Pengembangan media pembelajaran Tari Topeng Grebeg Sabrang berbasis powerpoint interaktif untuk menunjang pembelajaran Seni Budaya di tingkat SMP / Maria Ulfa Yudha Julistiyana

Main Author: Julistiyana, Maria Ulfa Yudha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13552/
Daftar Isi:
  • JulistiyanaM.U.Y.2013.PengembanganMediaPembelajaranTariTopengGrebegSabrangBerbasisPowerpointInteraktifUntukMenunjangPembelajaranSeniBudayaDiTingkatSMP.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MoeljadiPranataM.Pd(II)WidaRahayuningtyasS.PdM.Pd.KataKuncipengembanganmediapowerpointtaritopenggrebegsabranganakSMP.KeterbatasanwaktupembelajaranmengekspresikankaryasenitarididalamkelasmenjadialasandasaryangperludiperhatikandanditindaklanjutimelaluipenelitianpengembanganpadasiswaSMPkelasVIIini.Mengingatpembelajaranekspresisangatlahpentinguntukberkreasidanberaktifitas.TujuanpenelitianadalahmenghasilkanmediapembelajarantaritopenggrebegsabrangsebagaiupayapembelajaranpadasiswaSMPdangenerasimudalainnyaselainitujugasebagaiupayauntukmengenalkandanmembekaliketerampilanpadasiswatentangmatapelajaransenibudayaterutamasenitariyangdapatmeningkatkankreativitassiswadalamhalberekpresi.ModelpengembanganyangdigunakanFour-DModeldikembangkanolehSivasailamThiagarajanDhorothyS.SemmeldanMelvynI.Semmel(1974)yangdimodifikasidenganpenjabaran4tahappengembanganyaituDefineDesignDevelopdanDisseminateataudiadaptasimenjadimodel4-Dyaitupendefinisianperancanganpengembangandanpenyebaran.Validasimeliputi2ahlimedia1ahlimateridan3ujicobaperoranganserta10ujicobakelompokkecil.Ujicobaprodukdilakukandenganlapangankecil.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisiskualitatifdarihasilevaluasimasukandansarandariahli.Berdasarkanhasildatayangdiperolehmakadapatdisimpulkanbahwahasilmediapembelajaraniniadalahberupapowepointinteraktifdanmediapowerpointinteraktifinilayakdigunakansebagaimediapembelajarandenganrata-ratatotalsebesar(8903%)dandinyatakanvalidsebagaimediapembelajaranpowerpointinteraktifbagisiswaSMPkelasVII.Mediapowerpointinteraktifinimemilikikelebihandankelemahan.Kelebihannyaadalah(1)mediabersifatpraktisdapatdigunakankapansajadandimanasaja(2)bisamenjadimediapembelajaransecaraindividusehinggasiswadapatbelajarkapansaja(3)selainuntukpembelajaransiswaSMPmediainijugadapatdigunakanpadapembelajaransanggartarisehinggamemudahkansiswasertaguruuntuklebihmemahamiSedangkankelemahannyaadalah(1)mediainihanyadioperasikandenganperangkatkomputeryangmempunyaisoftwareMicrosoftOfficedidalamnya(2)terbatasnyajangkauanuntukmengevaluasipembelajaranmenggunakanstandarkompetensiekspresi.