Meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran seni tari materi ekspresi melalui metode tutor sebaya di kelas VIII-G SMP Negeri 7 Malang / Ulfa Nurul Ieda
Main Author: | Ieda, Ulfa Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13559/ |
Daftar Isi:
- NurulIedaUlfa.2013.MeningkatkanKerjasamadanHasilBelajarSiswapadaPembelajaranSeniTariMateriEkspresiMelaluiMetodeTutorSebayadiKelasVIII-GSMPN7Malang.Skripsi.JurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.IdaSitiHerawatiM.Pd(II)TriWahyuningtyasS.PdM.Si.KataKunciPembelajaransenitarimetodetutorsebayameningkatkankerjasamahasilbelajarmateriekspresi.PenerapanmetodepembelajaranyangbelumdapatmeningkatkankerjasamadanhasilbelajarsiswapadamatapelajaransenitarimateriekspresimerupakansalahsatumasalahyangterjadidikelasVIII-GSMPNegeri7Malang.UntukituperluadanyaupayamengatasimasalahtersebutyaitudenganmenggunakanmetodeTutorSebaya.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)peningkatankerjasamasiswasetelahpenerapanmetodeTutorSebayapadamatapelajaransenitarimateriekspresipadasiswakelasVIII-GdiSMPNegeri7Malang(2)peningkatanhasilbelajarsetelahpenerapanmetodeTutorSebayapadamatapelajaransenitarimateriekspresipadasiswakelasVIII-GdiSMPNegeri7Malang.JenispenelitianyangdigunakanadalahjenisPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandalam2siklustindakan.PelaksanaanPTKmeliputiempattahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaantindakan(3)pengamatandan(4)refleksi.Sedangkanteknikpengumpulandatamenggunakanteknikobservasiangkettesdancatatanlapangan.Penelitiantindakankelasinidilaksanakanolehpenelitiyangberkolaborasidengangurumatapelajaransenitari.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakerjasamadanhasilbelajarmengalamipeningkatansetelahmenggunakanmetodeTutorSebaya.HalinidapatdilihatdarijumlahketercapaiankerjasamasiswapadasiklusIdenganskor8197danmeningkatpadasiklusIIdenganskor891.Sedangkannilaihasilbelajarsiswamenunjukkanpeningkatandarinilairata-ratatesakhirsetiapsiklusyaitusiklusInilairata-ratanya778dansiklusIInilairata-ratanya843.Selisihnilairata-ratakelasdaripratindakankesiklusIsebesar1037dandaripratindakankesiklusIIsebesar1687.BerdasarkandatayangdiolahmenggunakanrumuspersentasepeningkatandiketahuipeningkatanhasilbelajardaripratindakankesiklusIsebesar1538%dandaripratindakankesiklusIIsebesar2002%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwadenganmenerapkanmetodeTutorSebayadapatmeningkatkankerjasamadanhasilbelajarsiswapadamateriekspresisenitari.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagargurumenerapkanpembelajarandenganmenggunakanmetodeTutorSebayasebagaivariasimetodepembelajaranuntukmeningkatkankerjasamadanhasilbelajarsiswa.MeskipundilaksanakandisatukelastetapisebagaialternatifmetodepembelajaranTutorSebayabisadigunakanuntukpembelajaransenitariutamanyataritradisional.