Kompetensi pedagogik guru seni budaya bersertifikasi dan non-sertifikasi di SMP Kabupaten Malang / Fahma Wulaningsih
Main Author: | Wulaningsih, Fahma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12972/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWulaningsihFahma.2017.KompetensiPedagogikGuruSeniBudayaBersertifikasidanNon-SertifikasidiSMPKabupatenMalang.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.TjitjikSriwardhaniM.Pd(II)Drs.SumarwahyudiM.Sn.KataKuncikompetensipedagogikgurusenibudayabersertifikasiSMPKompetensimerupakankemampuanuntukmenentukanperilakugurudalammelaksanakankewajibannyasecarabertanggungjawab.Sayangnyajikadilakukanpenilaiankompetensigurujugamasihbermasalahyangditandaidenganbanyaknyanilaimerahyangdidapatgurusertifikasimaupunnon-sertifikasi.Makadariituuntukmengetahuikondisidilapangandiadakanpenelitianpadasalahsatukompetensiguruyaitukompetensipedagogik.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptifkuantitatif.Berdasarkanrancanganpenelitianyaitumendeskripsikankompetensipedagogikgurusenibudayabersertifikasidannon-sertifikasidiSMPKabupatenMalang.Kompetensipedagogikberupapenguasaansebagiandaripemahamangurudalamprinsipsenidanteoridasarbelajarpelaksanaanpembelajarandanevaluasi.Subjekpenelitianadalah17gurusenibudayabersertifikasidan5gurusenibudayanon-sertifikasi.Pengumpulandatadilakukandengankuisionerwawancaradokumentasidanobservasi.BerdasarkananalisisgurusertifikasitergolongbaikdalampenguasaansebagiandariprinsipsenidanteoridasarbelajarsertadalamperancanganRPP.Merekatergolongsangatbaikpadapelaksanaanpembelajaran.Sedangkangurunon-sertifikasitergolongcukupdalampemahamansebagiandariprinsipsenidanteoridasarbelajarsertadalamperancanganRPP.Merekatergolongbaikpadapelaksanaanpembelajaran.Menurutwawancaragurusertifikattelahmengajarrata-rata30tahun.Jangkayanglamadibandingkangurunon-sertifikasidenganwaktu2-4tahun.BerdasarkanhasilpelaksanaanpenelitiankompetensipedagogikgurusenibudayabersertifikasidiSMPKabupatenMalangberkriteriabaikdengan7411%untukpenguasaansebagiandariprinsipsenidanteoridasarbelajarmerancangpembelajaransebesar748%danpelaksanaanpembelajarandanevaluasiolehgurusebesar819%.Kompetensipedagogikgurusenibudayanon-sertifikasidiSMPKabupatenMalangberkriteriacukupbaikdengan64%penguasaansebagiandariprinsipsenidanteoridasarbelajarmerancangpembelajaransebesar629%danpelaksanaanpembelajarandanevaluasisebesar787%.Jikadiambilkesimpulanbedamerekaberkisar9%halinisalahsatunyabisadipengaruhirancanganRPPyangsama.Khususnyabagigurunon-sertifikasiyangmasihmenggunakanRPPgurubersertifikasi.GuruSeniBudayahendaknyaterusmeningkatkankompetensipedagogiknyadalampembelajaranterutamadalamperancanganRPP.Gurudapatberkomunikasidalamhalpeningkatanidekreatifdanpengalamannya.