Peningkatan aktivitas dan hasil belajar identifikasi aliran seni lukis siswa kelas IXC SMP Negeri 3 Nguling melalui model pembelajaran cooperative tipe examples non examples / Eny Widayati
Main Author: | Widayati, Eny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13059/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWidayatiEny.2015.PeningkatanAktivitasdanHasilBelajarIdentifikasiAliranSeniLukisSiswaKelasIXCSMPNegeri3NgulingMelaluiModelPembelajarancooperativeTipeExamplesNonExamples.SkripsiJurusanPendidikanSeniRupaFSUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.TriyonoWidodoM.Sn.KatakuncipeningkatanaktivitashasilbelajaridentifikasicooperativeExamplesNonExamplesKemampuanmengidentifikasialiransenilukismerupakansalahsatukompetensiyangharusdimilikisetiapsiswakelasIXSMPdalampembelajaranSeniRupasepertiyangtercantumdalamKTSP.BerdasarkanhasilpenilaianKompetensiDasartersebutdidapatkanfaktabahwaperolehannilaisiswarata-ratadibawahKKM(KriteriaKetuntasanMinimal)sehinggasangatdibutuhkanadanyasuatutindakanuntukmengatasinyaagaraktifitasdanhasilbelajarsiswameningkat.Untukitupenelitiakanmenerapkanmodelpembelajarancooperativetipeexamplesnonexamples.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntuk(1)MeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasIXCSMPN3Ngulingpadamateriidentifikasialiransenilukis(2)MeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIXCSMPN3Ngulingpadamateriidentifikasialiransenilukis.Penelitianinidirancangdalampenelitiankualitatifjenispenelitiantindakankelasyangdilakukandalamduasiklustiapsiklusterdiridaritigapertemuan.SubyekpenelitianadalahsiswakelasIXCSMPNegeri3Nguling.Datapenelitianberupapaparantentangpelaksanaanmodelpembelajarancooperativetypeexamplesnonexamples.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasikuesionerdokumentasidanpenilaian.Analisisdatakualitatifdilakukanmelaluitigatahapyaitureduksidatapaparandatadanpenyimpulanhasilanalisis.BerdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehkesimpulanbahwapelaksanaanpembelajaranidentifikasialiransenilukispadasiswakelasIXCSMPNegeri3Ngulingdenganmodelcooperativetypeexamplesnonexamplesberjalansesuairancangandanterjadipeningkatanaktivitasbelajarsiswadari601%menjadi785%sertahasilbelajarsiswadariketuntasan294%padaprasiklusmenjadi823%.Dalampelaksanaanmodelpembelajaraniniseyogyanyagurumelakukanhalberikut(1)membuatpersiapanyangmatangdan(2)memberikanpenekananpadasiswaagarmemperhatikanpelajaranmulaidariawalhinggaakhirpembelajaran.Dengandemikiandiharapkankeberhasilanpembelajarandapattercapaidenganmaksimal.