Minat belajar siswa kelas VII-D pada mata pelajaran seni budaya sub bidang seni tari di SMP Negeri 1 Bandung Tulungagung / Laili Khoirun Nisak

Main Author: Nisak, Laili Khoirun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13709/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNisakKhoirunLaili.2017.MinatBelajarSiswaKelasVII-DpadaMataPelajaranSeniBudayaSubBidangSeniTaridiSMPNegeri1BandungTulungagung.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dra.LilikIndrawatiM.Pd(II)KelikDestaRahmantoS.SnM.PdKataKunciminatbelajarsenibudayasenitari.Keberhasilanpencapaiantujuanpendidikanbanyakbergantungkepadabagaimanaprosesbelajaryangdialamiolehsiswasebagaianakdidik.Faktor-faktoryangmempengaruhikeberhasilanbelajarsiswabanyakmacamnya.Salahsatufaktortersebutadalahminat.Suatukegiatanyangdilakukansesuaiminatataukeinginanakanmenghasilkanprestasiyangmenyenangkan.Begitusebaliknyajikakegiatandilakukantidaksesuaidenganminatataukeinginanakanmenghasilkanprestasiyangkurangmenyenangkan.MatapelajaransenibudayakhususnyasenitariadalahsalahsatumatapelajaranyangditerapkandisekolahumumsepertidiSMPNegeri1BandungTulungagungberdasarkanobservasitampakperilakusiswakurangmemperhatikanguruketikamengajarsenitarisepertimengobrolsendirigaduhbermainhandphonedantidaksegeramenjalankantugasguru.Perilakutersebutdapatdikatakansebagaiciri-cirikurangberantusiasmengikutipelajaranyangdalamhaliniberkaitandenganminat.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuidanmendeskripsikanminatsiswadanmengidentifikasifaktoryangmempengaruhiminatsiswakelasVII-DpadamatapelajaransenibudayasubbidangsenitaridiSMPNegeri1BandungTulungagungtahunajaran2016/2017.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatif.PopulasidalampenelitianiniadalahkelasVII-Dtahunajaran2016/2017diSMPNegeri1BandungTulungagung.DalampenelitianinipenelitimenggunakansampelpopulasiatausampeltotalyaitusiswakelasVII-DdiSMPNegeri1BandungTulungagungtahunajaran2016/2017berjumlah38siswayangterdiridari18siswalaki-lakidan20siswaperempuan.InstrumenpenelitianmenggunakanangketdenganskalaGuttman.Untukmengujikelayakaninstrumenpenelitimenggunakanujivalidasiisidanujirealibilitasdengantekniktest-retestdenganujicobaangketdilakukandenganmenyebarangketkeanggotabukansampel.Analisisdatamenggunakanjenisanalisisstatistikdeskriptifdenganperhitunganpersentase.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehbahwa(1)padaindikatorketertarikanmenggambarkanbahwasebagianbesarsiswa(68%)tertarikpadasenitarinamunsebagianbesarsiswa(63%)tidakmenyukaipelajaransenitaridenganalasanmembosankanpadaindikatorkeseriusansebagianbesarsiswa(79%)tidakberantusiasuntukmenunjukkanhasilbelajarnyadidepankelasnamunialebihsukamengerjakantugassecarapasifdenganalasanmaludantidakpercayadiripadaindikatorsemangatsebagianbesarsiswa(74%)tidakberantusiasmenjawabpertanyaandenganalasantidakmenguasaimateridantakutsalah.(2)faktor-faktoryangmempengaruhitidakminatbelajarsenitaripadasiswaadalahfaktorinternalyaitubakatdanfaktoreksternalyaitudukunganorangtuagurudisekolahdandukunganmasyarakat.MinatbelajarsiswakelasVII-DpadapelajaransenitaridiSMPNegeri1Bandungtahunajaran2016/2017tergolongrendahterlihatbahwaketertarikansiswaterhadapmatapelajaransenitarirendahakibatnyasiswatidakseriusdalammengikutipelajarandantidakberpartisispasiaktifsaatpelajaranberlangsung.Siswapadaumumnyahanyatertarikmenjadipenikmatsenitaritetapitidaktertarikuntukmempelajarinya.Alasannyaadalahsiswatidakmerasapercayadiriuntukberpartisipasiaktifsaatpelajaransenitari.Halinidipengaruhiolehfaktordukungankeluargakarenakurangnyakomunikasiantarasiswadanorangtuamengenaipelajarandisekolahkurangnyagurudalammerancangmediapembelajarandanminimnyastrategigurudalammemberikanpenegasanataupenguatanagarsiswabelajarlebihgiat.Sarandalampenelitianiniadalahpenelitiselanjutnyapenelitimenyarankanagarpenelitiselanjutnyasebaiknyamenambahjumlahpopulasilanlebihluasdalammengidentifikasifaktoryangmempengaruhiminatbelajar.Selainitudapatjugamenggunakansampelsekolahlaindanmenambahjumlahsekolahyangditelitisehinggadapatmemberikanhasilyangsignifikan.