Perbedaan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VII antara dataran tinggi dengan dataran rendah / Moch. Ilyas Satriyono

Main Author: Satriyono, Moch. Ilyas
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/130488/
Daftar Isi:
  • RINGKASANSatriyonoMoch.Ilyas.2019.PerbedaanTingkatKebugaranJasmaniSiswaKelasVIIAntaraDataranTinggiDenganDataranRendah.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AriWibowoKurniawanM.Pd.dan(II)Drs.TatokSugiartoS.Pd.M.PdKatakuncitingkatkebugaranjasmanidatarantinggidataranrendah.Pendidikanjasmanimerupakansalahsatumacamdaripendidikanformaldisekolah.Pendidikanjasmanimemilikibeberapatujuansalahsatunyayaitumenjagadanmeningkatkankebugaranjasmani.Kebugaranjasmanisangatpentingbagisiswademitercapainyapembelajaranyangaktif.Dengankebugaranjasmaniyangbaikmakasiswaakanmampumenerimatugasyangdiberikanolehgurukarenasiswatersebuttidakterkendaladengankondisifisikyangmengakibatkankelelahanyangberarti.Makadariitukebugaranjasmaniharusdijagadenganbaik.TerutamasaatberadapadamasadibangkuSMPkarenapadamasainipertumbuhanberlangsungsangatcepat.PenelitianinibertujuanmembandingkanperbedaantingkatkebugaranjasmaniyangdimilikiolehsiswakelasVIIdatarantinggidengandataranrendah.UntukkategoridatarantinggidilaksanakandiSMPN9Malangyangterletakpadaketinggian440mdplkarenadatarantinggiyaitudataranyangmemilikiketinggianlebihdari400mdpldanuntukkategoridataranrendahdilaksanakandiSMPN1Probolinggoyangterletakpadaketinggian10mdplkarenadataranrendahyaitudataranyangmemilikiketinggiankurangdari200mdpl.Rancanganpenelitianinimenggunakanjenispenelitiandeskriptifkuantitatif.Pengambilansampeldalampenelitianinimenggunakanrandomsamplingyangartinyasampeldiambilsecaraacak.InstrumenyangdigunakanyaituTesKebugaranJasmaniIndonesia(TKJI)yangsudahadadanpatenuntukusia13-15tahun.Datayangdiperolehkemudiandianalisismenggunakanuji-tsampelindependentdenganujiprasyaratujinormalitasdanujihomogenitas.Berdasarkandatayangsudahdianalisishasiluji-tmenyatakannilaisignifikansebesar00.Sehingganilaisignifikan945005yangmenyatakanbahwaterdapatpebedaanyangsignifikantentangtingkatkebugaranjasmanisiswakelasVIIdiSMPN9MalangdenganSMPN1Probolinggo.Halinidibuktikandenganhasilrata-ratatingkatkebugaranjasmaniantarakeduasekolahini.SMPN9Malangmemilikirata-ratateskebugaranjasmanisebesar131yangberartiberkualifikasikurang.SedangkanSMPN1Probolinggomemilikirata-ratateskebugaranjasmanisebesar1603yangberartiberkualifikasisedang.Berdasarkanhasildaripenelitianinidapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikan.SMPN1ProbolinggoyangberadadidataranrendahmemilikitingkatkebugaranjasmaniyanglebihbaikdaripadaSMPN9Malangyangberadadidatarantinggi.HalinidikarenakanperbedaancuacadankebiasaansiswaberangkatsekolahSMPN9tidakadayangmenggunakansepedadansudahmenggunakankendaraanbermotorsemuaakantetapidiSMPN1Probolinggomasihadayangnaiksepeda.