokasipenelitianberadadiSMPNegeri3SingosariPengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaradandokumentasidalambentukfotodanvideo.Instrumenpenelitianadalahpenelitisendiri.Analisisdatadimulaidaritahapreduksidatakemudianpenyajiandatadanmengambilkesimpulan.Pengecekankeabsahandatadilakukandenganmenggunakantriangulasisumberdantriangulasiteknikmetode.HasilpenelitianiniadalahsebagaiberikutperencanaanpembelajarantidakdibuatolehpelatihekstrakurikulerpaduansuaraberupaRPPakantetapimembuatprogramkerjayangdibuatolehgurusekolahmemberikankebebasanpadaguruuntukmengembangkanmateridalamprosespembelajarannyasendiri.Pelaksanaanpembelajaranpaduansuaradalampenyampaianmaterimenggunakanmetodesolfegiodrilldandemonstrasi.Pengelolaanpembelajarangurumengarahpadapengelolaanruangdanpengelolaansiswa.Pengelolaanruangmengacupadapengkondisianruanganyangdipakaiagarterciptasuasananyamanpadasaatprosespembelajaranberlangsung.Sedangkanpengelolaansiswalebihmengacupadabagaimanagurudapatmengatasipermasalahanindividudanpermasalahankelompokyangterjadidalamkelassehinggaseluruhsiswadapatmemahamimateriyangdiberikanolehgurutanpapengecualian.Makadapatdisimpulkanbahwaterdapattigahalpokokdalamprosespembelajaranpaduansuarayaituperencanaanpembelajaranpelaksanaanpembelajarandanevaluasipembelajaran.Dalamprosespembelajarangurulebihbanyakmenerapkanmetodedrilldanbanyakmembimbingsiswasecaraindividumaupunkelompok.SaranuntukpenelitilainadalahmelakukanpenelitianmendalamtentangupayameningkatkanteknikvokaldalampaduansuaradiSMPNegeri3SingosariKabupatenMalang.