Penerapan model pembelajaran autentik dalam menggambar ragam hias untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.8 SMPN 21 Malang / Artha Putra Pratama
Main Author: | Pratama, Artha Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/13039/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPratamaArthaPutra.2019PenerapanModelPembelajaranAutentikdalamMenggambarRagamHiasUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVII.8SMPN21Malang.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pebimbing(I)Dra.TjitjikSriwardani.M.Pd.(II)LisaSidyawatiS.PdM.Pd.KataKuncimodelpembelajaranautentikragamhiashasilbelajarSMPBerdasrkanhasilobservasiawalpermasalahanyangterjadipadamatapelajaranSeniBudayakelasVII.8diSMPNegeri21Malangadalahpesertadidikbelummampumenggambarbentukdanmotifragamhiasdengankomposisidanproporsiyangtepat.Pesertadidikcenderungmembuatmotifyangmonotonatausamadanbelumdapatmengkomposisikanwarnadenganteknikpewarnaanyangbaik.Olehsebabitumemerlukanmodelpembelajarantertentuyangdiharapkandapatmeningkatkanhasilmenggambarragamhiasbagipesertadidik.Penerapanmodelpembelajaranautentikdapatdijadikansolusiuntukmeningkatkanhasilbelajarketerampilanpesrtadidikdalammenggambarragamhias.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranautentikdalampembelajaranmenggambarragamhiasyangdiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajardalamlingkupketerampilasiswaKelasVII.8SMPN21Malang.Pelaksanaanpenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilakukandalam2siklus.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVII.8SMPNegeri21Malangyangberjumlah34anak.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasitesdandokumentasi.Datahasilbelajardiperolehdarinilaitesformatifyangakanmengukurhasilpengetahuandantespraktikyangakanmengukurhasilketerampilanmenggambarragamhias.Analisisdatamemilihmenggolongkandata-datayangsudahdidapatberupacatatan-catatanmengenaipembelajarandanmendeskripsikandalambentuknarasitabelataugrafikkemudiandisimpulkandalambentukpernyataan.Prosedurpenelitianterdiridariempattahapanyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.Berdasarkanhasilobservasitesdandokumentasipadapenerapanmodelpembelajarnautentiktelahterjadipeningkatanhasilbelajarmenggambarragamhiaspeningkatanhasilbelajartersebutdapatdilihatdaripenilaianketerampilan.Nilairata-ratapraktikmenggambardenganindikatorpenilaianalatdanbahanvisualisasisketsastilasikomposisisdanteknikmewarnaisebesar7438danskorketuntasanbelajarsebesar6176%dari34pesertadidik13diantaranyabelumtuntas.SiklusIInilairata-ratatespraktikmenggambardenganindikatorpenilaian