Pembelajaran batik pada mata pelajaran seni budaya siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Situbondo tahun ajaran 2015-2016 / Fauziyah Ramadhani
Main Author: | Ramadhani, Fauziyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12928/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRamadhaniFauziyah2016.PembelajaranBatikPadaMataPelajaranSeniBudayaSiswaKelasVIIISMPN5SitubondoTahunAjaran2015-2016.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dr.HariyantoM.Hum.(II)IkeRatnawatiS.PdM.Pd.KataKunciPembelajaranBatikSMPN5Situbondo.Pembelajaranbatikpadamatapelajaransenibudayamerupakansuatuprosespendidikanuntukmembantusiswadalammengekspresikanidedankreativitasnya.SMPN5SitubondoterletakdikabupatenSitubondoyangdekatdengandaerahpesisirutaraJawaTimur.PadakurikulumpembelajaransenibudayasiswakelasVIIISMPN5Situbondopembelajaranbatikmerupakansalahsatumaterimatapelajaransenibudayadengankompetensidasarnyamenerapkanragamhiasflorafaunadangeometrikpadabahankriyatekstil.Dalamkompetensidasarinisiswamelakukankegiatanmembuatpoladasarragamhiasflorafaunadangeometrikhinggamenjadisebuahdesainmotifbatikindikatorketercapaiannyaadalahsiswamampumembuatdesainmotifbatikberdasarkanragamhiasbatiknusantaramaupundaerahsetempatdenganmenggunakanunsur-unsurdanprinsipdesain.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendiskripsikantentangbagaimanakegiatanpembelajaranbatikdiSMPN5Situbondo.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiankualitatifdanpendekatandeskriptifpengumpulandatainidilakukandenganmenggunakantekhnikobservasiwawancaradandokumentasi.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahapreduksidatapenyajiandatasertapenarikansimpulandanverifikasi.BerdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehtigasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikutPertamakegiatanpembelajaransenibudayadiSMPN5SitubondoguruberpedomanpadasebuahRPPyangdibuatsetiaptahunajaranbarudalamRPPyangtelahdibuatolehgurusenibudayaterdapatbeberapaacuanuntukmencapaiprosespembelajaranyangmaksimal.PerencanaanpembelajaranantaralainmemilikikompetensidasarindikatordarimateriyangakandiajarkanmemilikitujuanpembelajaransebagaitolakukurtercapainyaprosespembelajaranKeduapadaproseskegiatanpembelajaranbatikpadasaatpenyampaianmateriyangdilakukanolehguruterciptakomunikasiyangbaikantargurudengansiswadalamprosespembelajaranjugaterdapatpolainteraksiantaragurudengansiswasiswadengansiswayanglainnya.Ketigaberkaitandenganhalteknikpenilaianguruterhadaptugaskelompokpemecahanmasalahdikelasgurumerencanakanpenilaianterhadapprosesdanhasildaripemecahanmasalahkemudiangurujugamenerapkanteknikpenilaianpenugasanterhadapsiswadengancaramemberikantugasrumahberupapembuatan/penyusunanmakalahsederhana(kliping)tentangmateriyangtelahdipelajaridikelas.Selanjutnyauntukmengukurkemampuansiswadalammembuatdesainmotifbatikgurumenerapkanteknikpenilaianberupatespraktekataukinerja.