Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar menggambar ragam hias pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tarokan Kabupaten Kediri / Pita Yuhana
Main Author: | Yuhana, Pita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13111/ |
Daftar Isi:
- PitaYuhana.2016.PenggunaanMediaPuzzleUntukMeningkatkanHasilBelajarMenggambarRagamHiasPadaSiswaKelasViiDiSmpNegeri1TarokanKabupatenKediri.Skripsi.ProgramStudiPendidikanSeniRupa.FakultasSastra.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.HariyantoM.HumKataKunciMediaPuzzleMenggambarRagamHiasSeniRupaMenggambarseharusnyamerupakansuatukegiatanyangmenyenangkanbagisiswatetapibagisiswaSMPkemampuanmenggambarsajatidakcukupsiswajugaharusmengetahuiteorimembuatgambaryangbaik.SayangnyayangterjadidiSMPNegeri1Tarokansiswakurangmenguasaiteorimenggambarragamhias.Akibatnyahasilbelajarpunjugaturutrendah.Tidakhanyaituprosespembelajaranyangselamainidilakukangurumembuatsiswamenjaditidaktertarikuntukbelajarmenggambar.Untukituperluadanyaupayauntukmemperbaikihaltersebutsalahsatunyadenganmemanfaatkanmediapuzzledalampembelajaran.Penggunaanmediapuzzleyangtepatdiharapkandapatmenarikminatbelajarsiswakembalisekaligusdapatmeningkatkanhasilbelajarmereka.Bertolakdaripernyataandiatasmakapenelitianinipadadasarnyaditujukanuntukmembahaspembelajarandenganfokuspenelitianadalah(1)ImplementasipembelajaransenirupamenggambarragamhiasmenggunakanmediapuzzlepadapesertadidikkelasVIIdiSMPNegeri1Tarokantahun2016(2)HasilbelajarmenggambarragamhiasmenggunakanmediapuzzlepadapesertadidikkelasVIIdiSMPNegeri1Tarokantahun2016PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas.Subyekdalampenelitianiniadalah30siswaSMPNegeri1Tarokankelas7Cyangdiajarmenggunakanmediapuzzle.Penelitiandilaksanakansebanyak2siklusdenganmasing-masingsiklus2kalipertemuandengandurasi3jpx40menit.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasidokumentasiangketdantes.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdatainteraktif.Hasilpenelitianiniadalah(1)Pembelajarandilakukandalam2siklusPadasiklusIpenggunaanpuzzledimaksudkanuntukmenarikminatbelajarsiswadanmemudahkansiswadalammengidentifikasigambarPadasiklusIIpuzzledigunakanuntukmeningkatkankemampuansiswadalammenganalisisdetailgambardanidentifikasigambarberdasarkanteknik(2)Hasilbelajarselamamenggunakanmediapembelajaranpuzzlemenunjukkanhasilyangbaik.Padaprasiklusketuntasanbelajaraspekkognitifhanya33%padasiklusInaikmenjadi77%padasiklusIInaikmenjadi97%.UntukaspekketerampilanpadasiklusIdiperolehketuntasan90%kemudianmeningkatpadasiklusIImenjadi97%.Untukaspeksikapdiakhirsiklusmenunjukkanhasilbaikyaitu10%siswamemilikisikapsangatbaikdan83%memilikisikapbaikpadaaspekkejujurandisiplinkerjasamadankeaktifan.