Hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Malang / Prima Arifin
Main Author: | Prima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/131498/ |
Daftar Isi:
- KataKunciKebiasaanbelajarPrestasibelajarSiswaSMPMembiasakananak-anakuntukbelajarmerupakansalahsatufaktoryangpenting.Kebiasaanyangdibinadarisaatkesaatiniakanbanyakmenguntungkanbagiorangtuamaupunbagianak.Siswayangmemilikikebiasaanbelajaryangbaikakanmemperolehprestasibelajaryangbaikpula.Sebaliknyaanakyangkebiasaanbelajarnyatidakbaikprestasibelajarnyatidakmaksimal.SebagaimanadikemukakanHamalikbahwacarabelajarturutmenentukanhasilbelajaryangdiharapkan.Carayangtepatakanmembawahasilyangmemuaskansedangkancarayangtidaksesuaiakanmenyebabkanbelajaritukurangberhasil.Tujuanpenelitianiniuntuk(a)mendiskripsikankebiasaanbelajarsiswakelasVIIBSMPNegeri13Malang(b)mendiskripsikanprestasibelajarsiswakelasVIIBSMPNegeri13Malang(c)mengetahuihubungankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarsiswakelasVIIBSMPNegeri13Malang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiandeskriptifkorelatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIBSMPNegeri13Malangtahunpelajaran2011/2012yangkeseluruhanberjumlah41responden.Pengumpulandatamenggunakandokumentasidankuisionerdengankriteriajawabanselaluseringkadang-kadangtidakpernah.AnalisishasilpenelitianmenggunakananalisispersentasedanKorelasiProductMoment.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)SiswakelasVIIBSMPNegeri13Malangmemilikikebiasaanbelajaryangbaikdirumahdenganpersentase763%dankebiasaanbelajaryangbaikdisekolahdenganpersentase787%.(2)PrestasibelajarsiswakelasVIIBSMPNegeri13Malangmenunjukkankriteriabaikdenganpersentase51%.Hasilpenelitiandapatdiketahuibahwakoofisienr(korelasiproductmoment)adalah(a)Adahubungan(korelasi)sebesar0.842(sangatkuat)antarakebiasaanbelajardirumahdenganprestasibelajarsiswakelasVIIBSMPNegeri13Malang.(b)Adahubungan(korelasi)sebesar0.725(kuat)antarakebiasaanbelajardisekolahdenganprestasibelajarsiswakelasVIIBSMPNegeri13Malang.Berartiadahubunganyangsignifikanantaravariabelkebiasaanbelajar(X)denganprestasibelajar(Y).SaranyangdisampaikanadalahsiswakelasVIIBSMPNegeri13Malangperlumeningkatkanprestasiagardapatmeningkatkankriteriayanglebihtinggidariyangtelahdicapaisaatinidanperlumeningkatkankebiasaanbelajaryanglebihbaikdalamrangkameningkatkanprestasibelajar.Kepalasekolahmeningkatkankualitaspendidikandenganmemberikansaranadanprasaranaataufasilitasuntuksiswa.GurubidangstudiPKnmenentukanlangkahyangtepatdalamprosespembelajaranuntukmeningkatkanmutupengajaran.Orangtuadiharapkandapatmenjadimotivatorutamadalambelajarsiswadirumahdenganmenerapkankebiasaanbelajaryangbaikkepadaputra-putrinya.