Pengaruh bantuan LMS (Learning management System) dalam strategi think-pair-share terhadap hasil belajar dan motivasi peserta didik Madrasah Aliyah Negeri di Tulungagung / Ahmad Suhaili

Main Author: Suhaili, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/137242/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAhmadSuhaili2019.PengaruhBantuanLearningManagementSystem(LMS)DalamStrategiThink-Pair-ShareTerhadapHasilBelajarDanMotivasiPesertaDidikMadrasahAliyahNegeriDiTulungagung.TesisProgramStudiPendidikanKimiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dr.EndangBudiasihM.S.(II)Dra.SurjaniWonorahardjoPh.D.KataKuncithink-pair-shareLearningManagementSystem(LMS)hasilbelajarmotivasipesertadidikasambasaAsambasamerupakanmateripadamatapelajarankimiakelasXIdiSekolahMenengahAtas/MadrasahAliyah.Berdasarkanpenelitiansebelumnyamateriinimerupakanmateriyangrelatifsulit.Solusialternatifuntukmengatasimasalahiniadalah1)memberikankesempatanbagipesertadidikuntukmengkonstrukpengetahuannyasecaramandirimelaluiprosesberpikir2)melibatkanpesertadidikdalamkelompokkeciluntukberbagipendapat3)mendorongpesertadidikuntukmenciptakanlingkunganbelajarinteraktifmelaluidiskusidiantarasesamapesertadidikmaupunpengajar4)melaksanakanpembelajarandenganbantuanLearningManagementSystem(LMS).PenerapanbantuanLearningManagementSystem(LMS)dalamstrategithink-pair-sharemerupakanpembelajaranyangmendukungkeempatsolusitersebut.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhbantuanLearningManagementSystem(LMS)dalamstrategithink-pair-sharedanpengaruhstartegithink-pair-shareterhadaphasilbelajardanmotivasipesertadidik.Penelitianinimenggunakanrancanganposttest-onlycontrolgroup.Sampelpenelitianadalah2kelasdari3kelasyangmemperolehmaterikimiadiMAN3Tulungagungpadatahunpelajaran2019/2020.KelasXIMIPA1sebagaikelaseksperimendibelajarkandenganbantuanLearningManagementSystem(LMS)dalamstartegithink-pair-sharedankelasXIMIPA2sebagaikelaskontroldibelajarkandenganstrategithink-pair-sharemasing-masingberjumlah20pesertadidik.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahteshasilbelajarpesertadidikdenganjumlahsoal20pilihangandadanangketmotivasipesertadidikterdiridari21item.Dataprosesketerlaksanaanpembelajaranpadakelaseksperimendankelaskontrolteshasilbelajardandataskormotivasipesertadidiktiapaspek.Datadiambilsecaradeskriptifdansecarastatistikmenggunakanujit.Ujitdigunakanuntukmelihatperbedaanhasilbelajarpesertadidikdanmotivasipesertadidik.Semuaujidilakukandarikelaseksperimendankelaskontrol.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajardanmotivasiantarapesertadidikyangdibelajarkandenganLearningManagementSystem(LMS)dalamstrategithink-pair-sharedanpesertadidikyangdibelajarkandenganthink-pair-share.