Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model group investigation untuk meningkatkan aktivits dan hasil belajar seni tari materi ekspresi pada siswa kelas VII-D SMP 2 Tumpang Kab. Malang / Elis Yuliani

Main Author: Yuliani, Elis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13507/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajarankooperatifmodelGroupInvestigationaktivitassiswadanhasilbelajarBerdasarkanhasilwawancaradanobservasilangsungdiketahuibahwahasilbelajarsiswakelasVII-DSMPN2TumpangKab.Malangcukuprendah.Halinidapatdilihatdarirata-ratakelasVII-DuntukmatapelajaranSeniBudayasebesar734dibawahStandartKetuntasanMinimal(SKM)yaitu75.Hasilbelajaryangrendahinidisebabkanolehbeberapafaktorantaralainmodelpembelajaranyangmasihdidominasiolehgurumetodepembelajarankurangbervariasidankelasyangseringkosong.Akibatnyasiswamenjadipasifdanminatsiswacenderungbosandalammengikutiprosespembelajaran.Padasaatprosesbelajarmengajarsiswaseringtidakmemperhatikanpenjelasangurumerekamengobroldenganteman.BerdasarkanpermasalahantersebutmakauntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadapenelitianmelaluipenerapanmodelpembelajaranGroupInvestigation.ModelGroupInvestigation(GI)merupakanperencanaanpengaturankelasyangumumdimanaparasiswabekerjadalamkelompokuntukmenginformasikanhasilinvestigasimasalahkepadakelompoklain.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsenitarimateriekspresidenganmodelpembelajaranGroupInvestigation.JenispenelitianyangdigunakanadalahjenisPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandalam2siklustindakan.Tiapsiklusterdiridariempattahapanyaituobservasiperencanaanpelaksanaandanrefleksi.Pengumpulandatamenggunakanobservasitidaklangsungcatatanlapanganangketdandokumentasi.Pengumpulandatamenggunakantespraktekdokumendaftarnilaidanlembarobservasi.Penelitiantindakankelasinipenelititerlibatlangsungpadaprosespenelitiandariawalhinggaberakhirnyapenelitiandanpelaporan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasdanhasilbelajarmengalamipeningkatan.HalinidapatdilihatdaripresentaseketercapaianaktivitasbelajarsiswapadasiklusIrata-rata408%danmeningkatmenjadi678%padasiklusIIyangmengalamipeningkatansebesar27%.Hasilbelajarsiswamenunjukkanpeningkatandaripresentasenilairata-ratatesakhirsetiapsiklusyaitudarisiklusIkesiklusIImasing-masingnilairata-ratanya7343dan7786.Selisihrata-ratakelassiklusIkesiklusIIsebesar443.BerdasarkandatayangdiolahmenggunakanrumuspersentasepeningkatandiketahuipeningkatanhasilbelajardarisiklusIkesiklusIIadalahsebesar603%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwadenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigationdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateriekspresisenitari.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagargurumenggunakanberbagaimacamvariasimodelpembelajaranuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.PenerapanpembelajarankooperatifdenganmodelGroupInvestigationdapatdijadikanalternatifpertimbangandalampenggunaanvariasimodelpembelajaran.