Peningkatan hasil belajar menggambar bentuk melalui model pembelajaran learning cycle pada kelas VIIC SMPN 1 Beji, Pasuruan / M. Samsul Huda
Main Author: | Huda, M. Samsul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13064/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHudaM.Samsul.2015.PeningkatanHasilBelajarMenggambarBentukMelaluiModelPembelajaranLearningCyclePadaKelasVIICSMPNegeri1BejiPasuruan.SkripsiJurusanPendidikanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.TjitjikSriwardhaniM.Pd.KatakuncihasilbelajarmenggambarbentuklearningcycleSMPPasuruan.Hasilbelajarmenggambarbentukmerupakanhalyangberkaitandengankemampuansiswa.SalahsatukompetensidasarpadamatapelajaranSeniBudayadidalamkurikulumKTSPyangharusdikuasaiolehsetiapsiswakelasVIISMPialahmenggambarbentukdenganobjekbendaterapantigadimensidaridaerahsetempat.Berdasarkanhasilpenilaianpadakompetensidasartersebutdiperolehnilaisiswarata-ratadibawahKKM(KriteriaKetuntasanMinimal)sehinggaperluadanyatindakanuntukmengatasinyaagarhasilbelajarsiswameningkat.Untukituditerapkanmodelpembelajaranlearningcycleyangterdiridari6fase.Faseidentificationdiarahkanuntukmemahamitujuanbelajarmenggambarbentuk.Faseengagementdiarahkanuntukmenggalipengetahuandanrasaingintahusiswa.Faseeksplorasidiarahkanpadakerjakelompokuntukmengujiprediksiterhadapunsur-unsursenirupa.Faseexplanationmenerapkanunsursenirupa.Faseelaborasimenerapkanketrampilanberkaryasenidanfaseevaluationmenilaihasilkaryaseni.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmeningkatkanhasilbelajaryangberupaprodukgambarbentukkhususnyapadasiswakelasVIICdanumumnyapadasemuasiswaSMPN1BejiPasuruan.PenelitianiniadalahjenisPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandalamduasiklustiapsiklusterdiridaritigapertemuan.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIICSMPNegeri1Beji.Datapenelitiandenganmodelpembelajaranlearningcycleinidiperolehmelaluiteknikobservasiangketdokumentasidanpenilaianhasilkarya.Analisisdatakualitatifdilakukanmelaluitigatahapyaitureduksidatapaparandatadanpenyimpulanhasilanalisis.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehkesimpulanbahwapelaksanaanpembelajaranmenggambarbentukdenganmenerapkanmodelpembelajaranlearningcycleberjalansesuairancangandanterjadipeningkatanketuntasanhasilbelajardari575%padasikluspertamadanmenjadi100%padasikluskedua.PenerapanmodellearningcycledapatmeningkatkanhasilbelajarmenggambarbentukpadasiswakelasVIICSMPNegeri1Beji.Halinididukungdengandatarata-ratanilaikelaspadasikluspertamaialah741danmeningkatpadasikluskeduadenganrata-rata816.Adapunsaranyangdapatdiberikanadalahdalammelaksanakanprosespembelajaranhendaknyagurumenerapkanketrampilanpembelajaranpenguasaanbahanajarjugakreatifdalammerancanglangkah-langkahpembelajarandikelas.Disampingitupembelajaramelaluipenerapanmodellearningcycleperluterusdikembangkandanditerapkandalammodelpembelajaransenirupa.