Pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya (seni tari) kelas VII di SMP Negeri 1 Malang / Arini Nazmi Alfionita

Main Author: Alfionita, Arini Nazmi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13706/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAlfionitaAriniNazmi.2017.PengaruhMetodePembelajaranRolePlayingTerhadapMinatBelajarSiswaMataPelajaranSeniBudaya(SeniTari)SiswaKelasVIIDiSMPNegeri1Malang.SkripsiJurusanSeniDanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HariyantoM.Hum(II)HartonoS.SnM.Sn.KataKunciMetodepembelajaranRolePlayingMinatBelajarSeniTariMinatbelajarsiswamerupakansalahsatuhalpentingdalamprosespembelajaran.Salahsatucarauntukmeningkatkanminatbelajarsiswadengancaramembuatsenangdantertarikuntukmengikutipelajarandenganmenggunakanmetodepembelajaranyangtepat.BerkaitandenganitumakadiperlukanpembahasanmengenaipengaruhmetodepembelajaranRolePlayingterhadapminatbelajarsiswa.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanpengaruhmetodepembelajaranRolePlayingterhadapminatbelajarsiswapadamatapelajaransenibudaya(senitari)kelasVIIdiSMPNegeri1Malang.PenelitianinijugabertujuanuntukmendeskripsikanapakahkelompokyangdiajardenganmenggunakanmetodeRolePlayingmemilikiminatbelajarsenibudaya(senitari)lebihtinggidaripadakelompokyangtidakdiajardenganmenggunakanmetodeRolePlaying.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantrueexperimentaldengantipePretestPosttestControlGroupDesign.PenelitianinimenggunakanduakelompokyaknikelompokkontroldankelompokeksperimenyangdiberikanperlakuandenganmenerapkanmetodeRolePlaying.Sampeldalampenelitianinisebayak74siswadengan37siswapadakelompokeksperimendan37siswapadakelompokkontrol.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniberupaangketminatdanwawancara.Teknikanalisisstatistikdatapenelitianmenggunakananalisisdeskriptifdenganmembandingkanrerataantaraduakelompok.Pengujianhipotesisdilakukandenganmenggunakanujit(t-test)dengantarafsignifikansi945005setelahmelakukanujiprasyaratyaituujinormalitasdanujihomogenitas.Hasilanalisisdaripeneletianyangdilakukandiperolehskorrata-rataangketminatbelajarsenitaripadakondisiakhiratausetelahdiberiperlakuankelompokeksperimenmemilikihasilyanglebihtinggidibandingkelompokkontrol.Skorrata-ratadikelompokeksperimenyaitu645dankelompokkontrolyaitu575.HasilpenelitianinimenunjukkanmetodepembelajaranRolePlayingberpengaruhterhadapminatbelajarsenibudaya(senitari)kelasVIIdiSMPNegeri1Malang.KelompokyangdiajardenganmenggunakanmetodeRolePlayingmemilikiminatbelajarsenitarilebihtinggidaripadakelompokyangtidakdiajardenganmenggunakanmetodeRolePlaying.Berdasarkananalisisuji-tdiperolehnilaithitungsebesar6129ttabel1666dannilaisignifikansitadalah0000005makadapatdisimpulkanbahwahipotesisnol(H_0)ditolakdanhipotesisalternatif(H_a)diterimayangartinyametodepembelajaranRolePlayingberpengaruhsignifikanterhadapminatbelajarsiswakelasVIIpadamatapelajaransenibudaya(senitari)diSMPNegeri1Malangtahunpelajaran2016/2017.ABSTRACTAlfionitaAriniNazmi.2017.TheEffectofLearningRolePlayingMethodstoStudentsLearningInterestSubjectsofCulturalArt(DanceArts)StudentsofClassVIIInSMPNegeri1Malang.ThesisDepartmentofArtandDesignFacultyofLettersStateUniversityofMalang.Counselor(I)Dr.HariyantoM.Hum(II)HartonoS.SnM.Sn.KeywordsLearningmethodsRolePlayingLearningInterestDanceStudentlearninginterestisoneoftheimportantthingsinthelearningprocess.Onewaytoincreasestudentsinterestinlearningbymakingthemhappyandinterestedtofollowthelessonbyusingtherightmethodoflearning.RelatedtothatitisnecessarytodiscussabouttheinfluenceofRolePlayinglearningmethodsonstudentlearninginterest.ThisresearchwasconductedwiththeaimtodescribetheinfluenceofRolePlayinglearningmethodtothestudentslearninginterestinartandcultureclass(danceart)classVIIinSMPNegeri1Malang.ThisstudyalsoaimstodescribewhetherthegrouptaughtbyusingRolePlayingmethodhasaninterestinlearningartandculture(dance)ishigherthanthegroupthatisnottaughtbyusingRolePlayingmethod.ThisresearchusestrueexperimentalresearchdesignwithPretestPosttestControlGroupDesigntype.ThisstudyusedtwogroupsnamelythecontrolgroupandexperimentalgrouptreatedbyapplyingRolePlayingmethod.Thesamplesinthisstudywere74studentswith37studentsintheexperimentalgroupand37studentsinthecontrolgroup.Theinstrumentsusedinthisstudyarequestionnairesofinterestandinterviews.Statisticalanalysistechniqueofresearchdatausingdescriptiveanalysisbycomparingthemeanbetweentwogroups.Hypothesistestingisdonebyusingttest(t-test)withsignificancelevela005afterdoingprerequisitetestthatisnormalitytestandhomogeneitytest.Theresultofanalysisfromresearchdonegottheaveragescoreofinterestquestionnaireofdanceartsatthefinalconditionorafterbeingtreatedexperimentgrouphashigherresultthanthecontrolgroup.Theaveragescoreintheexperimentalgroupis64.5andthecontrolgroupis57.5.TheresultsofthisstudyshowthelearningmethodofRolePlayinghasaneffectontheinterestoflearningartandculture(dance)classVIIinSMPNegeri1Malang.GroupsthatweretaughtusingtheRolePlayingmethodhadaninterestinlearningdancearthigherthantheuneducatedgroupusingtheRolePlayingmethod.Basedont-testanalysisobtainedtcountof6.129ttable1.666andsignificancevaluetis0000