Pembelajaran tari sanduk sebagai materi ajar muatan lokal di SMP Arjuno kelas VII Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu / Mieke Depy Setiyorini
Main Author: | Setyorini, Mieke Depy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13503/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPembelajaranTariSandukMuatanLokalBatuadalahdaerahyangmemilikiberagamkeseniandansalahsatunyaadalahkesenianSanduk.KesenianSandukterbagiatastariSandukdanmusikpengiring.TariSandukberkembangdiDesaTulungrejoKecamatanBumiajiKotaBatu.UntukmelestarikankeseniandaerahtersebutmakatariSandukdipilihsebagaimateriajarmuatanlokaldiSMPArjunoDesaTulungrejoKecamatanBumiajiKotaBatu.DandiSMPArjunoinimerupakansatu-satunyasekolahyangterdapatmatapelajaranmuatanlokaltariSanduk.Tujuanpenelitianiniuntukmendapatkantentanginformasi(1)BentukpenyajiantarisandukyangdiajarkandiSMPArjunokelasVIIDesaTulungrejoKecamatanBumiajiKotaBatu(2)PelaksanaanpembelajarantariSandukdiSMPArjunokelasVIIDesaTulungrejoKecamatanBumiajiKotaBatuyangmeliputipersiapandanpenyampaianmateriajartarisandukpadamatapelajaranmuatanlokaltersebut.Pendekatanyangdigunakanadalahkualitatifdanjenispenelitiandeskriptif.Subyekpenelitiangurudansiswa.Prosedurpengumpulandatadilakukandenganmetodeobservasiwawancaradandokumentasi.Analisisyangdigunakandenganmengorganisasikandatamengelompokandatasertaklasifikasidatamemaparkandatadanmenarikkesimpulan.Darihasilpenelitianinimencakupduahalmendasaryaitu(1)BentukPenyajiantariSandukyangmeliputimotifgerakragamgeraktatariasdantatabusanasertamusikiringan(2)PelaksanaanpembelajarantariSandukyangmeliputipersiapanpembelajarantariSandukdanpenyampaianmateriajartariSanduk.PersiapanpembelajarantariSandukdiSMPArjunoberlangsungsesuaidenganperangkatyangdisusunyaituSILABUSdanRPPPenyampaianpembelajarantariSandukterdiridari(1)Kegiatanpembukakegiatanintidankegiatanpenutup(2)StrategipembelajarantariSandukmenggunakanstrategipengenalan(3)MetodepembelajarantariSandukmenggunakanmetodeceramahtanyajawabdemonstrasidrilldankerjakelompok(4)MediapembelajarantariSandukberupavideotarisanduktelevisiVCDPlayergamelankasetpitatapedanpopertytarisertasaranadanprasaranaberuparuangkesenian(5)Pengelolaankelasyangdilaksanakanolehgurumeliputi(1)Pemberianmotivasidan(2)Menciptakankelaskondusifdanproduktif.BeberapasaranyangdiberikanpenulisdiharapkanmaterimuatanlokaldiSMPArjunosebaiknyamenjadipanutanbagiseluruhSMPSe-KotaBatukarenamenjadisalahsalahsatusekolahyangterdapatmatapelajaranmuatanlokaltariSandukagarparasiswadapatmelestarikanbudayabangsa.Dandenganadanyapenelitianinibahwamuatanlokalmerupakansuatubentukupayanyatalembagapendidikanuntukikutmelestarikankeseniandaerahsetempat.