Pengembangan media pembelajaran berbasis buku siswa materi menggambar flora, fauna, dan alam benda pada siswa kelas VII SMPN 2 Gondanglegi / Siti Kholisatul Munawaroh
Main Author: | Munawaroh, Siti Kholisatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13076/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSitiKholisatulMunawaroh.2016PengembanganMediaPembelajaranBerbasisBukuSiswaMateriMenggambarFloraFaunaDanAlamBendaPadaSiswaKelasVIISMPN2Gondanglegi.SkripsiProgramstudiPendidikanSeniRupaJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDraIdaSitiHerawatiM.Pd.KataKunciPengembanganmediapembelajaranbukusiswamenggambarflorafaunadanalambenda.Pengembanganmediapembelajaranmerupakansuatuprosesmengembangkanprodukyangsudahadauntuklebihdiesuaikandengankebutuhandanlingkunganagarkegiatanpembelajaranlebihbermaknadantujuanpembelajarandapattercapai.Bukusiswamerupakansalahsatumediayangpraktisdapatdipelajaridisekolahmaupundiluarsekolah.Untukitudalambukusiswaharusmenjabarkanusahaminimalyangharusdilakukanolehpesertadidikdalammencapaikompetensiyangdiharapkan.BukuSiswayangdipakaidiSMPN2GondanglegiadalahbukusiswayangditerbitkanolehkemendikbudnamundirasamasihkurangmenunjangkeaktifandalamkegiatanpembelajarandanbelummenampakkanapayangharusdicapaisebagaimanayangtertuangpadaKompetensiDasarkhususnyauntukmaterimenggambarflorafaunadanalambendasebagaimateriawalyangdiberikandikelasVIIdansebagaimateridasaruntukmateri-materisenirupaberikutnya.PengembanganBukuSiswamaterimenggambarflorafaunadanalambendainidiselaraskandengantuntutanKurikulum2013.Spesifikasidariprodukpengembanganiniadalahdisertakanpetakonseppadatiapsubmateriterdapatbanyakgambarilustrasimetodesaintifikdandisertakanperenunganuntukmenunbuhkankompetensisikap.UntukmencapaitujuantersebutdigunakanrancanganpenelitianresearchanddevelopmentyangdiadaptasidarimodelThiagarajanSemmeldanSemmelyaitumodel4D.Berdasarkanmodelpengembangantersebutdalampenelitianiniadatigatahapyangdilakukanyaitu(1)tahappendefinisian(2)tahapdesaindan(3)tahappengembangan.Pelaksanaanpengembangandilakukanberdasarkantemuananalisiskebutuhanbukusiswamaterimenggambarflorafaunadanalambendayangdilakukanpadatahappendefinisian.Produkhasilpengembanganselanjutnyadivalidasiuntukmengetahuikelayakanprodukyaknimelaluiduakelompokvalidasiyangmeliputi(1)ujiahlimateri(2)ujiahlimediadansetelahdivalidasidirevisiselanjutnyadiujicobapadakelompokkecilyangterdiridari20orang.Hasilvalidasiolehahlimaterimendapatskor75(cukuplayak).Hasilvalidasiolehahlimediamendapatskor68(cukuplayak).Ujicobapengembanganatauujicobakelompokkecilmendapatskor917(layak).