Perbandingan hasil belajar mata pelajaran jaringan nirkabel karena penerapan model problem based learning dengan pemanfaatan e-learning dibandingkan dengan model problem based learning dengan media power point pada siswa kelas XII TKJ di SMK Negeri 8 Malang / Zualita Pri Wahyuli
Main Author: | Wahyuli, Zulaita Pri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/128993/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWahyuliZulaitaPri.2019.PerbandinganHasilBelajarMataPelajaranJaringanNirkabelkarenaPenerapanModelProblemBasedLearningdenganPemanfaatanE-LearningDibandingkandenganModelProblemBasedLearningdenganMediaPowerPointpadaSiswaKelasXIITKJdiSMKNegeri8Malang.SkripsiProgramStudiS1PendidikanTeknikInformatikaJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.KataKunciProblemBasedLearningE-LearningPowerPointHasilBelajarPenelitianinibertujuanuntukmengetahuihasilbelajarmatapelajaranJaringanNirkabelkarenamodelproblembasedlearningdenganpemanfaatanmediae-learningdibandingkandenganmodelproblembasedlearningdenganmediapowerpointpadasiswakelasXIITKJdiSMKNegeri8Malang.Hasilbelajaryangdimaksuddilihatdariranahpengetahuan.Metodedalampenelitianinimenggunakanmetodekomparatifsertajenispenelitiannyaadalahtermasukdalampenelitiankuantitatifdenganjumlahsampelpenelitiansebanyak64siswapadakelasXIITKJSMKNegeri8Malang.Penilaianyangdigunakanuntukmengetahuihasilbelajarsiswadilakukanpretestdanposttestdankemudianhasilbelajardihitungdenganpenghitungannilaigainscoreuntukmengetahuipeningkatannilaipadapretestkeposttest.Selanjutnyanilaiposttestdiujiuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajar.Hasilpenelitianinimenunjukkan(1)Hasilbelajarmenggunakanmodelbelajarproblembasedlearningdenganpemanfaatanmediae-learningmempunyainilairata-ratasebesar84.92(2)Hasilbelajarmenggunakanmodelbelajarproblembasedlearningdenganpemanfaatanmediapowerpointmempunyainilairata-ratasebesar84.47(3)Terdapatpeningkatanyangtinggihasilbelajarmodelbelajarproblembasedlearningdenganpemanfaatanmediae-learningsebesar0726(4)Terdapatpeningkatanyangtinggihasilbelajarmodelbelajarproblembasedlearningdenganpemanfaatanmediapowerpointsebesar0752(5)Terdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajardenganpemanfaatanmediae-learningdibandingkandenganmediapowerpoint.