Penerapan model pembelajaran autentik dalam menggambar ragam hias untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.8 SMPN 21 Malang / Artha Putra Pratama

Main Author: Pratama, Artha Putra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/13039/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPratamaArthaPutra.2019PenerapanModelPembelajaranAutentikdalamMenggambarRagamHiasUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVII.8SMPN21Malang.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pebimbing(I)Dra.TjitjikSriwardani.M.Pd.(II)LisaSidyawatiS.PdM.Pd.KataKuncimodelpembelajaranautentikragamhiashasilbelajarSMPBerdasrkanhasilobservasiawalpermasalahanyangterjadipadamatapelajaranSeniBudayakelasVII.8diSMPNegeri21Malangadalahpesertadidikbelummampumenggambarbentukdanmotifragamhiasdengankomposisidanproporsiyangtepat.Pesertadidikcenderungmembuatmotifyangmonotonatausamadanbelumdapatmengkomposisikanwarnadenganteknikpewarnaanyangbaik.Olehsebabitumemerlukanmodelpembelajarantertentuyangdiharapkandapatmeningkatkanhasilmenggambarragamhiasbagipesertadidik.Penerapanmodelpembelajaranautentikdapatdijadikansolusiuntukmeningkatkanhasilbelajarketerampilanpesrtadidikdalammenggambarragamhias.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranautentikdalampembelajaranmenggambarragamhiasyangdiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajardalamlingkupketerampilasiswaKelasVII.8SMPN21Malang.Pelaksanaanpenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilakukandalam2siklus.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVII.8SMPNegeri21Malangyangberjumlah34anak.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasitesdandokumentasi.Datahasilbelajardiperolehdarinilaitesformatifyangakanmengukurhasilpengetahuandantespraktikyangakanmengukurhasilketerampilanmenggambarragamhias.Analisisdatamemilihmenggolongkandata-datayangsudahdidapatberupacatatan-catatanmengenaipembelajarandanmendeskripsikandalambentuknarasitabelataugrafikkemudiandisimpulkandalambentukpernyataan.Prosedurpenelitianterdiridariempattahapanyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.Berdasarkanhasilobservasitesdandokumentasipadapenerapanmodelpembelajarnautentiktelahterjadipeningkatanhasilbelajarmenggambarragamhiaspeningkatanhasilbelajartersebutdapatdilihatdaripenilaianketerampilan.Nilairata-ratapraktikmenggambardenganindikatorpenilaianalatdanbahanvisualisasisketsastilasikomposisisdanteknikmewarnaisebesar7438danskorketuntasanbelajarsebesar6176%dari34pesertadidik13diantaranyabelumtuntas.SiklusIInilairata-ratatespraktikmenggambardenganindikatorpenilaian