Strategi pembelajaran reog mini pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SMPN 1 Ponorogo / Vivin Oktavia Dwi Kartikasari

Main Author: Kartikasari, Vivin Oktavia Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13683/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSariVivinOktaviaDwiKartika.2016.StrategiPembelajaranReogMiniPadaKegiatanEkstrakurikulerSeniTaridiSMPNegeri1Ponorogo.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.EndangWaraSuprihatinDyahPM.Pd(II)RullyA.ZandraM.SnM.PdKatakunciStrategiPembelajaranReogMiniEkstrakurikulerSMPNegeri1PonorogoSMPNegeri1PonorogomerupakansalahsatupendidikanformalyangmemilikikegiatanekstrakurikulerReogMini.Sejakawaltahun2009-2015diadakannyafestifalReogMinidikabupatenPonorogoSMPNegeri1Ponorogomendapatkanjuara1secaraberturut-turutpadafestivalReogMini.GuruekstrakurikulerReogMinidiSMPNegeri1PonorogodapatmenciptakanberbagaiprestasibagiSMPNegeri1Ponorogo.HaltersebutmenjadisebuahpertanyaanstrategiapakahyangdigunakanolehguruektrakurikulerdiSMPNegeri1Ponorogo.TujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikanpengorganisasianpembelajaranReogMinipenyampaianpembelajaranReogMinidanpengelolaaanpembelajaranReogMinipadakegiatanekstrakurikulerReogMinidiSMPNegeri1Ponorogo.Pengorganisaianpembelajaranmeliputiperencanaanpembelajaran.Penyampaianpembelajarandilakukandalamtigalangkahyaitukegiatanawalintidanakhir.Pengelolaanpembelajaranmeliputipengelolaanruangdansiswa.Metodepenelitianinimenggunakanjenispenelitiankualitatif.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaradandokumentasidalambentukfotodanvideo.Instrumenpenelitianadalahpenelitisendiri.AnalisisdatayangdilakukanmenggunakanjenisanalisisMilesdanHuberman.Pengecekankeabsahandatadilakukandenganmenggunakantriangulasisumberdantriangulasiteknikataumetode.HasilpenelitianiniadalahsebagaiberikutstrategipembelajaranektrakurikulerReogMinidiSMPNegeri1Ponorogomencakup(1)pengorganisasianpembelajaranguruekstrakurikulerReogMinitidakmembuatperencanaanpembelajaranberupaRPPakantetapimembuatprogramkerjayangdibuatolehgurusekolahmemberikankebebasanpadaguruuntukmengembangkanmateridalamprosespembelajarannyasendiri(2)PenyampaianpembelajaranmateriReogMinidenganmenggunakanmetodeceramahdrilldandemonstrasidan(3)Padapengelolaanpembelajarangurumengarahpadapengelolaanruangdanpengelolaansiswa.Pengelolaanruangmengacupadapengkondisianruanganyangdipakaiagarterciptasuasananyamanpadasaatprosespembelajaranberlangsung.Sedangkanpengelolaansiswalebihmengacupadabagaimanagurudapatmengatasipermasalahanindividudanpermasalahankelompokyangterjadidalamkelassehinggaseluruhsiswadapatmemahamimateriyangdiberikanolehgurutanpapengecualian.KesimpulanpenelitiandapatdisimpulkanbahwaterdapattigahalpokokdalamstrategipembelajaranReogMiniyaitupengorganisasianpembelajaranpenyampaianpembelajarandanpengelolaanpembelajaran.Sarandarihasilpenelitiantersebutadalah(1)Bagipenelitiansejenisdapatmenjadiacuanpenelitian(2)Untukinstansipendidikanyangterkaitupayaguruekstrakurikulerdalammempertahankanprestasidapatdiapresiasisehinggapembelajaransenitaribisatercapaimaksimaldan(3)UntukkegiatanReogMiniditingkatSMPbagaimanacaranyaanakusia12-14tahunmembawakantariDadakMerakyangberukuran25-30kg.