Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan menghafal gerak dalam kegiatan ekstrakurikuler tari di SMPN 1 Bandung Kabupaten Tulungagung / Okky Dian Pranata

Main Author: Pranata, Okky Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13658/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPranataOkkyDian.2016.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeSTADuntukMeningkatkanKemampuanMenghafalGerakdalamKegiatanEkstrakurikulerTaridiSMPN1BandungKabupatenTulungagung.Skripsi.JurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.PurwatiningsihM.Pd(II)HartonoS.SnM.Sn.KataKunciPeningkatankemampuanmenghafalgerakekstrakurikulertarimodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.KemampuanmenghafalgerakpadasiswaekstrakurikulertaridiSMPN1BandungKabupatenTulungagungterbilangcukuprendah.Halinidapatdiketahuidarirata-rataketuntasanhasilbelajarsiswayangtidakmemenuhiSKM75.Halinidisebabkanolehmodelpembelajaranyangdigunakanguruekstrakurikulerkurangtepatdankurangmenarik.Selainitusiswakurangseriusdalammengikutikegiatanekstrakurikulertari.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanmenghafalgerakpadasiswaekstrakurikulertaridenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.JenispenelitianyangdigunakanadalahjenisPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandalam2siklustindakan.Setiapsiklusmeliputiempattahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaantindakan(3)pengamatandan(4)refleksi.Sedangkanteknikpengumpulandatamenggunakanteknikobservasiwawancaradokumentasidantesperbuatan.Penelitiantindakankelasinidilaksanakanolehpenelitibertindaksebagaiguruekstrakurikulertari.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanmenghafalgerakpadasiswaekstrakurikulertarimengalamipeningkatanyangbisadilihatdarihasilbelajarsiswa.HalinidapatdilihatdarijumlahketuntasanbelajarsiswapadasiklusIdenganrata-rata7517danmeningkatpadasiklusIIdenganrata-rata79.BerdasarkandatayangdiolahmenggunakanrumuspersentasediketahuihasilbelajarsiswadarikondisiawalhinggasiklusIImengalamipeningkatanyaitudarikondisiawalyangketuntasanhasilbelajarsiswa353%meningkatdisiklusImenjadi5882%dansemakinmeningkatdisiklusII8235%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwadenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkankemampuanmenghafalgerakpadasiswaekstrakurikulertari.BerdasarkanhasilpenelitianinipemilihanpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADsebagaisaranagargurudituntutuntuklebihkreatifdaninovatifdalammenerapkanvariasimodelpembelajarankhususnyadiekstrakurikulertari.