Pengembangan media mind map digital berbasis aplikasi mindjet mindmanager pada materi dinamika atmosfer kelas X / Selvi Nanda Oktavia
Main Author: | Oktavia, Selvi Nanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/132728/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANNandaSelvi.2019.PengembanganMediaMindmapDigitalBerbasisAplikasiMindjetmindmanagerPadaMateriAtmosferKelasX.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)ArdyantoTanjungS.PdM.Pd(2)ListyoYudhaIrawanS.PdM.PdM.Sc.Katakuncimindmapdigitalmindjetmindmanageratmosfer.MediapembelajaranyangdigunakandiSMApadapokokmateriatmosfermasihmenggunakanmediakonvensionalsepertibukucetakyangtidaksemuapesertadidikmemilikibukutersebut.Hasilobservasiyangpenulislakukanpesertadidiktidakmemilikipedomanbelajaryanglain.Selainitucatatandarigurudenganmodelpencatatanyangbanyaktanpaadarangkumansehinggapesertadidikmengalamikesulitanuntukmemahamimateri.Pengembanganmediabelajaryangdapatmemberikanpemahamanpesertadidikdenganmudahsangatdiperlukan.Adanyaperkembanganteknologisemakinberkembangpesatdanberpengaruhkedalamsegalaaspekkehidupantermasukpendidikanolehkarenaitupenulismengembangkanmediabelajarberupamindmapdigitalberbasismindjetmindmanager.Mediamindmapdapatmemberikanpemahamankarenamateripelajarandisusunsecararuntutdanberhubungansehinggapesertadidiklebihmudahmemahamimaterisecarakontekstual.Produkmindmapdigitalmenggunakanaplikasimindjetmindmanagersebagaiaplikasiutamadalampembuatanprodukmindmap.Mindjetmindmanageradalahsalahsatuprogrampresentasidalambentukmindmap(petapikiran).Mindjetmindmanagermemilikitampilanyangmenarikdanotomatissehinggapenggunaannyalebihmudah.Fituryangterdapatpadamindjetmindmanagerberupalinkgambarvideodokumennote(catatan)bentukbaganyangbervariasi.TujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukmindmapdigitalberbasisaplikasimindjetmindmanagersebagaimediabelajarpesertadidiktingkatSMAmatapelajarangeografikompetensidasardinamikaatmosferdanpengaruhterhadapkehidupandibumi.MediabelajartersebutdikembangkandenganmenggunakanmodelADDIEyangdimodifikasihanyapadabagianADD(AnalyzeDesignDevelopment).Produkmediabelajarinitelahdivalidasiolehvalidatorahlisebelumdiujicobakanyaituahlimateridanahlimediayangmasing-masingmemperolehnilai98%dan79%.Kemudianpenilaianatautanggapanprodukdaripesertadidikselakusubjekpenelitianmendapatkannilai8002%.Pesertadidikterbantudalammemahamimaterimenggunakanmindmapdigital.Secarakeseluruhanpengembanganmediabelajarmindmapdigitallayakdanefektifdigunakandalampembelajarandisekolahjugauntukmenghadapikebutuhanzamansekarang.Pengembanganmediabelajarmindmapdigitalinisangatdisarankankarenaefektifdanefisiensebagaimediabelajardigitalmasadepan.