Hubungan manajemen pusat karir mahasiswa, jiwa kewirausahaan, lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan, dan minat berwirausaha terhadap perencanaan karir masa depan mahasiswa Universitas Negeri Malang / Maulana Amirul Adha

Main Author: Adha, Maulana Amirul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/135742/
Daftar Isi:
  • RINGKASANLailiyahNur.2020.PenyelenggaraanKegiatanPembelajaranProgramPendidikanKesetaraanPaketCdiPKBMAl-KhodijahKotaMalang.SkripsiJurusanPendidikanLuarSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.H.SuciptoM.S(2)EdiWidiantoS.PdM.Pd.KataKunciPusatKegiatanBelajarMasyarakatPenyelenggaraanPembelajaranPaketCPusatKegiatanBelajarMasyarakat(PKBM)merupakansatuanpendidikannonformal(PNF)yangmemberikankesempatanbelajarseumurhidupbagimasyarakat.SalahsatuPKBMyangadadiKotaMalangyakniPKBMAl-KhodijahyangterletakdiDesaGenenganGirimoyoKecamatanKarangPloso-Malang.KondisiPKBMAl-Khodijahkurunwaktuempattahunterakhirmengalamiperkembangandaritingkatpartisipasiwargabelajaryangsemakinmeningkatsetiaptahunnya.DiPKBMAl-KhodijahterdapatberbagaimacampenyelenggaraankegiatanpembelajaransalahsatunyapadaprogrampendidikankesetaraanpaketC.Penyelenggaraankegiatanpembelajaranmerupakanprosestransformasiilmupengetahuan(kognisi)prosesperubahansikap(afeksi)sertaketerampilan(psikomotor)daritutorkepadawargabelajar/subjekdaripelaksanaanpembelajaran.Penyelenggaraankegiatanpembelajaranberkesinambungandenganadanyakomponenpembelajaran.Komponenmerupakansuatusistemyangutuhdansalingmendukungsatusamalain.Adapunkomponentersebutmeliputitujuanpembelajaranwargabelajartutorbahanajar/materipelajaran/kurikulumpendekatanataumetodemediaataualatsaranaprasaranasertaevaluasipembelajaran.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenyelenggaraankegiatanpembelajaranprogrampendidikankesetaaranpaketCdiPKBMAl-Khodijah.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganmetodedeskriptifteknikpengumpulandatadilakukandenganobservasiwawancaradandokumentasi.SubyekpenelitianterdiridariKetuaPKBMsekaligustutorduatutordantigawargabelajar.Teknikpengumpulandatayangdigunakanwawancaraobservasidandokumentasi.Datadianalaisismenggunakanreduksidatapenyajiandatapenarikankesimpulan/verifikasi.Teknikyangdigunakanuntukpengecekankeabsahandata(temuan)dalampenelitianiniadalahtriangulasisumberdantriangulasimetode/teknik.HasilpenelitianyangdiperolehadalahgunameningkatkanpartisipasisertaminatbelajardariwargabelajartutormembangunsituasipembelajaranyangdinamisdanaktifmelaluiinovasilayanankonselingsertametodekonselingdalamprosespenyelenggaraanpembelajaransehinggaberdampakpositifbagihasilbelajarprogrampendidikankesetaraanpaketC.Layanankonselingmampumembangunkedekatanemosionalantaratutordanwargabelajarsedangkanmetodekonselingbisamembangunkedinamisaniklimbelajar.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkankegiatanpembelajaranprogrampendidikankesetararanpaketCsesuaibagiwargabelajar.Sehinggakomponenpembelajaransatudenganlainnyaharussalingbersinergiutamanyaantaratutordanwargabelajar.