Kompetensi profesional guru seni rupa dalam pembelajaran seni lukis di SMA Negeri se-kabupaten Lumajang / Septian Retnani

Main Author: Retnani, Septian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/12891/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRetnaniSeptian.2015.KompetensiProfesionalGuruSeniBudayaBidangSeniRupaDalamPembelajaranSeniLukisdiSMANegerise-KabupatenLumajang.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.TjitjikSriwardhaniM.Pd.(II)Moch.AbdulRohmanS.SnM.Sn.KatakuncikompetensiprofessionalgurusenilukisSMALumajangGuruprofessionalmerupakanguruyangmenguasaikompetensiprofessionalnyamemilikipengetahuanluasdanmendalampadabidangnya.Terwujudnyapembelajaransenilukisyangberkualitassangattergantungpadaprosespembelajaranyangberlangsung.Sedangkanpembelajaranyangberkualitassangatdipengaruhiolehkualitaspendidikitusendiribaikdalampenguasaanilmupengetahuandanpelaksanaanpembelajarannyasehinggamenarikuntukditeliti.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanmengenaikompetensiprofessionalgurusenirupadalampembelajaransenilukisdiSMANegerise-kabupatenLumajang.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiandeskriptifkuantitatifdenganpendekatananalisisdatadeskriptif.DitujukanuntukmendeskripsikanbagaimanakompetensiprofesionalguruSeniRupadalampembelajaransenilukisdiSMANegeriseKabupatenLumajangyangmeliputi(1)PenguasaanilmupengetahuanSeniRupa.(2)PengetahuandanpemahamantentangpembelajaranSeniLukisSMA.(3)PelaksanaanpembelajaranSeniLukisSMA.Subjekpenelitiansebanyak6gurudiambildari6sekolahsebagaisampeluntukmenjaringdatamenggunakaninstrumenangket.Analisisdatadeskriptifkuantitatifdenganmengunakanskalapengukuranratingscaleuntukmenjaringdatameliputi(1)PenguasaanilmupengetahuanSenirupa.(2)pengetahuandanpemahamanpembelajaransenilukisSMAdan(3)pelaksanaanpembelajaransenilukisdiSMA.HasildaripenelitiankompetensiprofesionalguruSeniBudayabidangSeniRupadalampembelajaransenilukisdiSMANegeriseKabupatenLumajangsudahbaik/mampudalamberbagaihalyangditelitikan.Penjabarandarihasilpenelitianadalahsebagaiberikut(1)PenguasaanilmusenirupakhususnyadalampembelajaransenilukisSMAyangmeliputimateridankonsepsudahbaik/mampudenganrata-ratahasilpenghitungamerujukpadakriteriamampu.(2)PengetahuandanpemahamantentangpembelajaransenilukisSMAsudahbaik/mampudenganrata-ratahasilpenghitungamerujukpadakriteriamampu.(3)PelaksanaanpembelajaransenilukisSMAsudahbaik/mampudenganrata-ratahasilpenghitungamerujukpadakriteriamampu.SaranuntukguruSeniBudayaagarmemperbaikidanmeningkatkanmutupendidikansenikhususnyadalampembelajaransenilukisSMAdikabupatenLumajangdenganpenggunaanmediadanmetodepembeljaransertaperangkatpembelajaranyangbaik.