Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan menghafal gerak dalam kegiatan ekstrakurikuler tari di SMPN 1 Bandung Kabupaten Tulungagung / Okky Dian Pranata
Main Author: | Pranata, Okky Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13658/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPranataOkkyDian.2016.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeSTADuntukMeningkatkanKemampuanMenghafalGerakdalamKegiatanEkstrakurikulerTaridiSMPN1BandungKabupatenTulungagung.Skripsi.JurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.PurwatiningsihM.Pd(II)HartonoS.SnM.Sn.KataKunciPeningkatankemampuanmenghafalgerakekstrakurikulertarimodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.KemampuanmenghafalgerakpadasiswaekstrakurikulertaridiSMPN1BandungKabupatenTulungagungterbilangcukuprendah.Halinidapatdiketahuidarirata-rataketuntasanhasilbelajarsiswayangtidakmemenuhiSKM75.Halinidisebabkanolehmodelpembelajaranyangdigunakanguruekstrakurikulerkurangtepatdankurangmenarik.Selainitusiswakurangseriusdalammengikutikegiatanekstrakurikulertari.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanmenghafalgerakpadasiswaekstrakurikulertaridenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.JenispenelitianyangdigunakanadalahjenisPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandalam2siklustindakan.Setiapsiklusmeliputiempattahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaantindakan(3)pengamatandan(4)refleksi.Sedangkanteknikpengumpulandatamenggunakanteknikobservasiwawancaradokumentasidantesperbuatan.Penelitiantindakankelasinidilaksanakanolehpenelitibertindaksebagaiguruekstrakurikulertari.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanmenghafalgerakpadasiswaekstrakurikulertarimengalamipeningkatanyangbisadilihatdarihasilbelajarsiswa.HalinidapatdilihatdarijumlahketuntasanbelajarsiswapadasiklusIdenganrata-rata7517danmeningkatpadasiklusIIdenganrata-rata79.BerdasarkandatayangdiolahmenggunakanrumuspersentasediketahuihasilbelajarsiswadarikondisiawalhinggasiklusIImengalamipeningkatanyaitudarikondisiawalyangketuntasanhasilbelajarsiswa353%meningkatdisiklusImenjadi5882%dansemakinmeningkatdisiklusII8235%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwadenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkankemampuanmenghafalgerakpadasiswaekstrakurikulertari.BerdasarkanhasilpenelitianinipemilihanpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADsebagaisaranagargurudituntutuntuklebihkreatifdaninovatifdalammenerapkanvariasimodelpembelajarankhususnyadiekstrakurikulertari.