Pengembangan media pembelajaran berbasis motion graphic mata pelajaran seni budaya kompetensi batik kelas VIII SMP Negeri 1 Trawas Mojokerto / Ema Salmianti

Main Author: Salmianti, Ema
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12935/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSalmiantiEma.2017.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisMotionGraphicMataPelajaranSeniBudayaKompetensiBatikKelasVIIISMPNegeri1TrawasMojokerto.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HariyantoM.Hum(II)MitraIstiarWardhanaS.Kom.M.T.Katakuncimediapembelajaranmotiongraphicbatik.Duniapendidikantidaklepasdarigurupesertadidikdanlingkunganyangmendukung.Sepertihalnyaguruyangtidaklepasdarimediapembelajaran.BeberapapembelajarandisekolahkhususnyamatapelajaransenibudayamenggunakanbahanajarberupabukutekspelajarandanLKS.BerdasarkanobservasidiSMPN1TrawasdiperolehinformasibahwaselamaprosesbelajarmengajarguruhanyamenggunakanLKSsebagaibahanajarsedangkansiswamerasakurangpahamakanpenjelasanyangadadibukudikarenakanadabanyaknyatulisandanminimgambar.Olehkarenaituperlunyapengembanganmediapembelajaranyangefektifagarmemudahkanpemahamansiswadalambelajar.Produkyangdikembangkanadalahmediapembelajaranberbasismotiongraphicyangdidalamnyatermasukaudiodanvisualyangmenarik.ProdukinidikemasdalambentukCDyangberisipengertianbatiksejarahbatikmacam-macambatikdiIndonesiaperlengkapanmembatikdanprosesmembatik.PenelitiandanPengembanganinimenggunakanmodelRDmenurutSugiyono.Tahapyangdilakukandalampenelitiandanpengembanganiniyaitumencaripotensimasalahmengumpulkaninformasidesainprodukvalidasidesainperbaikandesainujicobaprodukdanpembuatanprodukmassal.Metodeyangdigunakanyaitumetodeobservasidankuisioner.SubjekujicobapenelitiandanpengembanganinimelaluiujiahlimediayaituBapakAndreasSyahPahleviS.Sn.M.Sn.danIbuDharaAlimCendikiaS.Sn.M.Ds.danujiahlimateriyaituIbuIkeRatnawatiS.Pd.M.Pd.dangurusenibudayaBapakAndrionSoesiantoS.Pd.sertaujikelompokkecilpada20orangrespondenkelasVIIISMPN1Trawas.Datayangdihasilkandalampenelitiandanpengembanganiniberupadatakuantitatifdeskriptif.Persentasehasilujicobaahlimediasebesar945%sedangkanujicobaahlimaterisebesar884%sertaujicobakelompokkecilsebesar9343%.Denganpersentasetersebutmediapembelajaranberbasismotiongraphicinimendapatjumlahkeseluruhansebesar9211%dengankualifikasisangatlayakdigunakan.Produkmediapembelajaranberbasismotiongraphicinidiharapkandapatdimanfaatkansemuapihakuntukdijadikansebagaisumberinspirasidalammengembangkanmediapembelajaranyanglebihbaiklagi.8195