Survei pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Kota Malang / Via Lintang Fadhillah

Main Author: Fadhillah, Via Lintang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/130499/
Daftar Isi:
  • RINGKASANFadhillahVia.Lintang.2019.SurveiPelaksanaanPembelajaranPendidikanJasmaniAnakBerkebutuhanKhusus(ABK)diSekolahDasarLuarBiasa(SDLB)KotaMalang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)FahrialAmiqS.OrM.Pd.(II)Drs.TatokSugiartoS.PdM.Pd.KataKunciPelaksanaanpembelajaranpendidikanjasmaniABKSDLBKotaMalangPendidikanuntukAnakBerkebutuhanKhusus(ABK)menggunakanpembelajarandanlayananyangberbedadenganmengacupadakondisiperkembanganfisikdanmental.KendalayangterjadidalampelaksanaanpembelajaranpendidikanjasmanibagiABKdiSDLBadalahkurangnyatenagapendidikkhususpendidikanjasmanibelummemprogramsecarategasmaterisesuaikategoriketerbatasanABKmediayangdigunakanbelumsesuaimetodemengajaryangdigunakanbelumdisesuaikandengankarakteristikABKsaranadanprasaranakurangmemadaidibeberapasekolah.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikantenagapendidikkhususpendidikanjasmanimateripembelajaranmetodepembelajaranyangdigunakanmediayangdigunakandanpengelolaankelasuntukABKdiSDLBKotaMalang.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitiandeskriptifdenganpendekatankuantitatifuntukmendeskripsikankualitaspelaksanaanpembelajaranpendidikanjasmaniABKdiSDLB.SampelpenelitianinimenggunakanlimaSDLByaituSDLBSumberDharmaSDLBBaktiLuhurSDLBIdayu1SDLBYPTBdanSDLBPutraJaya.Instrumenyangdigunakanberupakuesioner(angket).Teknikanalisisdatayangdigunakanyaitumetodeujistatistikdeskriptifkuantitatifdenganpersentase.HasilpenelitiandiSDLBSumberDharmatermasukdalampredikatsangatbaikdenganperolehanpersentase853%.SDLBBaktiLuhurtermasukdalampredikatbaikdenganperolehanpersentase7183%.SDLBIdayu1termasukdalampredikatbaikdenganperolehanpersentase7367%.SDLBYPTBtermasukdalampredikatbaikdenganperolehanpersentase7667%.SDLBPutraJayatermasukdalampredikatsangatbaikdenganperolehanpersentase9167%.PelaksanaanpembelajaranpendidikanjasmanidiSDLBKotaMalangsecarakeseluruhantermasukdalampredikatbaikyaitu7993%.SimpulanbahwapelaksanaanpembelajaranpendidikanjasmaniAnakBerkebutuhanKhusus(ABK)diSDLBKotaMalangdapatdikatakantermasukdalampredikatbaik.DalampelaksanaanpembelajaranpendidikanjasmaniABKdiSDLBKotaMalanggurupendidikanjasmaniseharusnyagurukhususdansebelumpembelajaranhendaknyamembuatRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)menyiapkanmediayangakandigunakansertasaranadanprasaranapenunjangpembelajaranharuslebihdiperhatikan.