Penggunaan media pembelajaran mata pelajaran seni budaya sub bidang studi seni rupa kelas X di SLTA Negeri 1 Tumpang Malang / Rizki Diana Safitri
Main Author: | Safitri, Rizki Diana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13051/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPenggunaanteknikperananmediapembelajaran.Dalampembelajarandikenalberbagaimacammediayangdigunakansebagaipendukungberlangsungnyakegiatanbelajarmengajar.Denganadanyamediasiswaakanlebihtertarikdantermotivasiuntukbelajar.Seorangguruharusbisamembuatperencanaanmedia.Perencanaanmediamerupakankeharusandalammencapaitujuanpembelajaranyangdiharapkan.Perencanaanpenggunaanmediayangtepatakanmempengaruhikualitashasilpembelajaran.Olehkarenaitudibutuhkankeahliangurudalampenggunaanatauteknikdalammenggunakanmaupunmemilihmediaapayangsesuaidalampembelajaran.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperencanaanmediapenggunaanmediadanevaluasimediapembelajaran.Rancanganpenelitianinimenggunakanjenispendekatankualitatifsedangkanuntukpengumpulandatanyamenggunakanangketwawancaraobservasidandokumentasi.Prosesanalisisdataterdiriatasdatadikelompokkanmenurutkategorinyadatadianalisislangsungdandikaitkandengandatasejenispadakelompokkategoriyangsamahasilanalisisdatadideskripsikandandatadidinterprestasidandisimpulkan.Berdasarkanpenelitianinidapatdisimpulkanbahwagurutelahmenggunakanmediapembelajarandalamsetiapprosesbelajarmengajargurusudahmenguasaisemuateknikyangdigunakandalampembelajaranseperticeramahtanyajawabdiskusikerjakelompokdll.Dengankondisisepertiinimakagurusudahmampuuntukmembuatmediasendiri.Bertolakdaritemuanpenelitianinidisarankandiadakanpenelitianlanjutanyangsejenisdenganmenggunakanmetodepenelitianyangberbeda.