Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model group investigation untuk meningkatkan aktivits dan hasil belajar seni tari materi ekspresi pada siswa kelas VII-D SMP 2 Tumpang Kab. Malang / Elis Yuliani
Main Author: | Yuliani, Elis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13507/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipembelajarankooperatifmodelGroupInvestigationaktivitassiswadanhasilbelajarBerdasarkanhasilwawancaradanobservasilangsungdiketahuibahwahasilbelajarsiswakelasVII-DSMPN2TumpangKab.Malangcukuprendah.Halinidapatdilihatdarirata-ratakelasVII-DuntukmatapelajaranSeniBudayasebesar734dibawahStandartKetuntasanMinimal(SKM)yaitu75.Hasilbelajaryangrendahinidisebabkanolehbeberapafaktorantaralainmodelpembelajaranyangmasihdidominasiolehgurumetodepembelajarankurangbervariasidankelasyangseringkosong.Akibatnyasiswamenjadipasifdanminatsiswacenderungbosandalammengikutiprosespembelajaran.Padasaatprosesbelajarmengajarsiswaseringtidakmemperhatikanpenjelasangurumerekamengobroldenganteman.BerdasarkanpermasalahantersebutmakauntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadapenelitianmelaluipenerapanmodelpembelajaranGroupInvestigation.ModelGroupInvestigation(GI)merupakanperencanaanpengaturankelasyangumumdimanaparasiswabekerjadalamkelompokuntukmenginformasikanhasilinvestigasimasalahkepadakelompoklain.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsenitarimateriekspresidenganmodelpembelajaranGroupInvestigation.JenispenelitianyangdigunakanadalahjenisPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandalam2siklustindakan.Tiapsiklusterdiridariempattahapanyaituobservasiperencanaanpelaksanaandanrefleksi.Pengumpulandatamenggunakanobservasitidaklangsungcatatanlapanganangketdandokumentasi.Pengumpulandatamenggunakantespraktekdokumendaftarnilaidanlembarobservasi.Penelitiantindakankelasinipenelititerlibatlangsungpadaprosespenelitiandariawalhinggaberakhirnyapenelitiandanpelaporan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasdanhasilbelajarmengalamipeningkatan.HalinidapatdilihatdaripresentaseketercapaianaktivitasbelajarsiswapadasiklusIrata-rata408%danmeningkatmenjadi678%padasiklusIIyangmengalamipeningkatansebesar27%.Hasilbelajarsiswamenunjukkanpeningkatandaripresentasenilairata-ratatesakhirsetiapsiklusyaitudarisiklusIkesiklusIImasing-masingnilairata-ratanya7343dan7786.Selisihrata-ratakelassiklusIkesiklusIIsebesar443.BerdasarkandatayangdiolahmenggunakanrumuspersentasepeningkatandiketahuipeningkatanhasilbelajardarisiklusIkesiklusIIadalahsebesar603%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwadenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigationdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateriekspresisenitari.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagargurumenggunakanberbagaimacamvariasimodelpembelajaranuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.PenerapanpembelajarankooperatifdenganmodelGroupInvestigationdapatdijadikanalternatifpertimbangandalampenggunaanvariasimodelpembelajaran.