Transformasi sistem kepercayaan dari animisme ke Islam di Cungkup Ngijo Desa Mayangrejo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro / Ahmad Sholihan

Main Author: Sholihan, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/133679/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSholihanAhmad.2019.TransformasiSistemKepercayaanDariAnimismeKeIslamDiCungkupNgijoDesaMayangrejoKecamatanKalitiduKabupatenBojonegoro.SkripsiJurusanSosiologiProgramStudiPendidikanSosiologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.NurHadiM.PdM.Si.KataKunciTransformasiAnimismeIslamAnimismetelahmewarnaikehidupanberagamasemuasukudiIndonesia.Bahkanhinggasaatinipuluhanjutamasyarakatmasihmenyandarkankeyakinanpadakepercayaanterhadapkekuatansupranaturalyangbertumpupadabenda-bendakramat(pohonbesarbatudansebagainya)yangtelahmendominasilandasanreligimasyarakatIndonesiasebelumagamaresmidatang.Islamsebagaiagamamayoritasmengambilporsiterbesardengansekitar87%masyarakatmengakusebagaiMuslim.MasuknyaIslamkeIndonesiamendorongpenganutanimismeuntukpindahpadakeyakinanbaruatauminimalmengadopsikonsep-konsepkeilahianagamabaruini.BentukAnimismeyangpernahmendominasikeyakinanmasyarakatdusunNgijoadalahkeperyaanbahwapohonTrembesiraksasayangadadidusuntersebutdidiamiolehrohhalusyangbisadipanggildandimintaipertolongansaatmerekamemilikikebutuhanataumasalahbesaryangharusdipecahkan.KeyakinaniniterusdipegangolehmasyarakatsebelumterjamaholehmasuknyaagamaIslam.SetelahmasuknyaIslammasyarakatmulaiberalihkeyakinandanmeninggalkanpraktik-praktiksesembahanterhadaprohpenunggupohon..Rumusanmasalahdalampenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)SejarahTransformasiKepercayaandiCungkupNgijo(2)ProsesTransformasiAgamadariAnimismekeIslamdiCungkupNgijo.Kualitatifdeskriptifdipilihsebagaisebagaimetodedalampenelitiankualitatifini.Prosedurpengumpulandatadenganobservasiwawancaradandokumentasi.AnalisisdatamenggunakanmodelinteraktifMilesandHuberman.TeoriyangdigunakanadalahTeoriPerubahanSosialPiereBourdieuyaituhabitusranahmodalyangmembentukpraktiksosial.Hasildalampenelitianiniadalah(1)MasyarakatdusunNgijomeyakinibahwasosokpenghuniCungkupNgijomerupakannenekmoyangmerekadanmenyebutnyambahbuyut.Keyakinantersebutdiiringidengankegiatanuntukslametanrutindanpenyembelihankurbandipohontrembesitempatmbahbuyuttersebut.TitikterangyangmenunjukkanmunculnyaperadabanaksarapertamadiDusunNgijoadalahsebuahPrasastiterlengkapyangditemukandidaerahNgijoadalahprasastiAdan-adan.Prasastitersebutditemukanpadatanggal2maret1992.prasastiAdan-adanditemukanpadajarak50MeterdariPohon.PrasastiAdan-AdandibuatatasperintahRadenWijayasebagaipeneguhananugerahtanahdesaadan-adanmenjaadisimaperdikanatauswatantrakepadaseorangpendetayangtelahberbaktidengansetiakepadaRadenWijaya.MasuknyaajaranislamyanglebihpuritanpadaakhirnyamempengaruhibentukritualdiCungkupNgijo.Kegiatanslametanyangbiasanyadilaksanakanditigatempatkramatyaitukuburanngijocungkupkramatdansumurpletingsecarapersuasifdipindahkankemusholaarrohman(sebelahpohontrembesi)padatahun1982untukmenghentikanritualritualyangdianggaptidaksesuaiajaranislam.(2)InteraksisosialdalamkehidupanmasyarakatdusunNgijomenimbulkanlahirnyaproses-prosestransformasiyangdidorongolehdinamikayangadadalammasyarakattersebutantaralainkontakdengankebudayaanislamdarieksternalPerkembangansistempendidikandanaksesterhadapilmupengetahuansikaptoleransitinggiyangdimilikiolehmasyarakatsistemstratifikasisosialyangterbukaketidakpuasanmasyarakatterhadapbidangkeagamaanyangsedangberjalansertaorientasipadamasadepan.Sarandalampenelitianiniadalah(1)BagiPemerintahDesaMayangrejoKecamatanKalitiduagarmerestorasidanmelestarikancungkupNgijosebagaisitussejarahtertuabagimasyarakatdesaMayangrejo.menduplikasiprasantiAdan-adanyangtelahdiboyongkemuseumnasionaldemimengedukasimasyarakatakansejarahdesanya.(2)Penelitiselanjutnyadisarankanagarmelanjutkanpenelitianinidenganfokusyanglainbertemasistemritualagamaditanahsimaperdikanadan-adanpengembanganwisatareligidicungkupNgijosertastrategidakwahislamdiDesaMayangrejo.