Peningkatan aktivitas dan hasil belajar identifikasi aliran seni lukis siswa kelas IXC SMP Negeri 3 Nguling melalui model pembelajaran cooperative tipe examples non examples / Eny Widayati

Main Author: Widayati, Eny
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13059/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWidayatiEny.2015.PeningkatanAktivitasdanHasilBelajarIdentifikasiAliranSeniLukisSiswaKelasIXCSMPNegeri3NgulingMelaluiModelPembelajarancooperativeTipeExamplesNonExamples.SkripsiJurusanPendidikanSeniRupaFSUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.TriyonoWidodoM.Sn.KatakuncipeningkatanaktivitashasilbelajaridentifikasicooperativeExamplesNonExamplesKemampuanmengidentifikasialiransenilukismerupakansalahsatukompetensiyangharusdimilikisetiapsiswakelasIXSMPdalampembelajaranSeniRupasepertiyangtercantumdalamKTSP.BerdasarkanhasilpenilaianKompetensiDasartersebutdidapatkanfaktabahwaperolehannilaisiswarata-ratadibawahKKM(KriteriaKetuntasanMinimal)sehinggasangatdibutuhkanadanyasuatutindakanuntukmengatasinyaagaraktifitasdanhasilbelajarsiswameningkat.Untukitupenelitiakanmenerapkanmodelpembelajarancooperativetipeexamplesnonexamples.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntuk(1)MeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasIXCSMPN3Ngulingpadamateriidentifikasialiransenilukis(2)MeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIXCSMPN3Ngulingpadamateriidentifikasialiransenilukis.Penelitianinidirancangdalampenelitiankualitatifjenispenelitiantindakankelasyangdilakukandalamduasiklustiapsiklusterdiridaritigapertemuan.SubyekpenelitianadalahsiswakelasIXCSMPNegeri3Nguling.Datapenelitianberupapaparantentangpelaksanaanmodelpembelajarancooperativetypeexamplesnonexamples.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasikuesionerdokumentasidanpenilaian.Analisisdatakualitatifdilakukanmelaluitigatahapyaitureduksidatapaparandatadanpenyimpulanhasilanalisis.BerdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehkesimpulanbahwapelaksanaanpembelajaranidentifikasialiransenilukispadasiswakelasIXCSMPNegeri3Ngulingdenganmodelcooperativetypeexamplesnonexamplesberjalansesuairancangandanterjadipeningkatanaktivitasbelajarsiswadari601%menjadi785%sertahasilbelajarsiswadariketuntasan294%padaprasiklusmenjadi823%.Dalampelaksanaanmodelpembelajaraniniseyogyanyagurumelakukanhalberikut(1)membuatpersiapanyangmatangdan(2)memberikanpenekananpadasiswaagarmemperhatikanpelajaranmulaidariawalhinggaakhirpembelajaran.Dengandemikiandiharapkankeberhasilanpembelajarandapattercapaidenganmaksimal.