Survey pembelajaran seni budaya sub materi seni tari untuk kelas VIII di SMP Negeri 1 Kras Kediri / Dina Tri Mulyawanti

Main Author: Mulyawanti, Dina Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13499/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajaranSeniBudayaSeniTariPendidikansenibudayamerupakansalahsatumatapelajaranyangterdapatpadaprogrampendidikandasardanmenengahyangmengacupadaKurikulumBerbasisKompetensi(KBK)yaitukurikulumoperasionalyangdisusundandilaksanakandimasing-masingsatuanpendidikan.KBKinimerupakankurikulumyangjugamempunyaiorientasiterhadaplifeskillyaknikemampuandasaryangdiperolehdaripengalamanpribadibaikpengalamanyangadadisekolahmaupunpengalamandalamhidupbermasyarakatkemudianKBKinidisempurnakanlagidalamKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).Senitarimerupakansalahsatubagiandarimatapelajaransenibudayayangditerapkandisekolahumumsepertiyangadadisekolahmenengahpertama(SMP)dengantujuanmengapresiasikankaryasenitaridanmengekspresikannyamelaluikaryakaryayangdihasilkandaripengembangankemampuandasardankreativitasgerak.siswasecaramenyeluruh.KeikutsertaanSMPNegeri1KrasKediridalampembelajaransenitarimenjadibagiandarimatapelajaranpendidikansenibudayayaknisalahsatuusahasekolahuntukmengembangkanpotensisiswadalamberapresiasidanberkaryakreatifmelaluisenitari.Selainwawasannilai-nilaipendidikansenitarisecarasederhanadapatditemukanpadagerak-geraklembutataukasaraturan-aturantertentusikapgerakyangterkandungdidalamnyadankesemuanyaitudapatdiaplikasikanuntukmenanamkansikappercayadiridisiplindanketeguhanjiwaseorang(siswa).Penelitianinidiksanakandengantujuanuntukmengetahuidanmendiskripsikan(1)Perencanaan(2)Kecenderunganmetodeyangdigunakanguru(3)PelaksanaanpelajaransenibudayasubmaterisenitariuntukkelasVIIIdiSMPNegeri1KrasKediri.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatifdenganjenispenelitiansurvey.Teknikpengumpulandataberupaobservasiwawancaradandokumentasi.Analisisdatadilakukansecarabersamaanpadasaatdilakukanpenelitian.PenelitimengambillokasipenelitiandiSMPNegeri1KrasKediridengansumberdatagurusenitaridansiswakelasVIIIkhususnyakelasVIIIA.Untukmendapatkanvaliditasmakapenulismenggunakantriangulasidatasertaketekunandalampengamatan.Tahap-tahappenelitianantaralain(1)TahapPersiapan(2)PenyusunanRancanganPenelitian(3)Pelaksanaanpenelitian(4)PenyusunanLaporan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwagurusenitaritelahmembuatperangkatpembelajaransenitariyangterdiridariProgramTahunan(Prota)ProgramSemester(Promes)SilabusdanRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)sesuaidengankurikulumKTSP.ModelpembelajaranyangdigunakandalampembelajaransenibudayasubmaterisenitariadalahmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(TPS)karenamodelpembelajaraninimemilikiiibanyakmanfaatyangpositifdalampembelajaransenibudayasubmaterisenitari.PelaksanaanpembelajaransenitaribaikpadastandartkompetensimengapresiasikaryasenitarimaupunmengekspresikandirimelaluikaryasenitarikelasVIIIdiSMPNegeri1KrasKedirisudahberjalandengansangatbaikmeskipunadasedikitkendalanamuntidakbegituberpengaruhterhadapkegiatanbelajar.