Pembelajaran tari sanduk sebagai materi ajar muatan lokal di SMP Arjuno kelas VII Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu / Mieke Depy Setiyorini

Main Author: Setyorini, Mieke Depy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13503/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajaranTariSandukMuatanLokalBatuadalahdaerahyangmemilikiberagamkeseniandansalahsatunyaadalahkesenianSanduk.KesenianSandukterbagiatastariSandukdanmusikpengiring.TariSandukberkembangdiDesaTulungrejoKecamatanBumiajiKotaBatu.UntukmelestarikankeseniandaerahtersebutmakatariSandukdipilihsebagaimateriajarmuatanlokaldiSMPArjunoDesaTulungrejoKecamatanBumiajiKotaBatu.DandiSMPArjunoinimerupakansatu-satunyasekolahyangterdapatmatapelajaranmuatanlokaltariSanduk.Tujuanpenelitianiniuntukmendapatkantentanginformasi(1)BentukpenyajiantarisandukyangdiajarkandiSMPArjunokelasVIIDesaTulungrejoKecamatanBumiajiKotaBatu(2)PelaksanaanpembelajarantariSandukdiSMPArjunokelasVIIDesaTulungrejoKecamatanBumiajiKotaBatuyangmeliputipersiapandanpenyampaianmateriajartarisandukpadamatapelajaranmuatanlokaltersebut.Pendekatanyangdigunakanadalahkualitatifdanjenispenelitiandeskriptif.Subyekpenelitiangurudansiswa.Prosedurpengumpulandatadilakukandenganmetodeobservasiwawancaradandokumentasi.Analisisyangdigunakandenganmengorganisasikandatamengelompokandatasertaklasifikasidatamemaparkandatadanmenarikkesimpulan.Darihasilpenelitianinimencakupduahalmendasaryaitu(1)BentukPenyajiantariSandukyangmeliputimotifgerakragamgeraktatariasdantatabusanasertamusikiringan(2)PelaksanaanpembelajarantariSandukyangmeliputipersiapanpembelajarantariSandukdanpenyampaianmateriajartariSanduk.PersiapanpembelajarantariSandukdiSMPArjunoberlangsungsesuaidenganperangkatyangdisusunyaituSILABUSdanRPPPenyampaianpembelajarantariSandukterdiridari(1)Kegiatanpembukakegiatanintidankegiatanpenutup(2)StrategipembelajarantariSandukmenggunakanstrategipengenalan(3)MetodepembelajarantariSandukmenggunakanmetodeceramahtanyajawabdemonstrasidrilldankerjakelompok(4)MediapembelajarantariSandukberupavideotarisanduktelevisiVCDPlayergamelankasetpitatapedanpopertytarisertasaranadanprasaranaberuparuangkesenian(5)Pengelolaankelasyangdilaksanakanolehgurumeliputi(1)Pemberianmotivasidan(2)Menciptakankelaskondusifdanproduktif.BeberapasaranyangdiberikanpenulisdiharapkanmaterimuatanlokaldiSMPArjunosebaiknyamenjadipanutanbagiseluruhSMPSe-KotaBatukarenamenjadisalahsalahsatusekolahyangterdapatmatapelajaranmuatanlokaltariSandukagarparasiswadapatmelestarikanbudayabangsa.Dandenganadanyapenelitianinibahwamuatanlokalmerupakansuatubentukupayanyatalembagapendidikanuntukikutmelestarikankeseniandaerahsetempat.