Pemanfaatan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif tari topeng bapang kemasan 4 menit pada kelas VII SMP Negeri 2 Kepanjen Kabupaten Malang / Meru Widya Anggraeni
Main Author: | Anggraeni, Meru Widya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13603/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnggraeniMeruWidya.2015.PemanfaatanMediaAudiovisualuntukMeningkatkanHasilBelajarRanahKognitifTariTopengBapangKemasan4menitPadaKelasVIIASMPNegeri2KepanjenKabupatenMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.E.W.SuprihatinD.P.M.Pd(II)TriWahyuningtyasS.PdM.siKataKunciAudiovisualBelajarkognitifTopengBapangSMPPembelajaransenitarikelasVIIApadamateritariBapangkemasan4menitkurangmencapaihasilbelajaryangmaksimal.Halinidapatterlihatdarihasilbelajarsiswadalamraporsemester1bahwahanya3dari25siswayangmendapatnilaidiatasKKM.Kurangnyahasilbelajarsiswainidisebabkansaatmendapatkanmateridaripenyampaiangurusiswakurangtertarikdankurangmemilikikesadaranuntukmencatathal-halyangpenting.Gurukurangmenggunakanmediayangmenarikdankurangmemberikanresponpositifkepadasiswapadasaatpembelajaransehinggasiswacepatbosandanakhirnyakurangmemperhatikanapayangsudahdisampaikanolehguru.MakaperluadanyamediaaudiovisualuntukmeningkatkanpemahamansiswatentangtaritopengBapangkemasan4menit.TujuandaripenelitianiniadalahmeningkatkanpemahamansiswadenganmemanfaatkanmediaaudiovisualdenganmenggunakanvideopembelajarantaritopengBapangkemasan4menit.PenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitianTindakanKelas(PTK)dilakukansecarabersiklussesuaidenganteoriArikuntoyangdilaksanakansebanyakduasiklusyaitusiklusIdansiklusII.Kegiatandalamsetiapsiklusdilakukandengantahapperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniadalahmelaluiobservasiwawancaradokumentasidantes.HasilpenelitiandalammeningkatkanhasilbelajarkognitifdenganmemanfaatkanaudiovisualberupamediapembelajarantaritopengBapangkemasan4menitpadapembelajaransenitarimengalamipeningkatanyaituketuntasanbelajardaripratindakansebanyak12%padapelaksanaansiklusImengalamipeningkatanyaitumemperolehketuntasanbelajarsebesar60%dengannilairata-rata77dilanjutkanpadasiklusIIdenganketuntasanbelajarmencapai23siswasebesar92%dengannilairata-rata91.Jadimengalamipeningkatansebanyak38%.PembelajaranSeniTaridenganmemanfaatkanmediaaudiovisualsudahberhasilmeningkatkanpemahamansiswa.Halinidapatdilihatdarihasilbelajarsiswamencapaiketuntasanyangmemuaskan.MemanfaatkanaudiovisualberupamediapembelajarantaritopengBapangkemasan4menityangdapatdijadikanalternatifpertimbangandalampenggunaanvariasipembelajarangunameningkatkanhasilbelajarsiswa.