Pembelajaran batik pada mata pelajaran seni budaya siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Situbondo tahun ajaran 2015-2016 / Fauziyah Ramadhani

Main Author: Ramadhani, Fauziyah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12928/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRamadhaniFauziyah2016.PembelajaranBatikPadaMataPelajaranSeniBudayaSiswaKelasVIIISMPN5SitubondoTahunAjaran2015-2016.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dr.HariyantoM.Hum.(II)IkeRatnawatiS.PdM.Pd.KataKunciPembelajaranBatikSMPN5Situbondo.Pembelajaranbatikpadamatapelajaransenibudayamerupakansuatuprosespendidikanuntukmembantusiswadalammengekspresikanidedankreativitasnya.SMPN5SitubondoterletakdikabupatenSitubondoyangdekatdengandaerahpesisirutaraJawaTimur.PadakurikulumpembelajaransenibudayasiswakelasVIIISMPN5Situbondopembelajaranbatikmerupakansalahsatumaterimatapelajaransenibudayadengankompetensidasarnyamenerapkanragamhiasflorafaunadangeometrikpadabahankriyatekstil.Dalamkompetensidasarinisiswamelakukankegiatanmembuatpoladasarragamhiasflorafaunadangeometrikhinggamenjadisebuahdesainmotifbatikindikatorketercapaiannyaadalahsiswamampumembuatdesainmotifbatikberdasarkanragamhiasbatiknusantaramaupundaerahsetempatdenganmenggunakanunsur-unsurdanprinsipdesain.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendiskripsikantentangbagaimanakegiatanpembelajaranbatikdiSMPN5Situbondo.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiankualitatifdanpendekatandeskriptifpengumpulandatainidilakukandenganmenggunakantekhnikobservasiwawancaradandokumentasi.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahapreduksidatapenyajiandatasertapenarikansimpulandanverifikasi.BerdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehtigasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikutPertamakegiatanpembelajaransenibudayadiSMPN5SitubondoguruberpedomanpadasebuahRPPyangdibuatsetiaptahunajaranbarudalamRPPyangtelahdibuatolehgurusenibudayaterdapatbeberapaacuanuntukmencapaiprosespembelajaranyangmaksimal.PerencanaanpembelajaranantaralainmemilikikompetensidasarindikatordarimateriyangakandiajarkanmemilikitujuanpembelajaransebagaitolakukurtercapainyaprosespembelajaranKeduapadaproseskegiatanpembelajaranbatikpadasaatpenyampaianmateriyangdilakukanolehguruterciptakomunikasiyangbaikantargurudengansiswadalamprosespembelajaranjugaterdapatpolainteraksiantaragurudengansiswasiswadengansiswayanglainnya.Ketigaberkaitandenganhalteknikpenilaianguruterhadaptugaskelompokpemecahanmasalahdikelasgurumerencanakanpenilaianterhadapprosesdanhasildaripemecahanmasalahkemudiangurujugamenerapkanteknikpenilaianpenugasanterhadapsiswadengancaramemberikantugasrumahberupapembuatan/penyusunanmakalahsederhana(kliping)tentangmateriyangtelahdipelajaridikelas.Selanjutnyauntukmengukurkemampuansiswadalammembuatdesainmotifbatikgurumenerapkanteknikpenilaianberupatespraktekataukinerja.