Kompetensi pedagogik guru seni budaya bersertifikasi dan non-sertifikasi di SMP Kabupaten Malang / Fahma Wulaningsih

Main Author: Wulaningsih, Fahma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12972/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWulaningsihFahma.2017.KompetensiPedagogikGuruSeniBudayaBersertifikasidanNon-SertifikasidiSMPKabupatenMalang.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.TjitjikSriwardhaniM.Pd(II)Drs.SumarwahyudiM.Sn.KataKuncikompetensipedagogikgurusenibudayabersertifikasiSMPKompetensimerupakankemampuanuntukmenentukanperilakugurudalammelaksanakankewajibannyasecarabertanggungjawab.Sayangnyajikadilakukanpenilaiankompetensigurujugamasihbermasalahyangditandaidenganbanyaknyanilaimerahyangdidapatgurusertifikasimaupunnon-sertifikasi.Makadariituuntukmengetahuikondisidilapangandiadakanpenelitianpadasalahsatukompetensiguruyaitukompetensipedagogik.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptifkuantitatif.Berdasarkanrancanganpenelitianyaitumendeskripsikankompetensipedagogikgurusenibudayabersertifikasidannon-sertifikasidiSMPKabupatenMalang.Kompetensipedagogikberupapenguasaansebagiandaripemahamangurudalamprinsipsenidanteoridasarbelajarpelaksanaanpembelajarandanevaluasi.Subjekpenelitianadalah17gurusenibudayabersertifikasidan5gurusenibudayanon-sertifikasi.Pengumpulandatadilakukandengankuisionerwawancaradokumentasidanobservasi.BerdasarkananalisisgurusertifikasitergolongbaikdalampenguasaansebagiandariprinsipsenidanteoridasarbelajarsertadalamperancanganRPP.Merekatergolongsangatbaikpadapelaksanaanpembelajaran.Sedangkangurunon-sertifikasitergolongcukupdalampemahamansebagiandariprinsipsenidanteoridasarbelajarsertadalamperancanganRPP.Merekatergolongbaikpadapelaksanaanpembelajaran.Menurutwawancaragurusertifikattelahmengajarrata-rata30tahun.Jangkayanglamadibandingkangurunon-sertifikasidenganwaktu2-4tahun.BerdasarkanhasilpelaksanaanpenelitiankompetensipedagogikgurusenibudayabersertifikasidiSMPKabupatenMalangberkriteriabaikdengan7411%untukpenguasaansebagiandariprinsipsenidanteoridasarbelajarmerancangpembelajaransebesar748%danpelaksanaanpembelajarandanevaluasiolehgurusebesar819%.Kompetensipedagogikgurusenibudayanon-sertifikasidiSMPKabupatenMalangberkriteriacukupbaikdengan64%penguasaansebagiandariprinsipsenidanteoridasarbelajarmerancangpembelajaransebesar629%danpelaksanaanpembelajarandanevaluasisebesar787%.Jikadiambilkesimpulanbedamerekaberkisar9%halinisalahsatunyabisadipengaruhirancanganRPPyangsama.Khususnyabagigurunon-sertifikasiyangmasihmenggunakanRPPgurubersertifikasi.GuruSeniBudayahendaknyaterusmeningkatkankompetensipedagogiknyadalampembelajaranterutamadalamperancanganRPP.Gurudapatberkomunikasidalamhalpeningkatanidekreatifdanpengalamannya.