Meningkatkan kemampuan mendeskripsikan seni rupa murni dengan menggunakan metode pembelajaran PAKEM pada siswa kelas IX A SMP Negeri 5 Kertosono, Nganjuk / Supiatun

Main Author: Supiatun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13057/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKSupiatun.2015.MeningkatanKemampuanMendeskripsikanSeniRupaMurnidenganMenggunakanMetodePembelajaranPakempadaSiswaKelasIXASMPNegeri5KertosonoNganjuk.SkripsiProgramStudiPendidikanSeniRupaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.Hj.PurwatiningsihM.Pd.KataKuncikemampuanmendeskripsikansenirupamurniPAKEMSMPNegeri5KertosonoSalahsatumasalahpendidikanyangdihadapiolehpengajarkhususnyagurusenibudayaadalahrendahnyapartisipasisiswadalamprosesbelajarmengajarsehinggaberpengaruhterhadapprestasibelajaryangdiperolehpesertadidik.PermasalahandiatasternyatatidakjauhberbedadenganyangterjadipadapembelajaransenibudayapadamaterimendeskripsikansenirupamurnidikelasIXA.Faktorpenyebabrendahnyaprestasibelajarpesertadidikantaralain(1)siswakurangmemilikiminatdalambelajarsenirupamurni(2)pesertadidikcenderungpasifdalamkelas(3)motivasibelajaryangkurangdalampembelajaransenirupamurni.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanprestasibelajarpesertadidikdenganmenerapkanmodelpembelajaranPAKEM.DenganmenggunakanmodelpembelajaranPAKEMdiharapkanpesertadidikdalamkegiatanbelajarmengajardapatlebihtertarikpadamaterimendeskripsikansenirupamurni.ModelpembelajaranPAKEMdapatmenciptakanprosespembelajaranyangaktifefektifdanmenyenangkan.Halinimampumenciptakansuasanapembelajaranyangkondusifsehinggaberpengaruhterhadapprestasibelajarpesertadidik.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakan(actionresearch)karenapenelitiandilakukanuntukmemecahkanmasalahpembelajarandikelas.Pengambilandataprestasibelajarsiswadengantestulisyangdiberikankepadasiswasetelahprosesbelajarmengajar.Tesdigunakanuntukmengetahuiketuntasanbelajarsiswasetelahprosespembelajaran.PadasiklusIjumlahsiswayangtuntassebanyak8siswadenganprosentase40%sedangkansiswayangbelumtuntassejumlah12siswadenganprosentase60%.PadasiklusIIsiswayangtuntassejumlah16siswadenganprosentase80%dansiswayangbelumtuntasmengalamipenurunansejumlah4siswadenganprosentasesebesar20%.DengandemikianterjadipeningkatanyangsangatsignifikandarisiklusIkesiklusIIsebesar40%.Halinimengidentifikasikanbahwasiswamulaimengertidanmemahamimateriyangdiberikanolehgurudansiswajugapahamakankegiatanpresentasipowerpointyangsudahdilakukan.HalinidisebabkankarenapenerapanmodelpendekatanPAKEMmelaluipenggunaanmediapowerpointmampumenciptakansuasanapembelajaranyanglebihmenyenangkan.PadasiklusIIindikatorketercapaianpembelajarantelahtercapaiyaituketercapaiannyalebihdari75%.HalinimenunjukkanbahwadenganpenerapanmodelpendekatanPAKEMmelaluipenggunaanmediapowerpointdapatmencapaitujuanpembelajaransehinggasiswamampumendeskripsikansenirupamurnidengansangatbaik.