Pengembangan media mind map digital berbasis aplikasi mindjet mindmanager pada materi dinamika atmosfer kelas X / Selvi Nanda Oktavia

Main Author: Oktavia, Selvi Nanda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/132728/
Daftar Isi:
  • RINGKASANNandaSelvi.2019.PengembanganMediaMindmapDigitalBerbasisAplikasiMindjetmindmanagerPadaMateriAtmosferKelasX.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)ArdyantoTanjungS.PdM.Pd(2)ListyoYudhaIrawanS.PdM.PdM.Sc.Katakuncimindmapdigitalmindjetmindmanageratmosfer.MediapembelajaranyangdigunakandiSMApadapokokmateriatmosfermasihmenggunakanmediakonvensionalsepertibukucetakyangtidaksemuapesertadidikmemilikibukutersebut.Hasilobservasiyangpenulislakukanpesertadidiktidakmemilikipedomanbelajaryanglain.Selainitucatatandarigurudenganmodelpencatatanyangbanyaktanpaadarangkumansehinggapesertadidikmengalamikesulitanuntukmemahamimateri.Pengembanganmediabelajaryangdapatmemberikanpemahamanpesertadidikdenganmudahsangatdiperlukan.Adanyaperkembanganteknologisemakinberkembangpesatdanberpengaruhkedalamsegalaaspekkehidupantermasukpendidikanolehkarenaitupenulismengembangkanmediabelajarberupamindmapdigitalberbasismindjetmindmanager.Mediamindmapdapatmemberikanpemahamankarenamateripelajarandisusunsecararuntutdanberhubungansehinggapesertadidiklebihmudahmemahamimaterisecarakontekstual.Produkmindmapdigitalmenggunakanaplikasimindjetmindmanagersebagaiaplikasiutamadalampembuatanprodukmindmap.Mindjetmindmanageradalahsalahsatuprogrampresentasidalambentukmindmap(petapikiran).Mindjetmindmanagermemilikitampilanyangmenarikdanotomatissehinggapenggunaannyalebihmudah.Fituryangterdapatpadamindjetmindmanagerberupalinkgambarvideodokumennote(catatan)bentukbaganyangbervariasi.TujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukmindmapdigitalberbasisaplikasimindjetmindmanagersebagaimediabelajarpesertadidiktingkatSMAmatapelajarangeografikompetensidasardinamikaatmosferdanpengaruhterhadapkehidupandibumi.MediabelajartersebutdikembangkandenganmenggunakanmodelADDIEyangdimodifikasihanyapadabagianADD(AnalyzeDesignDevelopment).Produkmediabelajarinitelahdivalidasiolehvalidatorahlisebelumdiujicobakanyaituahlimateridanahlimediayangmasing-masingmemperolehnilai98%dan79%.Kemudianpenilaianatautanggapanprodukdaripesertadidikselakusubjekpenelitianmendapatkannilai8002%.Pesertadidikterbantudalammemahamimaterimenggunakanmindmapdigital.Secarakeseluruhanpengembanganmediabelajarmindmapdigitallayakdanefektifdigunakandalampembelajarandisekolahjugauntukmenghadapikebutuhanzamansekarang.Pengembanganmediabelajarmindmapdigitalinisangatdisarankankarenaefektifdanefisiensebagaimediabelajardigitalmasadepan.