Pengaruh model pembelajaran earth science system in the community (Earthcomm) berbantuan citra google earth pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir spasial siswa MAN 3 Kediri / Fitra Arief Syaviar
Main Author: | Syaviar, Fitra Arief |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/132472/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANSyaviarFitraArief.2019.PengaruhModelPembelajaranEarthScienceSystemInTheCommunity(EarthComm)BerbantuanCitraGoogleEarthpadaMataPelajaranGeografiTerhadapKemampuanBerpikirSpasialSiswadiMAN3KabupatenKediri.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)PurwantoS.Pd.M.Si(2)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.SiKataKuncimodelpembelajaranEarthScienceSystemInTheCommunity(EarthComm)citragoogleearthkemampuanberpikirspasialPendidikanmerupakansalahsatufaktorpentingyangmempengaruhiproseskemajuanindividudanbangsa.Berkaitandenganpentingnyapendidikandibutuhkanmodelpembelajarandanmetodemengajaryangmembuatsiswamampuberkembangdanterlibatlangsungdalamkegiatankelas.Geografimerupakanilmuuntukmengembangkandanmembangunkemampuanberorientasispasial.Kemampuanberpikirspasialkaitannyadenganfenomenageosferyaknikemampuanmengolahdanmenguasaiinformasiyangdidapatdalamruang.ModelEarthCommmerupakanmodelyangberorientasipadapemecahanmasalahdibumiyangdikajidalammasyarakat.Makadikaitkandengankemampuanberpikirspasialmodelinidiharapkanmampuuntukmencapaitujuanyangdiharapkan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranEarthScienceSystemInTheCommunity(EarthComm)berbantuanCitraGoogleEarthpadamatapelajarangeografiterhadapkemampuanberpikirspasialsiswa.ModeleksperimenyangdigunakanyakniQuasiExperimentdenganmenerapkanPosttestOnlyControlGroupDesigndenganmelibatkanduakelompokdengansubjekpenelitianXIIS2sebagaikelaseksperimendanXIIS1sebagaikelaskontrolyangdiambilberdasarkannilaiUAS.Teskemampuanberpikirspasialdilaksanakansetelahpemberianperlakuankepadakeduakelas.Tesdiberikandalambentuksoalessayyangtelahdirancangsesuaiindikatorkemampuanberpikirspasial.TeknikanalisisdatadilakukanmenggunakanIBMSPSSStatistics22ForWindowsdenganujit(IndependentSampleT-Test).Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwanilairata-ratakelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Diketahuibahwanilairata-ratakelaskontrol6660dankelaseksperimenyakni7439sehinggaterdapatperbedaan8%keduanya.Berdasarkanhasilanalisisdataujit(IndependentSampleT-Test)terdapatpengaruhModelPembelajaranEarthScienceSystemInTheCommunity(EarthComm)berbantuancitragoogleearthpadamatapelajarangeografiterhadapkemampuanberpikirspasialsiswadibandingkandengankelaskontrolyangmenggunakanmodelkonvensional.ModelpembelajaranEarthComminidisarankanuntukdijadikanvariasipembelajarangurudalampenerapanmodelpembelajaran.Modelinijugadapatdikembangkanolehpenelitilaindenganmenambahvariabelmoderatorataumedialain.