Peningkatan hasil belajar menggambar bentuk melalui model pembelajaran learning cycle pada kelas VIIC SMPN 1 Beji, Pasuruan / M. Samsul Huda

Main Author: Huda, M. Samsul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13064/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHudaM.Samsul.2015.PeningkatanHasilBelajarMenggambarBentukMelaluiModelPembelajaranLearningCyclePadaKelasVIICSMPNegeri1BejiPasuruan.SkripsiJurusanPendidikanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.TjitjikSriwardhaniM.Pd.KatakuncihasilbelajarmenggambarbentuklearningcycleSMPPasuruan.Hasilbelajarmenggambarbentukmerupakanhalyangberkaitandengankemampuansiswa.SalahsatukompetensidasarpadamatapelajaranSeniBudayadidalamkurikulumKTSPyangharusdikuasaiolehsetiapsiswakelasVIISMPialahmenggambarbentukdenganobjekbendaterapantigadimensidaridaerahsetempat.Berdasarkanhasilpenilaianpadakompetensidasartersebutdiperolehnilaisiswarata-ratadibawahKKM(KriteriaKetuntasanMinimal)sehinggaperluadanyatindakanuntukmengatasinyaagarhasilbelajarsiswameningkat.Untukituditerapkanmodelpembelajaranlearningcycleyangterdiridari6fase.Faseidentificationdiarahkanuntukmemahamitujuanbelajarmenggambarbentuk.Faseengagementdiarahkanuntukmenggalipengetahuandanrasaingintahusiswa.Faseeksplorasidiarahkanpadakerjakelompokuntukmengujiprediksiterhadapunsur-unsursenirupa.Faseexplanationmenerapkanunsursenirupa.Faseelaborasimenerapkanketrampilanberkaryasenidanfaseevaluationmenilaihasilkaryaseni.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmeningkatkanhasilbelajaryangberupaprodukgambarbentukkhususnyapadasiswakelasVIICdanumumnyapadasemuasiswaSMPN1BejiPasuruan.PenelitianiniadalahjenisPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandalamduasiklustiapsiklusterdiridaritigapertemuan.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIICSMPNegeri1Beji.Datapenelitiandenganmodelpembelajaranlearningcycleinidiperolehmelaluiteknikobservasiangketdokumentasidanpenilaianhasilkarya.Analisisdatakualitatifdilakukanmelaluitigatahapyaitureduksidatapaparandatadanpenyimpulanhasilanalisis.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehkesimpulanbahwapelaksanaanpembelajaranmenggambarbentukdenganmenerapkanmodelpembelajaranlearningcycleberjalansesuairancangandanterjadipeningkatanketuntasanhasilbelajardari575%padasikluspertamadanmenjadi100%padasikluskedua.PenerapanmodellearningcycledapatmeningkatkanhasilbelajarmenggambarbentukpadasiswakelasVIICSMPNegeri1Beji.Halinididukungdengandatarata-ratanilaikelaspadasikluspertamaialah741danmeningkatpadasikluskeduadenganrata-rata816.Adapunsaranyangdapatdiberikanadalahdalammelaksanakanprosespembelajaranhendaknyagurumenerapkanketrampilanpembelajaranpenguasaanbahanajarjugakreatifdalammerancanglangkah-langkahpembelajarandikelas.Disampingitupembelajaramelaluipenerapanmodellearningcycleperluterusdikembangkandanditerapkandalammodelpembelajaransenirupa.