Penggunaan media pembelajaran mata pelajaran seni budaya sub bidang studi seni rupa kelas X di SLTA Negeri 1 Tumpang Malang / Rizki Diana Safitri

Main Author: Safitri, Rizki Diana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/13051/
Daftar Isi:
  • KataKunciPenggunaanteknikperananmediapembelajaran.Dalampembelajarandikenalberbagaimacammediayangdigunakansebagaipendukungberlangsungnyakegiatanbelajarmengajar.Denganadanyamediasiswaakanlebihtertarikdantermotivasiuntukbelajar.Seorangguruharusbisamembuatperencanaanmedia.Perencanaanmediamerupakankeharusandalammencapaitujuanpembelajaranyangdiharapkan.Perencanaanpenggunaanmediayangtepatakanmempengaruhikualitashasilpembelajaran.Olehkarenaitudibutuhkankeahliangurudalampenggunaanatauteknikdalammenggunakanmaupunmemilihmediaapayangsesuaidalampembelajaran.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperencanaanmediapenggunaanmediadanevaluasimediapembelajaran.Rancanganpenelitianinimenggunakanjenispendekatankualitatifsedangkanuntukpengumpulandatanyamenggunakanangketwawancaraobservasidandokumentasi.Prosesanalisisdataterdiriatasdatadikelompokkanmenurutkategorinyadatadianalisislangsungdandikaitkandengandatasejenispadakelompokkategoriyangsamahasilanalisisdatadideskripsikandandatadidinterprestasidandisimpulkan.Berdasarkanpenelitianinidapatdisimpulkanbahwagurutelahmenggunakanmediapembelajarandalamsetiapprosesbelajarmengajargurusudahmenguasaisemuateknikyangdigunakandalampembelajaranseperticeramahtanyajawabdiskusikerjakelompokdll.Dengankondisisepertiinimakagurusudahmampuuntukmembuatmediasendiri.Bertolakdaritemuanpenelitianinidisarankandiadakanpenelitianlanjutanyangsejenisdenganmenggunakanmetodepenelitianyangberbeda.